Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?

19 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata

Dalam sebuah film action, pasti ada tokoh yang menjadi pendekar. Si pendekar tersebut ditunjukkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Ada yang sangat kuat, ada yang jago bela diri, bahkan ada yang kebal senjata. Keren kan? Ternyata, pendekar-pendekar sakti tersebut bisa ditemukan di dunia nyata lho, di Indonesia lagi. Ini dia, 8 pendekar sakti asli Indonesia. Yuk, kepo!

1. Entong Gendut

Entong Gendut adalah tokoh pendekar sakti asli Betawi yang berasal dari Condet. Entong Gendut dikenal luas karena perjuangannya melawan penjajah. Ia tidak tega melihat penderitaan rakyat akibat ulah penjajah. Entong Gendut melakukan pemberontakan bersama warga ke pihak Belanda. Sayangnya, ia harus tewas karena tertembak musuh.

2. Haji Darip

Haji Darip adalah pendekar asal Klender. Bagi penduduk lokal, ia dianggap sebagai jagoan sekaligus pahlawan. Namun, bagi pihak pemerintah Belanda, Haji Darip hanyalah bandit yang mengganggu pemerintahan. Haji Darip kabarnya mempunyai ilmu kebal. Ilmu tersebut diperolehnya dari jimat yang dimilikinya.

3. Sakera

Pasuruan juga memiliki pendekar sakti yang hebat. Di Bangli, Pasuruan, dikenal seorang pendekar hebat bernama Sakera. Sama dengan pendekar lainnya, Sakera juga berjuang untuk rakyat karena tidak mau melihat penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda. Sayangnya, ia berhasil ditangkap musuh karena dikhianati rekannya.

4. Si Pitung

Kalau pendekar asli Betawi yang satu ini sudah terkenal di Indonesia. Si Pitung adalah pendekar legendaris yang berasal dari Rawabelong, Jakarta Barat. Si Pitung juga dikenal sebagai pendekar yang menentang penjajahan Belanda. Ia sakti dan kebal terhadap senjata tajam dan peluru. Tapi, akhirnya ia tewas di tangan musuh karena ulah licik pihak Belanda.

5. Si Jampang

Si Jampang terkenal sebagai pendekar tampan, gagah, dan berani. Ia juga jago silat. Tak hanya itu, Si Jampang juga selalu membela rakyat kecil. Si Jampang merampok tuan tanah dan orang kaya yang hasil rampokannya dibagikan kepada rakyat kecil. Pendekar sakti asal Sukabumi, Jawa Barat, ini harus meregang nyawa saat ia ketahuan merampok. Ia dibui dan dijatuhi hukuman mati.

6. Mpok Ris

Kalau dari tadi pendekarnya laki-laki, kali ini ada pemdekar perempuan. Mpok Ris adalah pendekar perempuan asal kampung Cipondoh. Mpok Ris dikabarkan jago bela diri silat. Ia juga gemar membela rakyat dengan melakukan perlawanan terhadap Belanda. Tak hanya itu, Mpok Ris pun berwajah cantik. Namun, ia harus kehilangan kekuatannya karena menikah.

7. Nyimas Gamparan

Nyimas Gamparan dikenal ikut berpartisipasi dalam perang Cikande yang terjadi pada tahun 1829 hingga 1830. Kabarnya, kehebatan Nyimas Gamparan dan pasukan yang dipimpinnya mampu merepotkan pihak Belanda. Pendekar asal Banten ini harus mengaku kalah ke pihak Belanda setelah Belanda memecah belah gerakan perlawanan.

8. Nyimas Melati

Nyimas Melati adalah pendekar sakti asal Tangerang. Putri dari Raden Kabal ini juga aktif menumpas penjajahan Belanda. Nyimas Melati sangat ahli bela diri dan juga memiliki ilmu kanuragan yang tinggi. Ia melakukan pemberontakan terhadap tuan tanah yang memihak kepada pihak penjajah.

Di balik cerita kehebatan dan perjuangan para pendekar sakti tersebut masih terbersit pertanyaan berkaitan dengan kebenaran kisah dan keberadaan sang pendekar. Hal itu patut dipertanyakan karena kisah beberapa pendekar di atas memiliki beberapa versi yang membingungkan. Ya, terlepas dari benar tidaknya kisahnya, pendekar tersebut mengajarkan kita untuk tetap membela Indonesia dan rakyat kecil. Meski mungkin kita tidak sakti seperti mereka, tapi ada banyak kok cara untuk membela Indonesia dan rakyat kecil. Salah satunya adalah dengan menjadi pribadi yang jujur dan anti-korupsi sehingga menjadi contoh bagi para generasi penerus.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES