Video TGB Viral di Medsos, Ini Respon Menteri Susi Saat Diduga Mendukung Aksi 411 dan 212

10 April 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, tengah menjadi sorotan karena diduga telah menjadi donator aksi demo 411 dan 212 pada tahun kemarin. Dugaan tersebut mencuat ke publik lantaran beredarnya sebuah video yang memperlihatkan Tuan Guru Bajang (TGB) tengah berbicara dan menyebut-nyebut nama Menteri Susi. Video tersebut diambil dalam sebuah dialog kebangsaan bersama TGB di kampus UIN Sultan Thaha Jambi.

Dalam dialog tersebut, TGB menyatakan,

“Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan Kelautan, ini tak usah direkamlah yang ini. Dia ngomong sama saya. Beliau menyampaikann kepada Pak Presiden (Jokowi) pada masa pasca 212 itu,”

“Apa kata beliau? Pak, Saya ini Bapak tahulah, saya kalau ibadah tidak seperti yang lain. Pakaian saya Bapak juga tahu. Mohon maaf, Pak saya menyewa 20 bis dari Pengandaran, tetangga-tetangga saya semua berangkat ke Monas. Kenapa? Karena ucapan itu menyentuh sisi terdalam saya sebagai seorang muslim.”

Video tersebut kemudian viral dan segera menjadi bahan perbincangan warganet. Banyak dari warganet yang tidak percaya dan menanyakan langsung perihal tersebut kepada Menteri Susi melalui Twitter. Apa jawaban Susi? Menteri nyentrik tersebut menjawab jika pernyataan dari TGB adalah tidak benar.

“Tidak benar. Yg benar orang2 Pangandaran, Ciamis ke jakarta pake bus. Sy tidak mengikuti atau perhatikan kegiatan 411 ataupun 212," tulis Susi, Kamis (5/4/2018).

Menteri Susi pun enggan menanggapi perkara tersebut karena merasa masih banyak pekerjaan lain yang lebih penting untuk dilakukan.

Siapakah TGB itu?

Tuan Guru Bajang atau yang akrab disebut TGB merupakan Gubernur NTB yang diisukan akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden pada tahun depan. Media Republika menyatakan jika TGB memiliki pendukung yang riil. Sementara itu, menurut pengamat politik sekaligus analisis komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, TGB akan menjadi kandidat serta lawan terkuat dari Jokowi pada pemilu nanti.

TGB sendiri menanggapi isu pencalonan dirinya sebagai presiden maupun wakil presiden dengan santai.

“Saya syukuri ada kepercayaan dari masyarakat untuk maju menjadi presiden. Ikut kontestasi itu kan sesuatu yang baik. Tapi ini sangat dinamis. Saya berharap yang terbaik saja,” kata TGB seperti yang dikutip dari Jawapos.com, Jumat (6/4/2018).

Nah, apakah pencatutan nama Menteri Susi olehnya adalah sebuah strategi politik untuk melambungkan namanya di mata publik Indonesia? Atau semata-mata hanya kekeliruan dan kesalahpahaman antara Menteri Susi dan TGB? Menurut kamu gimana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES