Tujuh Kali Diisukan Akan Pulang, Begini Drama Kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. Pusing!

www.yukepo.com

Muhammad Rizieq Shihab atau yang biasa disebut dengan Habib Rizieq dikabarkan akan pulang ke Indonesia pada tanggal 21 Februari 2018. Kepastian itu didapat setelah Humas Presidium Alumni 212, Novel Bakmumin, membenarkan hal tersebut. Panitia pun kembali dibentuk guna menyambut salah satu ulama paling berpengaruh di Indonesia tersebut.

Namun, tak lama berselang, Ketua Alumni Presidium 212, Umar Al Hamid, membantah kabar kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. Ia menyatakan bahwa e-ticket yang beredar luas di dunia maya dengan mengatasnamakan Habib Rizieq adalah hoaks. Hal ini cukup menarik karena terjadi perbedaan pendapat antara Novel dan Umar yang padahal sama-sama berasal dari Presidium 212. Kenapa bisa begitu? 

1. Kabar kepulangan Rizieq beredar melalui sebuah foto e-ticket

pontianak.tribunnews.com

Seperti yang telah disinggung di atas, kabar kepulangan habib terkemuka di Indonesia tersebut beredar melalui sebuah unggahan foto di media sosial. Sebuah foto e-ticket dengan mengatasnamakan Habib Rizieq menerangkan kalau ia akan menumpangi kelas ekonomi maskapai Arabian Airlines dengan pesawat jenis Boeing 777-300 dan nomor penerbangan SV 816. Disebutkan pula bahwa Habib Rizieq akan berangkat dari terminal lima Bandara King Abdul Aziz dan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Tokoh ini akan berangkat dari Arab Saudi pukul 19.25 pada 20 Februari waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 21 Februari 2018 pukul 9 pagi. 

2. Sudah 7 kali Habib Rizieq dikabarkan akan pulang ke Indonesia

megapolitan.kompas.com

Setidaknya sudah tujuh kali Habib Rizieq dikabarkan akan pulang ke Indonesia. Misalnya Rizieq dikabarkan akan pulang pada tanggal 12 Juni 2017 karena visanya akan habis pada tanggal tersebut. Namun, siapa menduga jika pada tanggal tersebut Rizieq mendapatkan visa khusus yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi. Atau ketika ia diisukan akan kembali ke tanah air pada tanggal 15 Agustus 2017 dan akan hadir pada Milad FPI tanggal 17 Agustus 2017. Namun, isu tersebut hanyalah pepesan kosong. 

3. Barisan umat dipersiapkan untuk menyambut Habib

poskotanews.com

Ansufri Idrus Sambo selaku Ketua Presidium Alumni aksi 212 menyatakan bahwa ia akan menyiapkan barisan umat Islam ketika Rizieq tiba di Indonesia.

“Bib, kalau mau pulang kita siapkan umat, kalau umat sudah siap baru antum pulang," ujar ketua Presidium Alumni Aksi 212 Ansufri Idrus Sambo di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/6/2017) seperti yang dikutip dari laman Merdeka (20/2/2018).

4. Habib belum selesai istikharah
tirto.id

Kuasa Hukum Habib Rizieq, Eggi Sudjana Rizieq, menyatakan bahwa Rizieq belum bisa pulang ke Indonesia. Itu disebabkan sang habib belum mendapatkan hasil dari salat istikharah yang dilakukannya.

"Belum ada hasil istikharah-nya mungkin besok terakhir ada hasilnya," kata Egi seperti yang dikutip dari laman Tribunnews (20/2/2018).

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto membenarkan kabar bahwa Rizieq tidak jadi pulang ke Indonesia.

“Katanya enggak jadi pulang. Pak Eggi Sudjana (Ketua Panitia Penyambutan Imam Besar Habib Rizieq 212) sudah mengatakan itu. Saya enggak mengatakan itu," jelas Setyo.

5. Foto yang tersebar adalah HOAX
www.portal-islam.id

Seperti yang telah disinggung di awal, sebuah foto e-ticket yang belum lama ini beredar di media sosial dipastikan hoaks. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Alumni Presidium 212, Umar Al Hamid. Ia menyatakan bahwa foto tersebut bukanlah e-ticket, melainkan sebuah boarding pass.

“Yang kalian lihat itu kan ada boarding pass, bukan tiket. Kalau orang mengerti bahwa orang yang mau berangkat pesawat baru dikasih boarding pass. Kalau jauh-jauh hari enggak ada boarding pass,”

"Itu palsu," tegasnya.

6. Teori tentang kepulangan Rizieq

www.youtube.com

Adi Prayitno selaku Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta menyatakan bahwa kabar kepulangan Habib Rizieq yang simpang siur merupakan sebuah strategi politik.

"Kalau melihat polanya... ini kan gerakan sistemik. Ini didesain terutama oleh pendukungnya karena apa? Karena ingin menjaga stamina dan ritme figur Rizieq tetap diingat orang," ujar Adi seperti yang dikutip dari laman Tirio (20/2/2018).

Memang sejak aksinya pada medio 2016-2017, nama Rizieq menjadi sangat populer. Tidak hanya di Jakarta bahkan di seluruh Indonesia. Kelompok Rizieq pun disinyalir menginginkan agar aksi dari pentolan FPI tersebut tetap diingat oleh masyarakat Indonesia. Aksi yang mana? Tentunya salah satu aksi yang paling terkenal adalah ketika mengajak seluruh umat Islam untuk memboikot Ahok atas kasus penistaan agama. Dengan memberikan isu-isu yang seperti ini, aksi dari Rizieq pun akan tetap diingat.

"Kalau ini tidak 'dimainkan', isu-isu Habib Rizieq bakal cepat dilupakan orang," pungkas Adi.

Habib Rizieq yang saat ini menjadi tersangka atas kasus chat berbau pornografi pun belum diketahui pasti kapan akan kembali ke Indonesia. Tapi yang jelas, masyarakat pasti akan senang jika Habib kebanggaan masyarakat Indonesia kembali pulang dan menyelesaikan kasus yang menimpanya. Hmm, semoga Habib yang satu ini lekas pulang dan memenuhi panggilan kepolisian ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Begini 10 Fakta Ratna Sari Dewi, Mantan Geisha Jepang yang Menjadi Istri Soekarno!

Begini 10 Fakta Ratna Sari Dewi, Mantan Geisha Jepang yang Menjadi Istri Soekarno!

Dari Jokowi hingga Setya Novanto, Inilah Foto Politisi Indonesia Saat Masih Muda. Masih Seger!

Dari Jokowi hingga Setya Novanto, Inilah Foto Politisi Indonesia Saat Masih Muda. Masih Seger!

Dari Mempelajari Keris Hingga Nuklir, Inilah 8 Program Studi yang Hanya Ada di Indonesia!

Dari Mempelajari Keris Hingga Nuklir, Inilah 8 Program Studi yang Hanya Ada di Indonesia!

Bakar Tongkang, Ritual Tahunan Etnis Tionghoa di Bagansiapiapi yang Unik. Bikin Penontonnya Bahagia!

Bakar Tongkang, Ritual Tahunan Etnis Tionghoa di Bagansiapiapi yang Unik. Bikin Penontonnya Bahagia!

7 Tentara Indonesia yang Cantiknya Kebangetan Ini Bikin Pria Rela Ditembak Dengan Cinta

7 Tentara Indonesia yang Cantiknya Kebangetan Ini Bikin Pria Rela Ditembak Dengan Cinta

Pertama di Dunia, Bioskop Berbentuk Kubah Dibangun di Nusa Dua. Begini Lho Kemegahannya!

Pertama di Dunia, Bioskop Berbentuk Kubah Dibangun di Nusa Dua. Begini Lho Kemegahannya!

loading