Termasuk Kasus Munir, Inilah 7 Misteri di Indonesia yang Belum Terpecahkan hingga Sekarang

30 Juni 2017
|Atik Kencana S.
85SHARES

Segala bentuk misteri dan konspirasi memang menjadi hal yang selalu menarik untuk dibahas. Kadang, bukannya mendapatkan kejelasan, malah misteri tersebut semakin larut termakan zaman. Bukannya diselesaikan, malah hanya jadi bumbu peradaban masa lalu. Bukankah lebih seru ketika jawaban dari tiap misteri sudah terpecahkan? Seperti tujuh misteri di Indonesia yang hingga kini belum diketahui kebenaran pastinya. Deretan misteri ini selalu menjadi bahasan yang menarik tiap waktunya. Penasaran seperti apa misteri di Indonesia yang hingga kini belum ditemukan jawabannya? Yuk langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Misteri hilangnya Candi Borobudur

Misteri di Indonesia yang pertama, yaitu mengenai sejarah hillangnya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah, pada di tahun 1006 karena letusan Gunung Merapi. Candi Budha terbesar di dunia tersebut hilang akibat tertimbun oleh abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi. Namun ajaibnya, candi tersebut kemudian ditemukan kembali dalam penggalian hutan tropis di kawasan Desa Bumisegoro, Magelang, Jawa Tengah, tepatnya dari tahun 1814 hingga tahun 1835.

2. Misteri manusia berekor di Hutan Kalimantan

Seorang turis asal Norwegia, Carl Alfred Bock, datang ke Kalimantan atau Borneo pada tahun 1879. Pada saat itu, penduduk setempat sedang digegerkan dengan adanya manusia berekor atau yang mereka sebut sebagai “oerang boentoet”. Namun, Bock tidak pernah menemukan manusia berekor tersebut walaupun sudah mencarinya hingga ke pelosok hutan belantara.

3. Misteri Suku Lingon di Halmahera

Suku Lingon merupakan sebuah suku pedalaman yang menetap di hutan belantara Kepulauan Halmahera, sebelah selatan dari Provinsi Maluku Utara. Uniknya, Suku Lingon ini memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan ciri fisik orang Indonesia pada umumnya. Suku Lingon berkulit putih, bertubuh tinggi, dan bermata biru. Ada yang menyebutkan bahwa suku ini berasal dari Eropa yang kapalnya karam saat mengarungi pesisir Halmahera.

4. Manusia kuno asal Flores

Pada tahun 2003 lalu, sembilan spesimen tulang yang diduga sebagai tulang manusia ditemukan di dalam sebuah gua kapur di Liang Bua, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dari penemuan itu, diketahui tubuh manusia tersebut berukuran sangat kecil dengan tinggi sekitar 100 cm. Tim arkeolog berasumsi bahwa makhluk tersebut adalah manusia kuno yang ada sebelum zaman Homo Sapien.

5. Kasus pembunuhan Munir

Kematian Aktivis HAM, yakni Munir memang hingga kini masih menimbulkan banyak tanda tanya. Ia meninggal di dalam pesawat Garuda Indonesia menuju Belanda dalam tujuannya melanjutkan studi S II di Utrecht University. Otopsi pun sudah dilakukan dan menyatakan bahwa terdapat kandungan arsenik di dalam lambung dan darah Munir. Sampai sekarang, memang belum bisa dipastikan hasil akhir dari misteri ini walaupun sudah menyeret beberapa orang sebagai terdakwa.

6. Penembak misterius alias 'petrus'

Penembak misterius atau yang lebih dikenal sebagai “petrus” ini memang dipercaya oleh masyarakat sebagai operasi rahasia pemerintahan Orde Baru. Sepanjang tahun 1982 hingga tahun 1985, terbilang sudah ratusan orang menjadi korban yang merupakan pelaku kriminalitas di kota-kota besar. Sampai detik ini, pelakunya belum terungkap. Begitu juga dengan dalang di balik operasi rahasia ini.

7. Hilangnya tiga belas aktivis jelang reformasi

Misteri di Indonesia yang masih hangat adalah sebanyak tiga belas aktivis menghilang secara tiba-tiba sebelum pecahnya reformasi di tahun 1998. Tim Mawar yang merupakan bagian dari Kopassus dianggap bertanggung jawab di balik hilangnya ketiga belas aktivis tersebut. Sampai detik ini, belum diketahui apakah mereka masih hidup atau sudah meninggal.

Nah, itulah tadi tujuh misteri di Indonesia yang hingga kini kasusnya belum terpecahkan. Kayaknya, memang dibutuhkan tim khusus untuk menyelidiki beragam misteri tersebut. Namun, ketika pelaku sudah dilindungi oleh sebuah rezim, mungkin akan sulit juga untuk menemukan kebenarannya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
85SHARES