Terkenal sebagai Candi Erotis di Indonesia, Begini Penampakan dan Sejarah Candi Sukuh!

07 Desember 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Candi adalah sebuah bangunan yang dibuat pada masa lampau sebagai bentuk penghormatan masyarakat pada dewa maupun sebagai bentuk kasih sayang kepada orang yang dicintainya, seperti kisah dari Sangkuriang yang membangun 999 candi hanya dalam waktu semalam demi Roro Jonggrang, sang pujaan hati. Namun, apa jadinya jika sebuah candi dibangun sebagai bentuk pemujaan terhadap seks dan hal-hal erotis lainnya?

Hal itulah yang tampaknya terjadi pada sebuah candi bernama Candi Sukuh. Candi yang terletak di Kabupaten Karanganyar , eks Karesidenan Surakarta Jawa Tengah ini memiliki banyak sekali relief dengan bentuk dan gambar yang sangat vulgar. Masyarakat di sana pun menghubung-hubungkan salah satu relief yang disebut-sebut sebagai lambang kesuburan dengan berbagai kepercayaan mistik. Beberapa di antaranya adalah jika seorang wanita yang memiliki sifat kurang terpuji melewati relief ini, maka akan mengalami kesialan seperti kain yang dikenakan sobek ataupun lepas. Bahkan, ada yang kepercayaan yang mengatakan bahwa jika ada seorang gadis yang sudah tidak perawan lagi melewati relief ini, maka akan ada darah yang menetes dari kemaluannya.

Penasaran seperti apa bentuk Candi Sukuh yang disebut-sebut sebagai candi erotis ini? YuKepo akan mengajak kamu berkeliling dan melihat berbagai relief, patung, serta keadaan dari Candi Sukuh ini sendiri. Sudah gak sabar kan? Langsung aja yuk, kepo!

1. Sebelum melihat-lihat lebih jauh tentang Candi Sukuh, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui denah dari candi ini. Candi ini terdiri atas tiga teras dan tiga gapura yang di dalamnya terdapat candi induk dan sebuah relief berbentuk gajah

2. Begini penampakan gapura utama Candi Sukuh

3. Begini penampakan gerbang utamanya dari jauh

4. Lingga dan Yoni atau yang biasa disebut sebagai lambang kesuburan dalam ajaran Hindu
5. Penampakan dari candi utama atau candi perwara yang lebih mirip dengan candi bangsa Maya

6. Relief manusia yang tengah menunggangi gajah. Memang pada zaman dahulu, gajah merupakan alat transportasi utama bagi para ksatria dan kaum bangsawan

8. Relief yang melambangkan kekuasaan

9. Patung yang paling kontroversial di Candi Sukuh adalah patung yang ini nih. Makanya, banyak masyarakat yang menyebut candi ini sebagai candi porno atau erotis

Candi Sukuh ini sebenarnya merupakan candi yang telah lama dibuat. Kemudian, candi ini hilang hingga akhirnya ditemukan kembali pada masa pemerintahan Britania Raya di tanah Jawa pada tahun 1815 oleh Johnson, sang Residen Surakarta. Pada waktu itu, Johnson diperintahkan oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan berbagai data lapangan yang akan digunakan sebagai pelengkap buku yang tengah ditulisnya yang berjudul “The History of Java”. Setelah masa pemerintahan Britania lewat, muncullah Van der Vlis, peneliti Belanda yang akan melakukan penelitian terhadap Candi Sukuh pada tahun 1842. Pemugaran terhadap candi ini pun baru dilakukan pada tahun 1928. 

Itu dia sekelumit sejarah tentang Candi Sukuh, candi yang disebut juga sebagai candi erotis. Udah tau kan kenapa candi ini disebut demikian oleh masyarakat sekitar?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES