Super Kreatif dalam Melihat Peluang, Inilah 10 Pekerjaan yang Hanya Ada di Indonesia!

28 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Begitu banyak pekerjaan atau profesi yang bisa kita pilih untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Kita bisa jadi dokter, guru, karyawan swasta, penjaga toko, ataupun berwirausaha. Bicara soal pekerjaan, ternyata ada lho profesi yang cuma di Indonesia. Kok bisa ya? Penasaran? Ini dia jenis-jenis profesi yang cuma ada di Indonesia. Yuk, kepo!

1. Tukang tambal ban

Terdapat banyak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Mungkin, hal itulah yang memunculkan profesi tukang tambal ban. Tukang tambal ban biasanya mangkal di pinggir jalan. Mereka siap membantu klien yang ban kendaraannya bocor. Cirinya sih mudah dikenali, ada kompresor warna hitam dan atribut ban yang digantung. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan jasa ini cukup murah sekitar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah

2. Penjual jamu gendong

Mungkin, saat ini penjual jamu gendong tidaklah sebanyak dahulu. Di beberapa daerah penjual jamu gendong sudah beralih dari digendong dengan dibonceng atau malah udah buka lapak. Profesi ini biasanya digeluti oleh perempuan, biasanya sih yang sudah cukup berumur. Jadi, para penjual jamu gendong sering disebut mbok-mbok jamu.

3. Ojek payung

Saat musim hujan tiba dan kamu lupa bawa payung, kamu bisa sewa jasa mereka. Ojek payung hanya muncul di musim hujan. Mereka akan mengantarkan orang ke lokasi tertentu, jarak dekat, dengan memayunginya. Pekerjaan unik ini kebanyakan dilakoni oleh anak-anak. Bayarannya sih nggak pasti, tergantung pada si pengguna jasa. Tapi, biasanya pada ngasih 5 ribu Rupiah. Lumayanlah buat jajan.

4. Tukang parkir

Berbaju oren dan meniup sempritan menjadi ciri khas tukang parkir. Mereka akan membantu para pengunjung memarkir kendaraan supaya rapi, entah di toko, bank, pasar, atau di sebuah acara tertentu. Tak hanya itu, mereka terkadang juga membantu para pengguna kendaraan untuk menyeberangi jalan.

5. Tukang tukar duit

Tukang tukar duit, pekerjaannya nyeleneh kan? Mereka akan menjamur di kala Lebaran akan datang. Tukang tukar duit akan berjejer rapi di pinggir jalan dengan memajang duit-duit baru. Pekerjaan ini muncul akibat tradisi bagi-bagi duit di hari raya. Biasanya, duit yang dibagi bernominal kecil, mulai dari dua ribu hingga dua puluh ribu. Untung mereka dari mana ya? Ada patokan tertentu saat mau nukar uang. Jadi, semisal kamu menukar uang dua puluh ribu dengan dua ribuan, kamu tidak akan mendapatkan uang dua ribuan senilai dua puluh ribu.

6. Pak ogah

Entah dari mana nama Pak Ogah mulai dipakai sebagai nama pekerjaan. Pak Ogah adalah sebutan bagi mereka yang mengatur lalu lintas, khususnya membantu pengguna jalan untuk menyeberang atau memutar balik. Kayak polisi lalu lintas kan? Hanya bermodalkan peluit, mereka akan diberi lima ratus hingga lima ribu per kendaraan. Sukarela sih ngasihnya, biasanya yang ngasih yang naik mobil.

7. Kernet angkot

Pernah naik angkot? Kalau pernah, pasti tahu dong sama kernet angkot. Kernet angkot bertugas untuk menarik penumpang agar mau naik angkot. Mereka meneriakan tempat tujuan angkot berhenti. Kernet angkot juga bertugas meminta uang jasa naik angkot kepada penumpang.

8. Pawang hujan

Di musim hujan, dalam sebuah acara besar, pawang hujan sangat diperlukan. Pawang hujan akan mencegah terjadinya hujan sehingga acara bisa berjalan dengan lancar. Entah mantra apa yang dirapalkan para pawang hujan sehingga hujan enggan menetes di tempat yang dikehendaki. Katanya sih, mereka bukan mencegah datangnya hujan, tetapi cuma memindahkan lokasi hujan. Ditiup pakai kipas angin raksasa kali ya awan mendungnya?

9. Tukang vermak keliling

Pengen jahit celana yang bolong atau mau ngecilin baju, tapi males keluar rumah? Tenang kamu bisa pakai jasa tukang vermak keliling. Mereka akan berkeliling menggunakan sepeda yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa membawa mesin jahit. Hanya tunggu di luar rumah, panggil mereka, masalah pakaian selesai deh.

10. Tukang patri

Profesi ini mungkin sudah asing bagi telinga kita. Tukang patri sangat membantu permasalahan ibu-ibu. Tukang patri menawarkan jasa menambal peralatan dapur yang bolong. Dulunya, jasa ini kebanyakan dijajakan dengan berkeliling. Namun, seiring berjalannya waktu profesi ini mulai ditinggalkan.

Kalau dipikir-pikir, orang Indonesia itu kelewat kreatif ya? Buktinya ada profesi yang cuma ada di Indonesia, unik-unik lagi. Coba deh kamu mencari tukang tambal ban di negara-negara Eropa atau Amerika, kamu pasti nggak akan nemu. Bangga deh jadi orang Indonesia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES