Sudah Koleksi Uang Baru Indonesia? Simak Dulu Latar Belakang Pahlawan di Uang Baru

18 Maret 2017
|Atik Kencana S.
124SHARES

Siapa yang di sini udah mengoleksi 11 pecahan uang baru Indonesia yang baru dirilis pada 19 Desember 2016 lalu? Pasti deh emang karena masih baru jadi orang-orang suka pada nyimpen pecahan baru ini biar gak dibelanjain. Padahal kan nanti semua juga bakal kebagian uangnya.

Desain uang baru juga banyak menuai kontroversi lho. Kali ini Yukepo mau bahas mengenai latar belakang para pahlawan di uang baru ini, banyak yang gak tau tentang mereka lho. Penasaran? Yuk langsung kepoin!

1. 100.000 - Ir. Soekarno - Drs. Moh. Hatta

Wah yakin deh kalau mereka ini pasti udah kalian pada kenal. Ya mereka ini adalah proklamator kemerdekaan bangsa ini. Jasanya udah gak bisa ditandingin lagi. Kalau bukan karena mereka, belum tentu juga kita udah merdeka sekarang ini.

2. 50.000 - Ir. H. Djuanda Kartawidjaya

Ir. H. Djuanda Kartawidjaya adalah pria kelahiran Tasikmalaya 14 Januari 1911. Djuanda Kartawidjaya merupakan perdana menteri Indonesia yang ke-10 sekaligus juga yang terakhir. Lengser jadi perdana menteri, Djuanda langsung menjabat menjadi Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I.

3. 20.000 - Dr. G.S.S.J. Ratulangi

Nama lengkapnya adalah Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi yang lahir di Tondano daerah Sulawesi Utara pada 5 November 1890 merupakan salah satu aktivis kemerdekaan Indonesia dari tanah Minahasa. Beliau juga banyak dikenal sebagai salah satu aktivis multinasional.

4. 10.000 - Frans Kaisiepo

Wah pahlawan kali ini datang dari bumi Cendrawasih alias Papua. Frans Kaisiepo merupakan anak asli Biak, Papua yang lahir pada 10 April 1921. Beliau menentang dengan keras saat Belanda mencoba mendirikan Negara Indonesia Timur. Beliau inilah penggagas nama Irian yang berarti Ikut Republik Indonesia Anti Netherland. Gak heran kalau beliau kemudian diangkat menjadi gubernur pertama Irian.

5. 5.000 - Dr. K.H. Idham Chalid

Kalau tadi ada Djuanda Kartawidjaya sebagai Perdana Menteri Indonesia, kali ini ada Idham Chalid yang menjadi wakilnya. Idham Chalid merupakan salah satu tokoh sentral Nahdhatul Ulama (NU) yang kemudian terpilih menjadi ketua umum PBNU. 

6. 2.000 - Mohammad Hoesni Thamrin

Kalau nama ini mungkin kalian sudah sedikit familiar. Hoeni Thamrin merupakat salah satu elit politik zaman Hindia Belanda. Ia terkenal pada saat mewakili tokoh Betawi yang menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) pada masa itu. 

7. 1.000 - Tjut Meutia

Namanya memang gak asing lagi dalam deretan pahlawan nasional Indonesia. Tjut Meutia ikut melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. Tjut Meutia salah satunya ikut dalam pertarungan dengan Korps Marechausee di Paya Cicem.

8. 1.000 (logam) - Mr. I Gusti Ketut Pudja

Tokoh ini juga ikut berperan dalam perumusan negara Indonesia dalam PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang mewakili bagian Sunda Kecil (Jawa dan Bali). Gak hanya itu, I Gusti Ketut Pudja ternyata juga hadir dalam perumusan teks proklamasi saat di rumah Laksamana Maeda. Setelah merdeka, beliau diangkat menjadi Gubernur Sunda Kecil oleh Soekarno.

9. 500 (logam) - Letjen TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang

Nama beliau memang sudah kita kenal sebagai sebuah jalan yang lumayan terkenal di Jakarta. Beliau adalah Kepala Staf Angkatan Perang (KASAP) yang ditunjuk Soekarno setelah Jenderal Soedirman gugur.

10. 200 (logam) - Dr. Tjipto Mangunkusumo

Nama Tjipto Mangunkusumo sudah sering muncul di dalam buku-buku sejarah. Beliau merupakan salah satu tokoh pergerakan yang dikenal sebagai "tiga serangkai" bersama Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan salah satu tokoh sentral dalam Indische Partij yang mencetuskan ide pemerintahan tanpa campur tangan Belanda.

11. 100 (logam) - Prof. Dr. Ir. Herman Johanes

Tokoh yang satu ini datang dari kalangan cendekiawan Indonesia. Selain sebagai cendekiawan, Herman Johanes juga merupakan politikus dan ilmuwan serta menjadi guru besar UGM. Selain pernah menjabat sebagai Rektor UGM, ia pernah juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Agung dan Menteri Pekerjaan Umum ke-7 di Indonesia.

Nah sekarang udah pada tau dong latar belakang para pahlawan nasional yang wajahnya sudah diabadikan di tiap-tiap pecahan uang baru Indonesia. Udah gak bertanya-tanya lagi kan ya? Dengan itu kita jadi bisa lebih menghargai para pahlawan nasional kita. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
124SHARES