Simak Fakta tentang Patung Garuda Wisnu Kencana yang Jadi Patung Tertinggi di Dunia

17 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
296SHARES

Bali merupakan Pulau Dewata penuh pesona yang tak akan pernah habis untuk dibahas. Selain itu, Bali juga selalu menjadi tempat destinasi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Selain Pantai Kuta, Bali juga punya salah satu patung yang paling ikonik yang berada di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung GWK ini juga dikabarkan akan menjadi patung tertinggi di dunia. Namun, pengerjaan patung ini sempat terhenti enam belas tahun lamanya karena kendala biaya.

Nah, di balik kegagahan patung yang fenomenal di Bali ini, ternyata GWK punya beberapa fakta yang mungkin belum kamu tahu. Apa aja faktanya? Berikut ini ulasannya, yuk kepoin!

Kalian udah tahu belum sejarah tentang GWK? GWK itu sendiri merupakan salah satu tokoh dari zaman mitologi Hindu yang wujudnya menyerupai burung garuda dengan ukuran yang sangat besar. Namun, burung garuda ini wujudnya sedikit berbeda karena punya lengan dan juga kaki sehingga banyak yang memercayai kalau burung garuda ini merupakan wujud dari burung berbadan manusia.

Kemudian, burung ini dianggap menjadi burung istimewa oleh masyarakat Bali yang hampir mayoritasnya beragama Hindu. Burung garuda yang satu pun ini dianggap pantas untuk menjadi maskot Provinsi Bali. Pemerintah setempat pun memiliki ide untuk menyandingkan burung ini dengan Dewa Wisnu yang rencananya akan dibuat seakan-akan Dewa Wisnu tengah menunggangi burung ini.

Di balik pembangunan patung ini, pasti banyak orang yang bertanya-tanya siapakah sosok arsitek yang berjasa dalam merancang patung yang sudah terkenal ini? Yap! Sosok arsitek itu bernama I Nyoman Nuarta yang sebelumnya sudah banyak membangun monumen bersejarah di tanah air ini. Contoh monumen yang pernah ia rancang adalah monumen Proklamasi Indonesia yang berada di Jakarta. Selain itu, ia juga yang merancang monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya. Dua monumen yang terkenal ini tentu membuat I Nyoman Nuarta menjadi sangat tersohor dan diketahui oleh banyak orang.

Patung GWK ini sempat terhenti akibat krisis moneter pada tahun 1997 sehingga pembangunan mega proyek ini sempat terhenti sejenak selama enam belas tahun dan baru mulai digarap kembali pada tahun 2013 lalu. Rencananya, patung ini akan dibangun dengan tinggi mencapai 120 meter dan menggunakan bahan dasar berupa campuran besi dan baja seberat 4.000 ton. Proyek ini telah menghabiskan dana lebih dari Rp 450 miliar. Detail ukiran yang menjadi khas dan keunikan patung GWK ini ternyata dibuat di Kota Bandung lho. Patung GWK, Bali ini dikabarkan akan rampung tahun ini dan pada bulan Juli nanti akan dipasang kepala Garuda. Sejauh ini pengerjaan dari mega proyek ini sudah lebih dari 50%.

Lokasi patung GWK ini berada di Kabupaten Badung, tepatnya sekitar 40 kilometer dari selatan Denpasar, Bali. Selain itu, bila patung ini sudah selesai, maka akan menjadi patung tertinggi di dunia, lebih tinggi dari patung Liberty di Amerika Serikat dan 20 meter lebih tinggi dari patung The Yesus di Brazil. Patung ini pun digadang-gadang akan dijadikan sebagai simbol budaya Bali. Uniknya, patung ikonik ini bisa kamu nikmati dari berbagai sudut dengan jarak sekitar 20 kilometer. Jadi, penampakan patung GWK ini secara otomatis bisa dilihat dengan mata telanjang dari Tanah Lot, Sanur, ataupun Kuta. Keren nggak tuh?

Gimana fakta tentang patung GWK ini menurut kamu? Patung terbesar yang berada di Bali dan dunia ini menjadi harapan dan kebanggaan Indonesia untuk memukau masyarakat dunia. Selain itu, keindahan patung yang akan menjadi simbol budaya ini juga diharapkan juga akan menjadi simbol untuk menjaga lingkungan, baik di Bali maupun di dunia. Meskipun proyek pengerjaan patung ini belum selesai, manusia diharapkan bisa segera sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
296SHARES