Siap-siap! Festival Lembah Baliem Papua yang Telah Mendunia Akan Diadakan Bersamaan HUT Indonesia

03 Agustus 2017
|Romlah Sundari

Indonesia yang memiliki lebih dari 1000 suku, tentu memiliki kekayaan budaya yang begitu besar. Dari Sabang sampai Merauke, kita dapat melihat keragaman budaya yang dianut oleh tiap suku. Maka tidak mengherankan jika Indonesia selalu penuh dengan kejutan dan tiap hari kita dapat selalu menemukan hal baru mengenai Indonesia. Bahkan, terkadang kita tidak mengetahui mengenai bagian dari kebudayaan Indonesia meskipun kebudayaan tersebut sebenarnya telah mendunia.

Salah satu acara kebudayaan di Indonesia yang mendunia namun belum begitu dikenal di Indonesia adalah Festival Lembah Baliem di Papua. Festival ini menjadi unik karena merupakan peringatan dari ritual perang antar-suku Dani, Lani, dan Yali yang semuanya merupakan suku di Lembah Baliem. Festival ini menjadi ajang adu kekuatan antara ketiga suku Lembah Baliem tersebut dan karena kini hanya berbentuk simulasi dan bukan perang antar suku sebenarnya, maka Festival Lembah Baliem ini dapat dinikmati dengan aman oleh wisatawan.

Di Festival Lembah Baliem, bukan hanya simulasi perang antar suku yang menjadi suguhan pertunjukan bagi wisatawan, namun juga berbagai aspek kebudayaan mereka lainnya seperti tari-tarian, karapan babi, hingga perlombaan memainkan alat musik Pikon khas suku Dani. Karena keunikannya, Festival Lembah Baliem ini menarik tidak hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan asing.

Bahkan kabarnya, lebih banyak wisatawan asing yang menghadiri Festival Lembah Baliem daripada wisatawan dalam negeri. Hal ini mungkin dikarenakan untuk sampai ke Lembah Baliem, aksesnya cukup sulit dan mahal. Selain itu, harga-harga di Wamena pun sangat tinggi, bahkan untuk memotret acara Festival Lembah Baliem, para wisatawan pun harus merogoh kocek cukup dalam. Bagaimanapun, meski kita belum bisa menyambangi festival yang akan diselenggarakan di bulan Agustus ini, kita masih dapat menikmati keseruan Festival Lembah Baliem melalui hasil jepretan para fotografer ini!

2. Festival yang diadakan bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ini menjadi ajang pertunjukan berbagai kesenian suku-suku di Lembah Baliem

3. Festival ini diadakan selama tiga hari dan dijamin membuat semua penginapan di Wamena penuh sesak

4. Acara puncak yang dinanti di festival ini adalah simulasi perang antara tiga suku Lembah Baliem

5. Dalam acara perayaan ini, masyarakat Lembah Baliem menggunakan pakaian dan dandanan adat mereka
6. Selain simulasi perang, terdapat juga pertunjukan kesenian lainnya seperti tari-tarian

7. Festival ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk melestarikan budaya sekaligus meningkatkan daya tarik wisata Papua

Festival Lembah Baliem diadakan setiap bulan Agustus sejak tahun 1989 silam. Kini, festival kebudayaan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan menjadi salah satu atraksi yang paling dinanti di Papua. Hmm, jadi ingin bertandang ke Lembah Baliem, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES