Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Antara Bendera Indonesia dengan Monako

02 September 2017
|Atik Kencana S.

Belum lama ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan insiden terbaliknya bendera negara kita di ajang Sea Games 2017. Tentu saja hal ini mengundang sejumlah reaksi, baik dari dalam maupun luar negeri. Mungkin saja hal tersebut memang berdasarkan asas ketidaksengajaan. Namun, tentu saja hal ini bisa jadi disebut sebagai pelanggaran terhadap lambang negara.

Kali ini YuKepo bukan mau menambah panjang pembicaraan mengenai insiden terbaliknya bendera Indonesia di kancah olahraga internasional. Masih berhubungan dengan bendera, kali ini YuKepo mau bahas mengenai bendera Negara Indonesia dan Monako yang memiliki kesamaan pola serta warnanya. Tapi tenang, walaupun sekilas terlihat sama persis, tapi pasti ada bedanya, kok. Kira-kira apa saja ya perbedaannya? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

Kalau dilihat bendera Indonesia dengan bendera Monako memang memiliki kesamaan, baik bentuk, pola, maupun warnanya. Rasanya memang hampir sulit banget untuk menemukan perbedaan yang mencolok di antara kedua bendera beda negara ini. Sebenarnya perbedaannya terletak pada rasio dari ukuran bendera tersebut. Rasio bendera Indonesia adalah 2:3, sedangkan rasio bendera Monako adalah 4:5. Nah, itu soal pengukurannya, ya. Mungkin agak susah dibayangkan. Namun, begitulah perbedaannya.

Kalau soal negara mana yang lebih dulu menggunakan bendera ini sebagai lambang negaranya adalah Monako. Negara Monako sudah menggunakan bendera ini sejak tahun 1881, sedangkan bendera Indonesia pertama kali dikibarkan dalam upacara proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 silam. Perbedaan rentang waktu penggunaan bendera ini di kedua negara tersebut memang terlampau lama, ya. Tapi, bagaimana dengan sejarahnya?

Kalau dirunut ke belakang, penggunaan warna merah putih di bendera memang terlebih dahulu digunakan oleh Kerajaan Majapahit sebagai simbol kenegaraannya. Tepatnya simbol ini digunakan oleh Majapahit pada abad ke-13. Sementara untuk Monako sendiri, bendera yang memiliki dua strip dengan warna dan letak yang sama ini menjadi corak khas The House of Grimaldi atau Dinasti Grimaldi yang merupakan para negarawan pada masa awal Perang Salib. Warna merah dan putih sudah menjadi corak khas Dinasti Grimaldi setidaknya semenjak tahun 1339.

Nah, sederhana tapi rumit, bukan? Itulah tadi mengenai perbedaan yang ada di antara bendera Indonesia dengan Monako. Walaupun memiliki bentuk, pola, dan warna yang sama, sejarah mengenai penggunaan bendera ini memang memiliki kisah yang berbeda. Lumayan kan buat pengetahuan? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES