Sering Kita Gunakan, Tapi Kamu Pasti Nggak Tahu Kepanjangan Dari 10 Singkatan Ini!

22 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
235SHARES

Singkatan atau akronim merupakan salah satu proses pembentukan kata dengan  memendekkannya. Ada banyak singkatan yang sering diucapkan oleh orang Indonesia. Tapi, banyak orang Indonesia yang tidak tahu kepanjangan dari akronim yang diucapkannya tersebut. Padahal, sering banget lho dipakai. Sepuluh akronim ini sering diucapkan oleh orang Indonesia, tapi apa kamu tahu kepanjangannya?

1. WC

"Aku ke WC dulu ya?" Pernah kan berucap seperti itu? Tapi, kamu tahu nggak apa kepanjangannya? WC merupakan singkatan dari water closet yang berarti tempat buang air.

2. BH

BH, akronim ini pasti lebih disering dipakai oleh kaum hawa. Ya, karena BH merupakan pakaian khusus perempuan. BH singkatan dari buste hounder yang berasal dari bahasa Belanda dan berarti penyangga payudara.

3. OK

Sering kan denger kata OK? Atau malah sering pakai? Kata OK merupakan singkatan dari all correct. Namun, all correct dipakai sebagai bahasa plesetan di Amerika menjadi oll correct sehingga disingkat menjadi OK.

4. HVS

Kertas HVS sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. HVS merupakan singkatan dari bahasa Belanda, Hout Vrij Schrift. Hout Vrijt Schrift berarti kertas bebas serat kayu.

5. LASER

Banyak orang yang tidak tahu bahwa LASER adalah sebuah akronim. LASER sebenarnya singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmision Radiation. Kepanjangan LASER memiliki arti sinar yang dapat menembus benda.

6. ROBOT

ROBOT merupakan singkatan dari Residents Official of Technology atau teknologi mesin yang bergerak bebas dengan perintah. Nggak nyangka ya, ternyata ROBOT ada kepanjangannya.

7. PIN

PIN, kata yang sangat akrab di telinga kita. "Minta PIN BB-nya dong?" Sering kan dengar orang berucap seperti itu. Tapi, apa kamu tahu kepanjangannya? PIN merupakan singkatan Personal Identification Number.

8. WIFI

Saat ini, ketika orang diiming-imingi WIFI gratis pasti akan sangat senang. Tapi, tahu kepanjangannya? Wireless Fidelity atau teknologi jaringan tanpa kabel adalah kepanjangan dari WIFI.

9. APILL

"Belok kiri ikuti lampu APILL" Pernah kan baca kan rambu tersebut saat berhenti di lampu merah? APILL ternyata ada kepanjangannya, lho. Yaitu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

10. OLI

Kendaraan harus sering diganti OLI secara rutin. OLI sebenarnya akronim, lho. Dari Oil Level Indicator atau indikator tingkatan minyak.

Gimana sekarang sudah tahu kan kepanjangan dari singkatan yang kerap digunakan di Indonesia di atas? Ternyata singkatan tersebut banyak yang dari bahasa asing, ya. Baru tahu, kan? Nah makanya, yuk perluas khasanah kita dengan banyak penasaran dan tidak malas mencari jawaban!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
235SHARES