Sering Dianggap Tak Menjanjikan, 8 Penulis Indonesia Ini Buktikan Bisa Kaya dengan Menulis!

www.yukepo.com

Di Indonesia, penulis belum dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Tak banyak juga yang menjadikan penulis sebagai cita-cita. Banyak yang beranggapan bahwa penulis tidak dapat menghasilkan uang yang cukup untuk hidup. Selain itu, menulis juga dianggap sebagai aktivitas yang membosankan. Akan tetapi, di Indonesia ada lho penulis yang kaya raya berkat tulisannya, khususnya yang berupa novel. Nah, inilah 8 penulis Indonesia yang kaya raya berkat novelnya.

1. Andrea Hirata

profilbos.com

Penulis asal Bangka Belitung ini melejit lewat karya fenomenalnya, Laskar Pelangi. Novel tersebut berkisah tentang kehidupan dan pendidikan 10 anak kurang mampu. Laskar Pelangi mampu menarik perhatian pembaca Indonesia bahkan dunia. Sebanyak 600.000 eksemplar telah terjual. Selain itu, novel ini juga diangkat ke layar lebar dan diterjemahkan ke banyak bahasa asing. Andrea Hirata mendapatkan keuntungan 3,6 miliar hanya dari novel tersebut. Padahal, novel-novelnya banyak yang menjadi best seller dan ada beberapa yang difilmkan.

2. Habiburrahman El Shirazy

www.republika.co.id

Habiburrahman El Shirazy atau yang akrab disapa Kang Abik ini merupakan seorang lulusan universitas di Mesir. Tulisannya kebanyakan bertema religi romantis. Mungkin, karya yang paling dikenal adalah Ayat-Ayat Cinta. Selain terjual lebih dari 400.000 eksemplar, film yang diadaptasi dari novel ini juga laris hingga menyedot 3,5 juta penonton. Dari novel Ayat-Ayat Cinta, Kang Abik meraup keuntungan sebesar 2,4 miliar dan tambahan 150 juta dari filmnya. Wow, padahal novel best seller yang juga diangkat ke layar lebar banyak lho!

3. Mira Wijaya

hot.detik.com

Mira Wijaya atau lebih dikenal dengan Mira W. menjadi salah satu penulis produktif di Indonesia. Mira W. telah menghasilkan puluhan karya yang menjadi best seller. Salah satunya adalah Cinta Sepanjang Amazon. Tak hanya laris dipasaran, novel tersebut juga diangkat ke layar lebar. Alhasil, penulis yang juga seorang dokter umum ini memperoleh keuntungan yang melimpah. Kabarnya, pendapatannya dari menulis tak kurang dari 2 miliar.

4. Dewi Lestari
beritagar.id

Dewi Lestari, siapa yang tak mengenalnya. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi, pencipta lagu, dan juga penulis. Novel Supernova karyanya mampu mendobrak kesusastraan Indonesia. Walaupun salah satu serinya, Supernova: Akar, dianggap melecehkan umat Hindu karena menggunakan lambang suci Brahman, keuntungan yang diraihnya mencapai 1,5 miliar. Wajar lah ya karena dalam 35 hari novelnya telah terjual 12.000 eksemplar. Tak hanya menarik minat pembaca, para pembuat film pun melirik novelnya untuk diangkat ke layar lebar.

5. Tere Liye
netsulsel.com

Tere Liye merupakan nama pena dari Darwis. Ia baru-baru ini muncul di berbagai pemberitaan karena masalah pajak dan cuitannya terkait tulisannya yang disalahgunakan. Di balik pemberitaan kurang mengenakkan tersebut, Tere Liye telah menghasilkan karya yang tidak bisa dianggap remeh. Karyanya berkualitas dan mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Bahkan bisa dikatakan hampir semua karyanya menjadi best seller. Sebut saja, Hafalan Shalat Delisa yang disukai pembaca dan diangkat ke layar lebar.

6. Agnes Davonar

biografi-penulis.blogspot.co.id

Kalian pernah nonton film Surat Kecil untuk Tuhan? Film yang mengharu biru ini diangkat dari novel karya Agnes Davonar dengan judul yang sama. Agnes Davonar adalah dua bersaudara yang mengawali karier kepenulisan dari sebuah blog. Tulisan-tulisan di blognya membius para pembaca hingga mereka akhirnya menjadi penulis novel. Bahkan, karakter yang mereka ciptakan, Gaby, pernah menggegerkan masyarakat. Kabarnya, dari novel Surat Kecil untuk Tuhan, penulis bersaudara ini meraup untung hingga 700 juta.

7. Raditya Dika

zulfahmi868.blogspot.co.id

Pasti sudah kenal kan dengan Raditya Dika? Sama halnya dengan Agnes Davonar, Raditya Dika mengawali karier kepenulisan lewat blog. Saat ini, mantan pacar Sherina ini dikenal juga sebagai komika, bintang film, dan bintang iklan. Lewat karyanya yang berjudul Kambing Jantan, ia mendapat keuntungan sebanyak 500 juta. Wow, padahal karya Raditya Dika terbilang cukup banyak dan banyak juga yang diadaptasi menjadi film.

8. Asma Nadia

www.youtube.com

Tulisan Asma Nadia sering sekali muncul di berbagai majalah dan koran. Ia juga telah menerbitkan banyak buku, mulai dari novel, kumpulan esai, kumpulan cerpen, hingga cerita perjalanan. Sebagian besar karyanya pun telah menjadi best seller. Beberapa karyanya juga diadaptasi menjadi film. Karya yang mungkin paling dikenal adalah Catatan Hati Seorang Istri, yang tentunya best seller dan ceritanya diangkat ke layar kaca.

Ternyata, penulis bukan profesi yang patut diremehkan. Delapan penulis di atas telah membuktikan bahwa tulisan mampu menjadikan mereka kaya sekaligus terkenal. Gimana, mau jadi penulis? Siapkan diri dan segudang ide menarik agar tulisanmu disukai banyak pembaca.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Posting Foto Anak Ke-3, Risty Tagor Dibilang Tukang Kawin oleh Warganet - Keepodotme

Posting Foto Anak Ke-3, Risty Tagor Dibilang Tukang Kawin oleh Warganet - Keepodotme

Dari Diponegoro Sampai Pattimura, Begini Transformasi Uang Seribu Rupiah dari Masa ke Masa!

Dari Diponegoro Sampai Pattimura, Begini Transformasi Uang Seribu Rupiah dari Masa ke Masa!

Ih, Nakal! Di Pangku Wanita Cantik, Orangutan Ini Malah Grepe-grepe Payudaranya. Mbaknya pun Pasrah! - Keepodotme

Ih, Nakal! Di Pangku Wanita Cantik, Orangutan Ini Malah Grepe-grepe Payudaranya. Mbaknya pun Pasrah! - Keepodotme

Indonesian Youth Conference 2017, Event Seru Buat Anak Muda Berjiwa Sosial Seperti Kamu!

Indonesian Youth Conference 2017, Event Seru Buat Anak Muda Berjiwa Sosial Seperti Kamu!

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dalam Seminggu - Keepodotme

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dalam Seminggu - Keepodotme

Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?

Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?

loading