Sempat Menipu Presiden, Inilah Kabar Hoaks Paling Menghebohkan di Indonesia. Jangan Sampai Ketipu!

www.cnnindonesia.com

Peredaran kabar hoaks di Indonesia kian meresahkan. Aparat keamanan mulai bertindak tegas dengan menangkap para pelaku hoaks, terutama mereka yang menebarkan ujaran kebencian serta memposting hal-hal yang berbau sara. Korban dari penyebar hoaks ini pun beragam. Mulai dari selebritis hingga para pejabat tinggi. Dalam kesempatan kali ini, YuKepo akan memberikan artikel tentang empat kabar hoaks paling menghebohkan di Nusantara serta cara agar kita tidak termakan kabar palsu tersebut. Langsung aja. Yuk, kepo!

1. Wayan sang Iron Man

en.tempo.co

I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan sempat dijuluki sebagai manusia robot oleh masyarakat Indonesia. Julukan tersebut disematkan karena kemampuannya dalam merancang robot. Lebih hebat lagi karena robot ciptaannya mampu menggerakan tangan kirinya yang lumpuh akibat stroke melalui sensor otak dengan menggunakan sistem EEG electroencephalography.

Namun, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh para ahli, temuan dari pria 31 tahun asal Bali tersebut adalah hoaks. Ahli sistem saraf otak yang datang langsung untuk melihat temuannya menemui berbagai kejanggalan. Misalnya saja robot tersebut tidak bisa dipakai oleh orang lain. Kemudian, ketika melihat “elektroda” ciptaannya yang ditempatkan di kepala dan tangan, para ahli langsung mengklaim jika Wayan si manusia robot adalah hoaks. Kepastian lebih lanjut didapat tatkala akan diuji oleh para ahli, Wayan mengatakan jika robot ciptaannya telah rusak.

2. Rush Money attack

www.babatpost.com

Melansir Okezone.com, Rabu (21//3/2018), Rush Money adalah sebuah kejadian di mana masyarakat secara besar-besaran akan menarik uang tunai di bank secara serentak dan dalam skala besar-besaran sehingga membuat bank akan kehabisan dana tunai yang pada akhirnya mengakibatkan sistem perbankan menjadi kacau.

Mendengar kabar tersebut, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian menghimbau agar masyarakat Indonesia tidak terpengaruh akan isu yang beredar di media sosial tersebut. Tito pun menegaskan jika isu tersebut adalah sebuah kebohongan karena informasi tersebar melalui situs-situs yang tidak jelas. Selain itu, fakta dan paparan informasinya juga dinilai tidak tepat.

Isu ini berkembang seiring rencana aksi demonstrasi jilid III terkait kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purna alias Ahok.

3. Blue Energy

www.bbc.com

Pada 2008, kabar mengenai adanya blue energy sempat menghebohkan publik. Bahkan, Presiden Indonesia kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono, percaya akan kabar tersebut dan langsung membentuk tim untuk pengembangan blue energy. Bahkan, SBY telah memberi nama temuan tersebut dengan nama “Minyak Indonesia Bersatu”.

Penemuan tersebut berawal dari seorang pria asal Nganjuk bernama Joko Suprapto yang mengaku menemukan bahan bakar non fosil yang berasal dari air laut. Ironinya, saat akan mulai diproduksi pada tahun 20 Mei 2008, sang penemu, yakni Joko, menghilang bak ditelan bumi. Yang lebih sedih adalah karena Presiden telah mengumumkan keseluruh dunia akan penemuan Blue energy tersebut.

Pada akhirnya, kelompok Joko berhasil menipu orang sekelas Presiden. Joko yang sempat menghilang pun berhasil ditangkap dan dikenai hukuman penjara selama 3,5 tahun.

4. Invasi TKA Cina ke Indonesia
www.bangsaonline.com

Tak lama setelah Jokowi menjabat sebagai Presiden Indonesia, tersiar kabar jika akan ada invasi besar-besar tenaga kerja asing asal Cina ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, jumlah dari TKA tersebut dikatakan mencapai 10 juta orang. Ada juga yang mengatakan jika jumlahnya mencapai 20 juta orang.

Mendengar hal tersebut, Presiden Jokowi menegaskan jika kabar tersebut adalah hoaks. Menurutnya, TKA asal Cina di Indonesia hanya berjumlah 21 ribu. Jumlah ini jauh lebih kecil dari TKI yang ada di Hongkong yang jumlahnya mencapai 153 ribu orang.

5. Lalu, bagaimana caranya untuk melawan peredaran kabar hoax ini?
www.facebook.com

Ada beberapa cara untuk mengatasi peredaran hoaks di bumi ini, khususnya Indonesia. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, hanya pihak-pihak yang berwenanglah yang dapat melakukannya. Misalnya dengan memblokir situs-situs yang terindikasi dapat menyebabkan perpecahan dan sebagainya. Kita sebagai masyarakat Indonesia hanya bisa berupaya agar tidak termakan isu bohong tersebut. Bagaimana caranya?

Ada tiga cara sederhana yang dapat kamu lakukan. Pertama, jangan langsung menelan sebuah kabar atau berita secara mentah-mentah. Maksudnya, kamu harus cari tahu terlebih dahulu alias melakukan pengecekan ulang apakah kabar tersebut benar adanya atau hanya kebohongan semata. Kedua, kamu harus melihat apakah sumber dari kabar tersebut terpercaya atau tidak. Ketiga, kamu bisa datang mengunjungi event Tempo Goes to Campus (TGTC) yang diadakan oleh Tempo.

Di sana, kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu tentang dunia digital. Mulai dari wokshop jurnalistik, internet sehat, strategi melawan hoaks, tips agar tidak terkena UU ITE, hingga tips menjadi pengguna internet yang cerdas dan produktif. Event TGTC ini telah berlangsung hari ini di Kota Cilegon. Rencananya, event ini akan diadakan di beberapa kota lainnya yang ada di Indonesia, yaitu Bandung, Manado, Ambon, Palu, Halmahera, Aceh, Pontianak, Makassar, dan Batam. Jadi, ketika TGTC ini mampir di kotamu, langsung aja daftarin diri kamu untuk menghadiri acara yang super bermanfaat ini.

www.yukepo.com

Itu dia empat kabar hoaks yang sempat menghebohkan publik Indonesia serta cara untuk melawan berita bohong tersebut. Yuk jadi pengguna internet yang cerdas mulai dari sekarang. Dimulai dengan ikutan event TGTC di kotamu!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Berdasar Survei, Inilah 7 Kota Paling Layak Huni di Indonesia! Ada Kotamu Nggak?

Berdasar Survei, Inilah 7 Kota Paling Layak Huni di Indonesia! Ada Kotamu Nggak?

Banyak Dipertanyakan dan Dikritik, Begini Seluk Beluk Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi!

Banyak Dipertanyakan dan Dikritik, Begini Seluk Beluk Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi!

Diduga Penasihat Spiritual Soeharto Hingga Berpenampilan Nyentrik, Inilah Sosok Jenderal Soedjono Hoemardani!

Diduga Penasihat Spiritual Soeharto Hingga Berpenampilan Nyentrik, Inilah Sosok Jenderal Soedjono Hoemardani!

Bank BRI Dibobol Ratusan Juta dengan Metode Skimming. Waspada, Kita Bisa Jadi Korban!

Bank BRI Dibobol Ratusan Juta dengan Metode Skimming. Waspada, Kita Bisa Jadi Korban!

Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

Seorang Guru Suruh Siswa Jilati Toilet Sekolah. Begini Potret Buram Pendidikan di Indonesia!

Seorang Guru Suruh Siswa Jilati Toilet Sekolah. Begini Potret Buram Pendidikan di Indonesia!

loading