Selamat! Kapal Pinisi Kini Sudah Diakui Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO!

12 Maret 2018
|Pandu Rijal Pasa

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang banyak memiliki warisan dunia yang diakui oleh PBB di bidang Pendidikan, Saintifik dan Kebudayaan yang biasa dikenal sebagai UNESCO. Belum lama ini, Kapal Pinisi menambah panjang daftar warisan itu. Disahkan oleh Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, yang diselenggarakan pada akhir 2017 lalu di Pulau Jeju, Korea Selatan. Pinisi yang dimaksud mengacu pada sistem tali temali yang ada pada kapal layar tradisional ciptaan Suku Bugis serta Suku Makassar di Sulawesi Selatan.

Kapal Pinisi menjadi model untuk kecanggihan teknik pembuatan kapal secara tradisional yang dalam prosesnya menggunakan rumus dan juga pola penyusunan lambung secara presisi. Rumus dan pola ini sudah diakui sejak 1500 tahun yang lalu.

Menariknya, pola kapal yang ada pada kapal pinisi pada dasarnya mengacu pada teknologi yang sudah berkembang sejak sekitar 3000 tahun yang lalu dimana ada perubahan mendasar pada konsep kapal dari perahu lesung ke perahu bercadik. Waktu yang sangat lama untuk membuktikan ketangguhannya.

Ditetapkannya Kapal Pinisi sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa ini sekaligus merupakan sumbangan dari Indonesia untuk dunia. Ini juga merupakan bentuk pengakuan dari dunia internasional terhadap teknik perkapalan yang dilakukan oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Meskipun menggunakan tali temali secara tradisional, ketangguhan kapal ini tidak hanya dikenal di Indonesia saja namun juga di samudra internasional. Sehingga, tidak heran jika Pinisi ini memang layak untuk dijadikan warisan budaya yang bisa dijadikan rujukan sistem perkapalan tradisional di seluruh dunia.

Penetapan ini seharusnya mampu menjadi momentum tepat yang dapat dimanfaatkan bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat untuk memberikan perhatian lebih di dalam pengelolaan Warisan Budaya Tak Benda yang ada di wilayahnya masing-masing. Karena mau bagaimanapun, jika sebuah warisan budaya bahkan yang sudah diakui oleh dunia tidak dirawat maupun dilestarikan dengan baik, tentu lama kelamaan akan memudar dan menghilang. Sudah siap menjaga warisan budaya di daerahmu sendiri?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
SHARES