Selain Umbul Ponggok, 7 Spot Foto Bawah Air Ini Bisa Kamu Coba!

26 Juli 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Berfoto di bawah air belakangan ini menjadi aktivitas yang tidak lagi mengherankan, terimakasih kepada penemuan umbul ponggok dan orang-orang kreatif yang telah memanfaatkan kejernihan air Umbul Ponggok dan membuat foto-foto bawah air yang menakjubkan. Sejak setidaknya 4 tahun yang lalu, Umbul Ponggok menjadi wahana wisata air yang menarik banyak pengunjung. Awalnya, para pengunjung merasa cukup puas hanya dengan berenang dalam segarnya air asli dari mata air di umbul ponggok dan menikmati keindahan bawah airnya yang dipenuhi oleh ikan-ikan dan bebatuan. Akan tetapi para pengunjung kolam alami ini kian lama kian kreatif. Mereka memutuskan untuk mengambil kenang-kenangan berupa foto selfie di bawah air. Kreativitas pengunjung ini menimbulkan ide untuk mengatur properti foto di bawah air dan menjadikan Umbul Ponggok sebagai wahana wisata foto bawah air. Kini, kolam Umbul Ponggok sudah dipenuhi dengan berbagai properti foto, mulai dari vespa, televisi, hingga tenda, semua ada di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Namun keindahan bawah air Indonesia bukan hanya ada di Umbul Ponggok saja. Ada banyak spot foto bawah air lainnya yang tidak kalah indah, atau bahkan lebih indah daripada Umbul Ponggok. Penasaran? Cek daftar berikut, ya!

1. Umbul Manten

Seperti Umbul Ponggok, Umbul Manten juga berada di Klaten, Jawa Tengah. Wisata air yang satu ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Kedalamannya yang hanya 1,5 meter membuat umbul yang satu ini cocok untuk menjadi spot foto bawah air bagi mereka yang belum bisa atau belum mahir berenang. Meski tidak seluas umbul ponggok dan tidak memiliki properti foto bawah air, namun Umbul Manten dapat menjadi alternatif jika Umbul Ponggok sudah sepadat mangkuk cendol.

2. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan awalnya hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Akan tetapi ternyata Pantai Sadranan menyimpan keindahan yang lebih dari sekadar pasir putih dan laut biru yang saling bertemu di bibir pantai. Ternyata, pemandangan bawah laut di Pantai Sadranan pun juga cukup indah. Pantai di Gunungkidul, Jawa Tengah, ini dapat menjadi spot snorkeling dan foto bawah air. Bahkan di Sadranan, kamu dapat menjumpai persewaan kamera bawah air.

3. Pantai Nglambor

Seperti halnya Pantai Sadranan, Pantai Nglambor juga merupakan salah satu spot berfoto bawah air di Gunungkidul yang dapat kamu sambangi dengan mudah. Pantai Nglambor memiliki keindahan bawah air yang justru lebih indah dari Umbul Ponggok karena dipenuhi dengan karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni. Jika kamu tidak mahir berfoto di bawah air, tenang saja, di Pantai Nglambor disediakan pula jasa fotografer bawah air.

4. Telagasari

Tidak hanya di Jawa Tengah, wisata bawah air yang indah juga terdapat di Malang. Persis seperti di Umbul Ponggok, Telagasari juga memiliki berbagai properti bawah air yang dapat digunakan untuk berselfie ria. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Malang, dan harga tiket masuknya yang cukup murah menjadikan Telagasari destinasi wisata air yang wajib dikunjungi di Malang.

5. Mata Air Kasumbar

Tidak mau ketinggalan dari Klaten dan Malang, Jawa Barat juga memiliki wisata mata air yang tidak kalah jernih dari Umbul Ponggok dan Umbul Manten, yaitu Mata Air Kasumbar. Wisata air yang satu ini sudah menjadi destinasi kesukaan para traveler di sekitaran Jawa Barat. Keindahan bawah airnya juga menjadikan Mata Air Kasumbar sebagai spot foto bawah air yang hits di Jawa Barat.

6. Tulamben

Setelah puas berkeliling wisata air di Pulau Jawa, yuk kita bergeser sedikit ke timur, tepatnya ke Pulau Bali. Pulau Dewata yang terkenal dengan keindahan pantainya ternyata juga memiliki spot foto bawah air yang sangat unik, namanya Tulamben. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah desa nelayan kecil di Bali. Akan tetapi, 25 km dari bibir pantai, terdapat spot selfie bawah air yang sungguh unik karena berlatarkan kapal karam. Hanya saja, untuk dapat berfoto dengan kapal karam ini, pengunjung harus menyelam sejauh 30 meter. 

7. Kepulauan Togean

Bergerak lebih jauh lagi ke timur Indonesia, pemandangan bawah airnya pun semakin indah. Di Sulawesi Tengah, terdapat Kepulauan Togean yang menjadi spot diving incaran para penyelam baik dalam negeri maupun luar negeri. Spot diving yang paling terkenal adalah spot dimana terletak bangkai pesawat Bomber B24 yang jatuh pada masa Perang Dunia Kedua. Namun sama seperti di Tulamben, untuk dapat berselfie di Kepulauan Togean, pengunjung harus menyelam cukup dalam. Sehingga mereka yang tidak dapat menyelam, tidak bisa berfoto di spot keren ini.

Dari spot foto yang mudah diakses, hingga yang hanya dapat diakses dengan menyelam sudah dijabarkan disini. Dari yang terletak di Pulau Jawa hingga yang terletak di Timur Indonesia pun sudah disebutkan. Sekarang, tinggal kamu memilih, spot foto bawah air mana yang cocok untukmu. Jadi, sudah siap berburu foto underwater yang unik dan cantik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES