Selain Nasi Kuning dan Uduk, Jenis Nasi di Indonesia Ini Harus Kamu Cicipi

20 Mei 2017
|Atik Kencana S.

Nasi memang sudah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Makanya ada semboyan “belum makan kalau belum makan nasi”. Rasanya memang semboyan itu bisa dikatakan tepat. Pasalnya mayoritas orang Indonesia baru akan merasa sudah makan ketika mereka sudah makan nasi. Gak peduli sudah berapa banyak makanan yang mereka makan sebelumnya.

Karena memang nasi sudah jadi komoditas utama di Indonesia sejak lama, makanya bermunculan berbagai makanan yang berbahan nasi. Karena apapun lauknya, makan dengan nasi memang akan menjadi semakin nikmat. Asal jangan makan nasi dengan lauk nasi goreng ya. 

Karena itu kali ini YuKepo mau bahas mengenai berbagai makanan berbahan nasi yang gak kalah enak dengan nasi kuning dan nasi uduk. Setelah cobain beberapa panganan dari nasi ini kamu bakalan langsung jatuh cinta deh. Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Nasi Kebuli

Makanan yang berasal dari Betawi ini dimasak dengan bumbu rempah, kaldu kambing dan santan atau susu kambing. Rempah yang digunakan di makanan ini adalah bawang merah dan putih, lada, kapulaga, kayu manis, pala, jintan, ketumbar dan cengkeh. Biasanya dalam penyajian nasi kebuli ini disertakan irisan daging kambing dan kurma.

2. Nasi Megono

Nasi yang berasal dari daerah Pekalongan, Jawa Tengah ini memang bisa dikatakan sebagai makanan yang cukup sederhana. Ciri khas dari makanan ini adalah sayur megono. Sayur megono merupakan campuran nangka muda yang dicincang hingga halus dan diberi parutan kelapa dan cabai. Lauk nasi megono memang beragam seperti ayam goreng, opor ayam, tempe goreng, pepes tahu teri, ikan pindang dan pepes jamur.

3. Nasi Liwet

Nasi liwet memang terkenal berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah. Nasi ini memiliki tekstur yang pulen dengan rasa gurih dari santan. Nasi liwet ini biasanya disajikan bersama opor ayam, pindang telur, dan sayur labu siam yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi liwet memang cocok untuk dimakan pagi, siang dan malam.

4. Nasi Bogana

Nasi Bogana berasal dari daerah Tegal, Jawa Tengah. Seporsi nasi bogana biasanya berisi nasi, opor ayam, srundeng kelapa, sambal goreng dan sambal terasi. Kemudian nasi ini dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus sehingga menimbulkan aroma yang khas. 

5. Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah masakan khas pesisir Jawa Tengah terutama daerah Pati. Yang khas dari nasi ini adalah tidak digunakannya alat makan seperti sendok dan garpu. Cara memakan nasi gandul ini adalah dengan menggunakan suru atau daun pisang yang dilipat untuk digunakan sebagai sendok. Seporsi nasi gandul disajikan di atas piring yang dialasi daun pisang. Nasi tersebut disiram kuah gandul dan irisan daging sapi. Penjual nasi gandul biasanya menyertakan lauk pendamping seperti tempe, telur, perkedel, serta daging dan jeroan sapi.

6. Nasi Krawu

Makanan khas Gresik, Jawa Timur ini menyajikan nasi beserta daging suwir. Nasi dan daging suwir tersebut kemudian disajikan di atas daun pisang dan disertai sambal terasi yang pedas. Gak lupa juga ditaburi serundeng untuk menambah rasa gurihnya.

7. Nasi Jagung

Mungkin gak banyak dari kita yang sudah pernah makan nasi jagung. Nasi ini memang benar-benar terbuat dari jagung, namun jagung tua yang dipilih. Nasi jagung hadir sebagai alternatif saat harga beras melonjak tinggi. Padahal kandungan vitamin pada nasi jagung ternyata lebih banyak daripada nasi biasa.

8. Nasi Jamblang

Nasi jamblang atau biasa disebut "sego jamblang" berasal dari Desa Jamblang, Cirebon. Lauk yang disajikan bersama nasi jamblang adalah ikan asin, tahu, tempe, semur ikan, semur hati, sambal goreng telur, perkedel, sate kentang, sambal goreng, dan lain-lain. Nasi jamblang ini dibungkus menggunakaan daun jati yang membuat nasi ini menjadi begitu khas.

9. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo atau jenggo berasal dari Bali. Jenggo sendiri berarti “seribu lima ratus” hal ini memang merupakan harga jual tiap bungkus nasi ini. Namun karena kebutuhan pokok semakin naik, harga nasi jenggo ini juga turut naik. Nasi ini biasanya dimakan bersama sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir. 

10. Nasi Lengko

Nasi lengko atau "sego lengko" adalah makanan khas pantai utara Jawa yaitu Indramayu, Cirebon, Tegal dan Brebes. Nasi lengko berisi nasi putih, tempe dan tahu goreng, potongan mentimun, taoge rebus, daun kucai dan sambal kacang. Nasi lengko ini sama sekali tidak mengandung bahan-bahan hewani. Cocok banget buat vegetarian kan?

Nah, itulah tadi beberapa makanan nasi yang ada di Indonesia. Terbukti kan bahwa makanan dari nasi gak cuma nasi uduk dan nasi kuning aja. Deretan nasi di atas patut kamu coba juga. Dijamin bakalan ketagihan deh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES