Selain Menciptakan Nama Ondel-ondel, Simak 7 Fakta Unik Benyamin Sueb Lainnya

www.yukepo.com

Dunia kesenian Betawi dan tanah air rasanya banyak berhutang budi dengan seniman yang satu ini. Bisa jadi seniman serba bisa ini adalah salah satu pionir kebangkitan dunia film dan musik di Indonesia, terutama di Betawi. Gak ada yang gak pernah menikmati salah satu karyanya. Contohnya, lagu Onde-ondel yang masih sering kita dengar hingga kini.

Yap! Beliau adalah Benyamin Sueb atau yang lebih sering dipanggil sebagai Bang Ben. Lahir dan besar di Jakarta, pria kelahiran 5 Maret 1939 ini memang sudah sedari kecil membantu perekonomian keluarga lewat kesenian. Tepatnya sejak berpulangnya sang ayah. Bang Ben adalah pelawak, aktor, penyanyi, sutradara, dan produser yang hingga kini karyanya masih berkumandang. Terhitung ada lebih dari 75 album musik beserta 53 judul film yang ia bintangi. Salah satunya sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” yang sering kita tonton pada era 90-an lalu.

Seniman Betawi ini berpulang pada tanggal 5 September 1995 lalu karena serangan jantung sehabis main sepak bola. Hingga akhir hayatnya, ia mendedikasikan hidupnya untuk berkesenian, baik seni tarik suara maupun film. Walaupun banyak menelurkan banyak karya modern, Benyamin Sueb hingga kini lebih banyak dikenal sebagai seniman yang menaruh jasa begitu besar pada kebudayaan Betawi. Masih banyak lagi fakta unik Benyamin Sueb yang mungkin gak semua orang tau. Daripada penasaran, yuk langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Pernah menikah dua kali

twitter.com

Fakta unik Benyamin Sueb yang pertama adalah mengenai kehidupan rumah tangganya. Bang Ben ternyata pernah menikah sebanyak dua kali. Istri yang pertama adalah Hj. Noni yang dinikahinya pada tahun 1959. Dari pernikahannya yang pertama, Bang Ben dikaruniai lima orang anak. Mereka juga sempat bercerai di tahun 1979 hingga akhirnya rujuk di tahun yang sama. Lalu ia menikahi Alfiah sebagai istri keduanya. Dari pernikahannya dengan Alfiah, Bang Ben dikaruniai empat orang anak. Tapi, jangan salah ya, foto di atas bukan foto Bang Ben bersama istrinya, melainkan lawan mainnya dalam sebuah film. 

2. Mantan profesi Bang Ben

kratonpedia.com

Sepak terjang Bang Ben dalam dunia keprofesian ternyata tidak mudah juga lho. Sewaktu kecil, ia sering mengamen keliling kampung untuk membayar biaya sekolah tujuh kakaknya. Pada tahun 1959, ia pernah menjadi kondektur bus PPD. Tidak hanya sampai di situ, Bang Ben pernah menggeluti bidang militer juga lho. Contohnya ketika ia pernah masuk ke dalam bagian amunisi peralatan Angkatan Darat dari tahun 1959 hingga 1960. Kemudian, Bang Ben dipindah ke bagian musik Kodam V Jaya dari tahun 1957 hingga 1968. Mantab kali!

3. Cita-cita sebenarnya Bang Ben

m.tempo.co

Sebenarnya, Bang Ben tidak pernah memiliki cita-cita yang pasti. Namun, entah bercanda atau serius, beliau pernah mengungkapkan bahwa cita-citanya adalah menjadi seorang pilot. Akan tetapi, cita-citanya itu harus kandas lantaran tidak mendapatkan restu dari sang ibu, Aisyah, dengan alasan takut jatoh. Bisa aja nih Bang Ben.

4. Namanya diabadikan di Jakarta
travel.kompas.com

Pengabdian Bang Ben terhadap seni Betawi memang tidak dijalankan dengan setengah-setengah. Bahkan, ia menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya untuk berkesenian. Beliau pula lah yang mengharumkan nama orang Betawi ke seluruh Nusantara. Atas dedikasinya itu, nama H. Benyamin Sueb diabadikan menjadi sebuah nama jalan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

5. Pencipta sebutan Ondel-ondel
jhonyhutapea.wordpress.com

Boneka raksasa dengan menggunakan baju adat Betawi ini sudah ada sejak zaman VOC lalu. Awalnya, boneka yang diarak keliling kampung ini dinamakan Barongan oleh masyarakat sekitar. Penggunaan nama Barongan sendiri disebabkan boneka tersebut diarak secara rombongan. Nah, semenjak kemunculan lagu Ondel-ondel yang dinyanyikan oleh Bang Ben di tahun 1971, nama Ondel-ondel pun menjadi lebih melekat daripada Barongan.

6. Kisah kakek Bang Ben

www.bintang.com

Karena Bang Ben sejak usia dua tahun ditinggal wafat oleh sang ayah, otomatis dalam pertumbuhannya menjadi dewasa tidak pernah menemukan sosok seorang ayah. Untungnya, ada kakek yang bisa menggantikan sosok ayah tersebut. Sang kakek adalah Haji Rofiun yang kemudian dalam lafal Betawi berubah menjadi Jiung. Babeh Jiung ini merupakan salah satu tokoh masyarakat yang disegani di Kemayoran dan sekitarnya. Babeh Jiung wafat pada tahun 1954 di usia 125 tahun.

7. Penghargaan yang diperolah Bang Ben

savelagu.press

Kepiawaian Bang Ben dalam dunia film memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Dengan puluhan judul film yang sudah ia perankan, otomatis menjadikannya salah satu aktor yang paling berpengaruh di tanah air. Terhitung beliau sudah mengumpulkan dua Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI), yakni dalam film Intan Berduri di tahun 1973 dan film Si Doel Anak Sekolahan di tahun 1977.

Nah, itulah tadi beberapa fakta unik tentang Benyamin Sueb yang mungkin belum pernah kamu tau. Beliau sudah sangat berjasa dalam mengharumkan nama Betawi, baik dalam soal kebudayaannya maupun keseniannya. Hingga kini, karyanya masih sering diputar sebagai refleksi kecintaan masyarakat terhadap seniman besar ini. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Begini Sejarah Terbentuknya Pulau Jawa dan Gunung Api Purba, Sudah Tahu Belum Kamu?

Begini Sejarah Terbentuknya Pulau Jawa dan Gunung Api Purba, Sudah Tahu Belum Kamu?

Gak Nyangka, Indonesia Ternyata Memegang Beberapa Rekor Tertua di Dunia

Gak Nyangka, Indonesia Ternyata Memegang Beberapa Rekor Tertua di Dunia

Marak Kasus Pelecehan Seksual dalam Transportasi Umum di Indonesia, Kenapa Bisa Terjadi Ya?

Marak Kasus Pelecehan Seksual dalam Transportasi Umum di Indonesia, Kenapa Bisa Terjadi Ya?

Industri Film Indonesia Semakin Membanggakan, 3 Film Ini Berhasil Go Internasional Tahun Ini!

Industri Film Indonesia Semakin Membanggakan, 3 Film Ini Berhasil Go Internasional Tahun Ini!

10 Band Indonesia Hits Tahun 2000-an yang Bikin Kangen Nostalgia. Mana Favoritmu?

10 Band Indonesia Hits Tahun 2000-an yang Bikin Kangen Nostalgia. Mana Favoritmu?

7 Ramalan Jayabaya yang Menjadi Kenyataan Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

7 Ramalan Jayabaya yang Menjadi Kenyataan Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

loading