Selain Konstruksi LRT Pulo Gadung, Bangunan Ini Juga Pernah Roboh. Bikin Was-Was!

25 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Masyarakat Indonesia, khususnya warga Kayu Putih, Pulo Gadung dikejutkan dengan ambruknya konstruksi tiang beton Light Rail Transit (LRT) pada Senin, pukul 00.10 WIB. Akibat dari insiden ini, sedikitnya lima orang mengalami luka-luka. Konstruksi LRT yang ada wilayah Kayu Putih, Pulo Gadung ini termasuk ke dalam koridor 1 dengan rute Kelapa Gading-Velodrome (Rawamangun). Pembangunan LRT untuk rute ini sendiri telah dimulai sejak tanggal 22 Juni 2016.

Ini bukan kali pertama sebuah konstruksi bangunan roboh di Indonesia. Sebelumnya tercatat sudah ada tiga kali konstruksi bangunan yang roboh. Lalu, apa sebenarnya penyebab konstruksi bangunan yang tengah dibangun ini mudah sekali roboh, padahal belum lama dibangun? Terus konstruksi bangunan mana lagi yang pernah roboh ketika dalam proses pembangunan? Berikut infonya buat kamu!

1. Robohnya konstruksi bangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan-Probolinggo

Pada tanggal 29 Oktober 2017, empat girder terjatuh dalam waktu yang hampir bersamaan pada proyek pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Peristiwa tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 2 orang lainnya luka-luka. Berdasarkan keterangan yang didapat, jatuhnya keempat grider diawali oleh grider keempat yang akan dipasang pada tempatnya yang mengenai grider yang telah terpasang sebelumnya sehingga menyebabkan tali crane putus dan akhirnya grider ketiga menyentuh grider lain yang sudah terpasang dan keempat grider itu pun jatuh bersamaan.

2. Proyek pembangunan puskesmas Kalibaru roboh

Pada tanggal yang sama di beda tempat, konstruksi bangunan puskesmas Kalibaru yang memakan anggaran APBD Kabupaten Banyuwangi sebesar Rp204 juta roboh. Proyek yang dikerjakan oleh CV Indah Sentosa tersebut ambruk ketika masih dalam masa pengerjaan. Padahal, proyek tersebut ditargetkan rampung pada tanggal 23 Desember 2017.

3. Selasar BEI ambruk

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan ambruknya selasar di lantai Mezzannine Gedung Bursa Efek Indonesia. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 15 Januari 2018 tersebut mengakibatkan 72 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Kebanyakan dari para korban mengalami patah kaki. 

4. Konstruksi LRT Kayu Putih roboh

Yang terbaru adalah robohnya konstruksi tiang beton Light Rail Transit (LRT) yang ada di wilayah Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Peristiwa yang terjadi pada pukul 00.10 WIB tersebut mengakibatkan setidaknya lima orang mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit. 

5. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan konstruksi sebuah bangunan bisa roboh?

Setidaknya terdapat lima faktor yang dapat menyebabkan konstruksi sebuah bangunan bisa roboh.

Pertama adalah desain yang kurang tepat. Pekerjaan mendesain memang mengasyikkan, namun pekerjaan tersebut dapat menyebabkan hal yang fatal jika kita salah dalam memperhitungkan segala hal.

Kedua adalah pemasangan yang kurang bagus. Meski pemasangan struktur baja bisa dilakukan dengan hanya menggunakan mur atau baut, akan tetapi jika pemasangan dilakukan dengan tidak tepat, maka mur atau baut lama kelamaan akan kendor sehingga mengakibatkan bangunan baja akan roboh seiring dengan berjalannya waktu.

Ketiga adalah pengelasan yang tidak sempurna. Untuk menyambungkan satu baja dengan baja yang lainnya dilakukan dengan menggunakan teknik pengelasan. Jika kita mengelasnya dengan cara yang tidak sempurna, maka itu akan berakibat fatal dan dapat mengakibatkan bangunan roboh.

Keempat adalah pengerjaan yang kurang teliti dan kurang perhitungan. Pengawasan dan pengerjaan yang teliti wajib dilakukan untuk dapat menjamin keselamatan para pekerja. Jika para pekerja kurang teliti dalam pengerjaan, bisa-bisa bangunan yang tengah dibangun bisa ambruk seketika dan itu sangat membahayakan para pekerja dan juga orang-orang di lingkungan sekitar bangunan tersebut.

Kelima adalah faktor alam. Gempa bumi, tanah longsor, maupun badai bisa merupakan faktor yang tidak dapat dielakkan. Namun, kegagalan konstruksi dapat diminimalisir dengan cara menganalisis keadaan tanah dan potensi bencana sehingga bangunan yang dibangun tidak berada pada wilayah berbahaya. 

Itu dia beberapa konstruksi bangunan yang pernah ambruk dalam kurun waktu setahun belakangan ini. Proyek pengerjaan bangunan ini bisa memakan biaya hingga miliaran rupiah sehingga harus selalu diawasi dan tentunya harus sesuai dengan SOP yang berlaku agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti kasus-kasus di atas. Selain merugikan dari sisi finansial, konstruksi bangunan yang roboh juga membahayakan nyawa. Semoga nggak terjadi lagi, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES