Sejarah Musik Dangdut di Indonesia ini Membuktikan Bahwa Dangdut Adalah Musik Dinamis

www.mediadangdut.com

Bicara soal musik di Indonesia pastinya gak lepas dari yang namanya musik dangdut. Musik yang terkadang suka dipandang sebagai musik rendahan bagi orang yang menganggap punya taste musik tinggi ini tentunya menjadi suatu bahasan yang menarik. Sejarah dan perkembangan musik dangdut memang dirasa perlu untuk dibahas demi memperkaya pengetahuan tentang musik itu sendiri. Gak salah dong?

Sejarah musik dangdut memang memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga kini. Maka dari itu kali ini YuKepo mau bahas mengenai sejarah musik dangdut berikut dengan perkembangannya dari dulu hingga kini. Penasaran? YuKepo!

fc06.deviantart.net

Sejarah musik dangdut ternyata berawal pada masa kolonialisme Belanda yang pada saat itu ada perpaduan antara alat musik Indonesia, Belanda dan Arab yang kemudian menjadi Tanjidor. Pada saat itu tanjidor dipertunjukkan sambil berjalan yang dimainkan oleh para budak dari para tuan tanah di sekitar Batavia. Nah, semenjak abad 19 mulai muncul pengaruh lain yang diterima oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya pengaruh Cina yang kemudian disebut sebagai keroncong atau gambang kromong.

Sedangkan musik dangdut sendiri berakar pada musik melayu yang muncul pada tahun 1940-an. Seperti yang kita tau bahwa musik melayu memang kental sekali denga unsur musik India dan Arab. Unsur India hadir dalam bentuk tabuhan gendang  disertai dengan unsur cengkok penyanyinya yang diharmonisasi dengan unsur musik melayu menjadi sebuah awal mula beralihnya musik melayu ke musik dangdut. 

www.pinterest.com

Kebijakan politik anti Barat yang diusung Presiden Soekarno dulu juga ternyata menjadi salah satu peluru naiknya musik dangdut di pasaran pada saat itu. Muncullah film-film dan penyanyi maupun grup musik yang mengibarkan nama dangdut. Sebut saja film “Ratapan Anak Tiri” yang populer pada tahun 1970-an dan Ellya Khadam yang populer dengan lagunya yang berjudul “Boneka India”. 

www.youtube.com

Tahun berubah, arus politik pun berubah pada dekade 1960-an. Pada saat itu kebijakan anti Barat mulai menghilang sehingga membuka pintu masuknya beberapa pengaruh musik barat. Musik dangdut pada masa ini juga sudah mulai terbuka dengan keberadaan musik lain. Dalam dekade ini juga dangdut mulai banyak dipengaruhi oleh unsur keroncong, gambus, langgam dan degung.

Mulai dari dekade ini jugalah musik Melayu menjadi lebih paten dengan sebutan Musik Dangdut. Dangdut sendiri berasal dari bunyi alat musik Tabla yang mengeluarkan bunyi menyerupai suara “dang”, sedangkan suara “dut” diperoleh dari suara tabuhan gendang. Di dekade inilah bermunculan musisi-musisi dangdut terkenal yaitu seperti Ellya Kadam, Husein Bawafie, Munif Bahaswan, Hasnah Tahar, dan Johana Satar.

i.ytimg.com

Pada dekade 1970-an mulai bermunculan musisi-musisi dangdut baru seperti Rhoma Irama yang tidak hanya bermusik namun juga melantunkan pesan dakwah lewat liriknya. Selain itu ada juga Mansyur S., A. Rafiq, dan Muchsin Alatas, dan banyak lagi sehingga menempatkan dangdut sebagai salah satu musik populer di Indonesia pada saat itu. Puncaknya adalah saat munculnya grup musik dangdut pada tahun 1973 yang bernama Soneta yang tentu saja dipimpin oleh Rhoma Irama.

Dangdut di dekade 1980-an mulai memasuki masa semi kontemporer dengan adanya campuran dengan musik pop, rock, dan house ataupun disco. Berbeda dengan dekade 1990-an yang banyak menerima unsur gamelan atau musik yang lebih tradisional lagi bagi musik dangdut. Nah, di dekade inilah mulai bermunculan berbagai grup musik dangdut campursari.

Memasuki dekade millenium atau dekade 2000-an kejenuhan dirasakan pada musik dangdut original. Di dekade ini jugalah bermunculan musisi dangdut di wilayah Pantura untuk mengembangkan jenis musik dangdut koplo. Musik dangdut koplo ini dikembangan dengan gaya jingkrak yang dilakukan para penarinya dan hingga kini masih digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Mungkin memang gak semua orang bisa menikmati alunan musik dangdut, tapi pada kenyataannya hingga kini musik dangdut masih banyak digandrungi dan terus berkembang. Gak heran kalau musik ini memang memiliki tempatnya tersendiri di masayarakat Indonesia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pecinta Film Action Tak Boleh Melewatkan Film Donnie Yen Terbaik Ini! | Keepo.me

Pecinta Film Action Tak Boleh Melewatkan Film Donnie Yen Terbaik Ini! | Keepo.me

Kenapa Budi dan Ani Selalu Muncul dalam Buku Pelajaran? Yuk Simak Sejarahnya

Kenapa Budi dan Ani Selalu Muncul dalam Buku Pelajaran? Yuk Simak Sejarahnya

Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Mudah dan Aman | Keepo.me

Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Mudah dan Aman | Keepo.me

10 Foto Keindahan Suasana Bali Tempo Dulu yang Terlihat Asri dan Nyaman

10 Foto Keindahan Suasana Bali Tempo Dulu yang Terlihat Asri dan Nyaman

Film Malaysia Romantis yang Bikin Nangis Termehek-mehek | Keepo.me

Film Malaysia Romantis yang Bikin Nangis Termehek-mehek | Keepo.me

Diah Satya Darmawaty, Srikandi Indonesia Perancang Pesawat Boeing

Diah Satya Darmawaty, Srikandi Indonesia Perancang Pesawat Boeing

loading