Sedang Ramai Isu Pembubaran, Ini 7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang HTI

www.jawapos.com

Belakangan ini Indonesia diramaikan dengan pemberitaan mengenai pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI. Organisasi Masyarakat ini dianggap telah melakukan berbagai kegiatan yang berlawanan dengan Pancasila. Aksi pembubaran ini dilakukan oleh pemerintah dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu terkait organisasi kemasyarakatan atau ormas. Perppu Ormas ini, menurut kepala Menkopolhukam, Wiranto, hal ini dilakukan karena UU lama terkait ormas memberikan kesulitan bagi pemerintah untuk menindak tegas ormas-ormas yang tidak sejalan dengan pancasila. Dengan terbitnya Perppu Ormas Nomor 2 tahun 2017, maka pemerintah menanggapi aturan baru ini dengan mencabut status badan hukum Hizbut Tahrir Indonesia.

Namun siapa sih sebenarnya HTI itu? Mengapa organisasi masyarakat ini dianggap berbahaya bagi kesatuan Indonesia oleh pemerintah? Apa ancaman yang timbul dari beroperasinya organisasi ini? Jika organisasi ini berbahaya, lalu kenapa ormas ini dulu dapat memiliki izin resmi beroperasi di Indonesia? Nah untuk menjawab rasa penasaran akan ormas ini, ada fakta-fakta mengenai HTI yang perlu kamu ketahui!

1. Organisasi Hizbut Tahrir sudah ada sejak 64 tahun lalu

www.kompasiana.com

Hizbut Tahrir Indonesia sebenarnya merupakan kepanjangan dari organisasi Hizbut Tahrir yang telah mendunia. Organisasi Islam ini awalnya lahir di kota Al-Quds, Palestina, pada tahun 1953 oleh Syeikh Taqiyuddin An-Nabhani, seorang hakim di Mahkamah Syariah Palestina. Perkembangan Hizbut Tahrir dunia pun cukup luas, hingga kini, Hizbut Tahrir dinyatakan beroperasi di lebih dari 45 negara.

2. Hizbut Tahrir sendiri sebenarnya sudah dilarang di puluhan negara lain

www.thelocal.dk

Pembubaran dan pelarangan beroperasinya organisasi Hizbut Tahrir di Indonesia bukanlah yang pertama kali terjadi. Organisasi Islam ini telah dilarang di puluhan negara lain dan dianggap sebagai organisasi radikal yang berbahaya bagi keamanan negara. Bahkan di negara kelahiran Hizbut Tahrir sendiri, organisasi ini sudah dilarang beroperasi. Di negara-negara Timur Tengah, Hizbut Tahrir sendiri sudah dilarang kecuali di tiga negara yaitu Uni Emirat Arab, Lebanon, dan Yaman. Sementara di beberapa negara Eropa, Hizbut Tahrir bahkan dicap sebagai organisasi teroris berbahaya sehingga segala kegiatan Hizbut Tahrir menjadi kegiatan yang ilegal. 

3. Paham Hizbut Tahrir masuk ke Indonesia melalui Bogor sejak tahun 1980

www.dhakatribune.com

Sejarah Hizbut Tahrir di Indonesia, yang nantinya akan menjadi organisasi Hizbut Tahrir Indonesia, berawal dari tahun 1980 saat seorang pendakwah Hizbut Tahrir yang bernama Abdurrahman Al-Baghdadi memboyong paham Hizbut Tahrir ke Bogor. Awalnya, pimpinan pesantren besar di Bogor yang bernama Pesantren Al-Ghazali, KH Abdullah bin Nuh, bertemu dan mendengarkan dakwah Al-Baghdadi pertama kali di Sydney, Australia. Karena tertarik, beliau lalu mengundang Al-Baghdadi untuk mengajar di pesantren Al-Ghazali. Sejak itu, paham Hizbut Tahrir mulai berkembang di Indonesia.

4. Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia telah menyebar di 33 Provinsi

www.dream.co.id

Perkembangan Hizbut Tahrir Indonesia selama lebih dari tiga dekade ini membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Kader HTI kini tersebar dan beroperasi di seluruh provinsi di Indonesia, lebih dari 300 kota dan kabupaten memiliki kader-kader HTI yang berdakwah dengan gencar. Perkembangannya pun meningkat pesat di dekade kedua setelah masuknya Hizbut Tahrir di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia selama ini telah menerima Hizbut Tahrir dengan tangan terbuka.

5. Penyebaran HTI secara luas bermula dari kampus Institut Pertanian Bogor
www.industry.co.id

Pertama kali paham HTI masuk ke kalangan mahasiswa melalui dakwah Al-Baghdadi di Masjid Al-Ghifari yang berada di kampus Institut Pertanian Bogor. Masjid ini menjadi tempat awal penyebaran paham HTI dan sekaligus tempat kaderisasi. Dari IPB, para mahasiswa yang dianggap telah memahami dan menjiwai paham HTI diberikan misi untuk menyebarkan paham tersebut di kampus-kampus besar Indonesia lainnya seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, hingga Universitas Hasanuddin yang berada di Makassar. Penyebaran ini dilakukan melalui lembaga-lembaga dakwah kampus yang memang sudah banyak berkembang di Indonesia.

6. HTI bertujuan untuk mendirikan kekhilafahan
littleatoms.com

Tujuan HTI utamanya adalah untuk mengembalikan umat muslim kepada aturan hukum Islam, dengan memperbaiki sistem hukum dan perundangan di Indonesia yang dianggap melenceng dari syariat Islam. Hal ini berimplikasi pada penolakan terhadap sistem kehidupan ala barat yang selama ini banyak digunakan di Indonesia. Dan tujuan HTI ini secara tidak langsung menyatakan misi HTI untuk mendirikan kekhilafahan di Indonesia yang beroperasi berdasarkan syariat Islam.

7. Meskipun telah resmi dibubarkan oleh Pemerintah, HTI bertekad akan tetap melakukan dakwah

www.nst.com.my

Wacana pembubaran HTI sudah beredar sejak setidaknya dua bulan lalu. Pemerintah sejak awal bulan Mei telah memberikan sinyal bahwa mereka akan menindak tegas HTI dan melakukan pencabutan izin operasi HTI di Indonesia. Menanggapi pemberitaan tersebut, juru bicara HTI, Ismail Yustanto menyatakan dengan tegas bahwa meski dibubarkan HTI tetap akan melancarkan kegiatan dakwahnya. Menurut Ismail, dakwah yang dilakukan HTI, terutama di kalangan mahasiswa, memiliki tujuan yang positif yaitu membangun kepribadian islam yang kuat pada generasi penerus bangsa. Karena itu, HTI tetap akan memberikan dakwah di kampus-kampus meski status badan hukumnya telah dicabut.

Ketujuh poin diatas telah menggambarkan organisasi HTI secara luas. Nah, setelah mengetahui fakta-fakta tentang HTI tersebut, menurutmu apakah tindakan pemerintah untuk membubarkan HTI ini sudah tepat? Ataukah aksi pembubaran ini justru merupakan pertanda kemunduran hak kebebasan berbicara dan berserikat di Indonesia?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Isu Redenominasi Rupiah Indonesia Kembali Naik, Yuk Belajar dari Kisah 5 Negara Ini

Isu Redenominasi Rupiah Indonesia Kembali Naik, Yuk Belajar dari Kisah 5 Negara Ini

Buat yang Ngaku Ngapak Asik, Ini YouTube Channel yang Wajib Kamu Pantengin

Buat yang Ngaku Ngapak Asik, Ini YouTube Channel yang Wajib Kamu Pantengin

Selain Angkringan dan Rindu, Ini Hal-hal yang Bikin Jogja Istimewa Buat Penghuninya

Selain Angkringan dan Rindu, Ini Hal-hal yang Bikin Jogja Istimewa Buat Penghuninya

7 Lipstik Cair Lokal Favorit, Harga di Bawah Rp100 ribu Ini Wajib Dicoba

7 Lipstik Cair Lokal Favorit, Harga di Bawah Rp100 ribu Ini Wajib Dicoba

Rujak-rujak Khas Indonesia Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Terduga

Rujak-rujak Khas Indonesia Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Terduga

Mengupas Khasiat Param, Warisan Nusantara Rahasia Kebugaran Putri Keraton

Mengupas Khasiat Param, Warisan Nusantara Rahasia Kebugaran Putri Keraton

loading