Pertama di Dunia, Bioskop Berbentuk Kubah Dibangun di Nusa Dua. Begini Lho Kemegahannya!

16 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata

Bali memang telah mendunia. Wisatawan asing dari berbagai negara telah berkunjung ke Bali. Bahkan artis kelas dunia pun telah ada yang datang ke Bali. Saking terkenalnya, banyak yang mengidentikkan Indonesia sebagai Bali. Ada juga turis yang nggak kenal Indonesia, tapi malah kenal Bali. Walah, Indonesia kalah pamor ya. Yang paling disenangi oleh para turis dari Bali adalah pantai-pantainya yang indah.

Kabar gembira datang dari Bali. Di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali akan dibangun kubah multifungsi. Bangunan berbentuk setengah lingkaran tersebut akan digunakan sebagai bioskop 360 derajat. Kubah dapat menjadi layar penuh, baik bagian dalam maupun luar kubah.

Kubah ini dihadirkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang bekerja sama dengan Oracle Project International. Sebelum melakukan pembangunan di Indonesia, Oracle Project International telah mendirikan beberapa bangunan terkenal di beberapa negara. Misalnya, kubah raksasa di Cina, air mancur yang dilengkapi layar di Suntec, Singapura, dan instalasi laser di Sydney, Australia.

Menurut Wakil Direktur Utama ITDC, Jatmiko K. Santosa, kubah bioskop tersebut akan menjadi ajang pariwisata di Indonesia dengan Bali sebagai pintu masuknya. Ia menambahkan bahwa kubah ini juga bisa mengubah citra Nusa Dua. Nusa Dua yang selama ini hanya dikenal sebagai tempat rapat dan konferensi akan dikenal juga sebagai destinasi yang menyokong keperluan gaya hidup. Citra tersebut sebenarnya telah ditanamkan oleh ITDC sejak 2016. Di tahun tersebut, pihaknya mendatangkan sederet bintang tamu yang akan menarik khalayak umum.

Untuk merasakan sensasi nonton bioskop 360 derajat, pada tanggal 11 hingga 15 Oktober 2017 di ajang Nusa Dua Fiesta dihadirkan kubah yang lebih kecil. Kubah tersebut berdiameter 8 meter dengan tinggi 5 meter. Agar bisa menonton bioskop 360 derajat, pengunjung dikenai biaya Rp60.000,00 per orang. Film yang diputar adalah film bisa yang menampilkan gambar grafis tiga dimensi yang dipadukan dengan musik instrumental. Menonton di bioskop 360 derajat mirip dengan menonton virtual reality. Perbedaannya adalah saat menonton di bioskop 360 derajat tanpa menggunakan kacamata serta saat menonton kita tidak duduk, tetapi berbaring di antara kumpulan bean bag.

Chris Sifton, Managing Director Oracle Project International, selaku konseptor kubah mengatakan bahwa kubah akan dibangun hampir lima kali dari kubah yang ada di Nusa Dua Fiesta. Kubah bioskop tersebut rencananya akan berdiameter 42 meter dengan tinggi 21 meter. Bisa dikatakan bahwa kubah ini bisa menampung sebanyak 1.200 orang. Selain sebagai bioskop, kubah tersebut juga akan dijadikan gedung serba guna dan atraksi wisata.

Mantap ya? Kalau kamu penasaran dan ingin merasakan sensasi menonton bioskop 360 derajat, langsung saja datang ke Nusa Dua. Proyek yang dibangun sejak awal 2017 ini, rencananya akan mulai beroperasi awal 2018. Tuh, pas banget kan. Siapa tahu udah dibuka. Menurut Jatmiko, kubah bioskop ini pertama yang ada di dunia, lho. Tapi, kubah semipermanen ini hanya akan ada selama tiga tahun, mengingat biaya yang dikeluarkan sangat besar hingga 40 miliar. Wow!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES