Perjuangan Para Siswa di Pedalaman Indonesia Menuju Sekolah Ini Bikin Dunia Terharu

31 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
Indonesiaku
0SHARES

Bagi yang tinggal di perkotaan, akses menuju fasilitas-fasilitas umum rasanya sudah dimudahkan. Baik dimudahkan dengan teknologi maupun akses transportasi yang sudah memadai. Contohnya saja fasilitas kesehatan dan pendidikan bisa banyak ditemukan di perkotaan. Tinggal pilih, mau yang dikelola pemerintah atau swasta. Mulai dari yang dananya paling murah sampai paling mahal ada semua di kota.

Berbeda sekali dengan kondisi yang ada di pedesaan. Jangankan untuk mendapatkan akses kesehatan maupun pendidikan dengan baik, untuk menjangkaunya saja tidak mudah. Kadang hanya untuk sekolah saja para siswa harus berjalan kaki menyusuri hutan atau menyeberangi sungai dengan aliran yang sangat deras tanpa adanya jembatan yang memadai. Kalaupun ada jembatan, kadang banyak yang sudah rusak dimakan zaman. Pasalnya, jembatan tersebut minim peremajaan dan justru rusak dimakan zaman.

Keadaan yang terjadi di kota dan desa memang berbanding terbalik. Saat di kota malah sudah ada institusi pendidikan yang mengandalkan teknologi, para siswa di pedesaan hanya untuk menjangkau sekolah konvensional saja bisa dibilang bertaruh nyawa setiap hari. Seperti yang kali ini YuKepo mau merefleksikan perjuangan para siswa di pedesaan demi menempuh pendidikan di sekolah. Kalau orang kota merasakan ini, dijamin bakalan kapok sekolah. Penasaran? Yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Para penerus bangsa ini terpaksa menerjang bahaya hanya untuk sekolah

2. Coba bayangin kalau setiap pagi harus nebeng sama truk besar ini, belum nyampe sekolah bisa-bisa masuk angin

3. Ngebayangin gak sih jadi si adik ini, tiap pagi harus lewat jembatan tua ini? Pegangan juga susah

4. Apalagi yang ini, mengerikan banget, jarak dari rumah ke sekolah bisa jadi jauh banget

6. Jangankan naik sepeda di jembatan ini, jalan kaki aja udah bisa bikin kaki gemeteran, yang semangat ya sekolahnya

7. Astagaaaaa, kok bisa-bisanya ya anak sekolah gini terpaksa berjalan di atas kawat? Gak kebayang gimana khawatirnya si orang tua

8. Jembatan rusak kayak gini terpaksa dipakai, bahaya tuh kalau didiemin terus

9. Akibat sering nebeng los bak gini, banyak kok siswa yang mengalami kecelakaan bahkan hingga meninggal

10. Semangat terus ya adik-adik sekolahnya, besok sudah besar pasti sukses

Rasanya tidak adil memang. Namun, hal itulah yang benar-benar terjadi di Indonesia. Bagaimana pemerataan pembangunan dirasakan hanya sebagai mitos. Bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah, namun juga diperlukan kesinambungan dengan penduduknya. Semoga adik-adik di atas diberikan kekuatan untuk bersekolah hingga akhirnya mental mereka terbentuk sekuat baja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES