Pekerjaannya Berisiko Tinggi dan Berat, Profesi Pramugari Dianggap Punya Sisi Gelap! Ah Masa?

30 April 2018
|Galih Wisnu Brata
1.3 KSHARES

Ketika menaiki pesawat kita akan disapa oleh pramugari yang cantik dengan senyumnya yang merekah. Karena berbagai alasan, banyak gadis yang ingin menjalani profesi ini. Ada yang ingin jadi pramugari karena terlihat anggun bak model, ada juga yang karena bisa jalan-jalan setiap saat. Namun, di balik semua keindahan yang terbayang tersebut, ternyata kehidupan para pelaku profesi ini tidak semulus yang kita sangka.

Pekerjaan pramugari tidaklah seenak yang dibayangkan. Banyak yang kaget setengah mati ketika mereka baru pertama kali menjalani profesi ini. Inti dari pekerjaan ini adalah menjadi pelayan di udara. Mereka tidak hanya berlenggak-lenggok, namun mereka harus siap melayani para penumpang bahkan juga membersihkan toilet. Karena beratnya pekerjaan tersebut, tak jarang para pramugari melampiaskannya melalui hal-hal yang negatif. Ada pramugari yang melampiaskan segala penat pekerjaannya dengan pesta yang ditemani oleh minuman alkohol bahkan narkoba.

Tidak hanya alkohol dan narkoba saja yang dekat dengan pramugari, predikat penjaja seks pun kerap melekat pada profesi ini. Kabarnya, sisi gelap ini pernah diketahui oleh seorang penumpang pesawat Lion Air JT 990 dengan rute penerbangan Surabaya-Denpasar. Penumpang tersebut mengaku mendengar desahan di kokpit pesawat. Laporan yang menghebohkan dunia penerbangan Indonesia ini muncul pada Sabtu, 14 November 2015 silam.

Sebuah skripsi yang berjudul "Hubungan antara Harga Diri dengan Seks sebagai Sebuah Alat di Pekerjaan Pramugari Udara" juga mengungkap kehidupan seks di dunia penerbangan. Skripsi tersebut merupakan buah penelitian dari seorang mahasiswa Psikologi Universitas Surabaya. Dalam penelitian tersebut,  diungkapkan bahwa ada beberapa pramugari yang menjalin kedekatan dengan pilotnya. Masalah keluarga, pekerjaan, dan kenaikan jabatan sering dijadikan alasan.

Di beberapa negara lain, rumor tersebut juga menerpa para pramugari. Para pramugari mengaku bahwa gaji yang sedikit membuat mereka melakukan pekerjaan sampingan itu. Selain itu, ada pula pramugari asal Timur Tengah yang pernah tertangkap melakukan hubungan intim dengan pilot di dalam toilet pesawat. Beda lagi dengan Cina. Foto panas pramugari yang bernama Liu Riu Qi pernah beredar luas di masyarakat.

 

 

Segala bentuk citra buruk yang melekat pada pramugari ditorehkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pekerjaan ini sejatinya bukanlah pekerjaan kotor, hanya saja dikotori oleh beberapa oknum. Jadi, jangan berprasangka buruk dulu ya sama para awak kabin. Pekerjaan mereka justru merupakan pekerjaan mulia karena bertujuan menjaga keselamatan para penumpang dan melayani mereka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
1.3 KSHARES