Pecinta Kopi Pasti Tahu, Ini 7 Kopi Asli Indonesia yang Sudah Mendunia. Bangga!

14 Januari 2018
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Kopi merupakan komoditi yang sedang naik daun belakangan ini. Tidak heran mengapa banyak kedai-kedai kopi baru yang bermunculan di pedesaan bahkan hingga perkotaan. Yang mana, trend minum kopi ini rasanya bukan hanya terjadi secara nasional, bahkan sampai ke kancah global. Untuk hal ini, Indonesia patut berbangga. Sebab, banyak kopi asli Indonesia yang sudah menembus pasar internasional dan disukai oleh para pegiat kopi mancanegara. Nah, berikut adalah 7 kopi asli Indonesia yang sudah mendunia. Yuk, kepo!

1. Kopi Manggar

Pernah dengar daerah yang disebut ‘Negeri Laskar Pelangi’? Yap, Belitung. Tidak hanya dikenal dengan pantainya yang indah, namun wilayah kepulauan ini juga dikagumi atas Kopi Manggar-nya yang sudah mendunia. Kopi asli Indonesia ini memiliki keunikan tersendiri dalam menyeduhnya yang seperti teh tarik. Dimana Kopi Manggar ini diseduh menggunakan air mendidih lalu disaring ke wadah satu lanjut ke wadah berikutnya sebelum kemudian disajikan dalam gelas siap minum.

2. Kopi Gayo

Setiap ada yang menyebut Kopi Gayo, yang ada di benak kebanyakan orang adalah Aceh. Ya, karena memang Kopi Gayo berasal dari Tanah Rencong di ujung barat Indonesia, tepatnya di dataran tinggi Gayo yang penanamannya bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya karena semuanya dilakukan secara organik. Soal rasa, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ada yang bilang rasanya lebih enak dari Kopi Blue Mountain dari Jamaika.

3. Kopi Osing

Rasanya tidak tepat jika kamu mengaku pecinta kopi namun belum pernah mencicipi Kopi Osing yang berasal dari Banyuwangi ini. Berbeda dengan kopi pada umumnya, Kopi Osing ini dihasilkan dari hasil sangrai biji kopi yang masih berwarna merah yang menggunakan tungku kayu bakar hingga tingkat kematangannya pas. Sehingga ketika diseduh, kopi ini memiliki aroma yang sangat memikat.

4. Kopi Luwak

Kopi asli Indonesia yang satu ini bisa dibilang memang cukup sensasional. Selain karena harganya yang luar biasa, proses pembuatannya pun unik. Kopi Luwak merupakan kopi yang diperoleh dari proses fermentasi yang terjadi secara langsung di dalam tubuh luwak. Luwak akan memakan biji kopi, kemudian hasil keluarannya itulah yang menjadi Kopi Luwak setelah di proses di dalam tubuh binatang tersebut. Meski terdengar menjijikkan, namun ternyata rasa yang dihasilkan luar biasa nikmat.

5. Kopi Kintamani

Selain terkenal sebagai salah satu tujuan wisata dunia, ternyata tanah Bali juga dikenal sebagai penghasil kopi yang enak. Kopi asli Indonesia itu sering disebut Kopi Kintamani, yang ditanam secara organik di atas ketinggian 900 mdpl di dataran tinggi yang ada di Bali. Kenikmatan kopi ini ada di dalam tekstur lembut dan manis serta tingkat keasaman yang rendah. Pantas saja jika kopi ini mendapatkan sertifikat Cirad dari Montpeller, Prancis.

6. Kopi Joss

Yogyakarta ternyata juga merupakan penghasil kopi unik yang istimewa. Namun bukan karena biji kopinya seperti yang lain, melainkan karena proses penyajiannya. Kopi Joss diseduh di dalam gelas dengan air panas dan disajikan bersama arang yang masih membara di dalamnya. Tidak hanya orang lokal, bahkan banyak wisatawan asing yang sangat menikmati kopi yang sangat joss ini.

7. Kopi Toraja

Kopi Toraja yang berasal dari Toraja-Kalosi juga merupakan salah satu kopi yang paling diminati di seluruh dunia. Konon, kopi ini memiliki rasa tanah dan hutan yang sangat khas. Jenis kopi arabika yang memiliki kandungan asam rendah ini memang diproses dengan sangat spesial, dimana biji kopi akan langsung diproses persis setelah dipetik. Sehingga, rasa pahit yang ada di dalam kopi ini bisa sangat pas.

Itu dia 7 kopi asli Indonesia yang bau dan sesapannya telah dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Sehingga, selain patut berbangga, kita juga harus menjaga kelestarian tanaman kopi tersebut supaya bisa tetap menjadi isi cangkir yang paling menyenangkan. Jadi, sudah minum kopi hari ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES