Patut Bangga, Inilah Hal-hal Menarik Tentang Indonesia di Belanda

newshub.id

Mungkin selama ini kita masing sering merasa skeptis terhadap kehebatan negara sendiri, yaitu Indonesia. Banyak hal-hal negatif yang sering membuat kita berpikir pesimis. Padahal ternyata ada banyak kelebihan-kelebihan dari Indonesia yang dikenal oleh negara lain lho. Sebut saja Belanda. Kita melihat bahwa negara kincir angin ini memang telah menduduki Indonesia selama 350 tahun. Tentu bukan waktu yang lama kan? Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan Belanda.

Akhirnya ada banyak peristiwa yang menjadi sejarah dan dikenang hingga sekarang. Salah satu kota yang banyak menyimpan sejarah Indonesia ialah Leiden. Kota ini berada di antara Amsterdam dan Den Haag, dua kota penting di Belanda. Nama Kota Leiden ini sebenarnya cukup akrab didengar oleh orang Indonesia karena ada keterikatan terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dulu. Mau tahu apa saja sih kisah perjuangan bangsa Indonesia yang tersimpan di Kota Leiden? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Makam salah satu mahasiswa Indonesia

gatholotjo.files.wordpress.com

Ternyata di Kota Leiden terdapat makam salah satu mahasiswa Indonesia bernama Irawan Soejono. Siapa itu Irawan Soejono? Ia merupakan mahasiswa Indonesia di Leiden yang saat itu terbunuh karena ikut berjuang dengan Belanda melawan NAZI. Perlu diketahui bahwa selama pendudukan NAZI di Belanda, sekitar tahun 1940-1945, Irawan Soejono merupakan orang yang paling dicari-cari oleh NAZI. Ia berjuang melawan NAZI bersama kelompok pejuang bawah tanah. Namun akhirnya Irawan meninggal karena ditembak oleh polisi rahasia NAZI. Ia mendapat gelar pahlawan oleh Kerajaan Belanda karena jasanya. Bahkan namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di Kota Osdrop, Amsterdam.

2. Patung doktor pertama Indonesia

upload.wikimedia.org

Orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor bernama Husein Jayadiningrat. Ia meraih gelar doktor dari Fakultas Humaniora Universitas Leiden. Perlu diketahui bahwa Universitas Leiden merupakan universitas tertua yang ada di Belanda. Husein dikenal sebagai salah satu intelektual asal Indonesia yang sangat disegani di Belanda. Bahkan ia juga pernah menjuarai kompetisi penulisan ilmiah yang digelar di Universitas Leiden. Untuk menghargai prestasinya yang begitu mengagumkan, saat ini patung Husein berdiri di Aula Universitas Leiden.

3. Gudang ilmu mengenai Indonesia

newshub.id

Kita bisa menyebut Leiden sebagai salah satu gudang dari warisan literasi Indonesia. Mengapa bisa begitu? Leiden ternyata juga mempunyai perpustakaan dengan beragam koleksi buku mengenai Indonesia yang cukup lengkap. Lembaga Studi Asia Tenggara atau yang disebut Koninklijk Instituut voor Taal en Volkenkunde (KITLV), serta Karibia Kerajaan Belanda merupakan sebuah perpustakaan yang hampir mempunyai seluruh buku mengenai Indonesia. Bahkan ada beragam catatan sejarah mengenai suku-suku, sastra, dan Bahasa di Indonesia. Menariknya lagi, di perpustakaan ini juga ada ratusan surat Kartini dan lukisan-lukisannya yang masih tersimpan dengan sangat rapi.

4. Bangunan pelajar Indonesia pada masanya

simplychi.files.wordpress.com

Tidak jauh dari Universitas Leiden, ternyata ada sebuah bangunan tempat tinggal untuk pelajar Indonesia saat itu. Letak persisnya berada di Jalan Noordeinde nomor 32. Hingga sekarang, rumah ini ternyata masih berdiri kokoh menjadi saksi sejarah Perhimpunan Indonesia kala itu. Salah satu pemimpin Perhimpunan Indonesia, yakni Ahmad Soebardjo, pernah tinggal di tempat ini. Ia menyediakan rumahnya sebagai sebuah tempat untuk melakukan pertemuan bagi para pelajar anggota Perhimpunan Indonesia di dalam pergerakan mereka melawan kolonialisme. Selain itu, tempat ini juga menjadi markas diskusi perjuangan dan tempat menyalurkan bakat melalui musik.

5. Museum Volkenkunde

Sumber Gambar

Museum yang satu ini merupakan museum terkenal di Leiden. Menariknya, Museum Volkenkunde mempunyai ruang khusus yang berisi beragam koleksi tentang Indonesia. Beberapa koleksi yang ada meliputi benda-benda peninggalan penting bangsa Indonesia, seperti benda koleksi istana, perhiasan tradisional, arca dewa dewi sekaligus raja-raja nusantara, hingga kain khas suku-suku di Indonesia yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

6. Para anggota Perhimpunan Indonesia

Sumber Gambar

Ternyata Leiden merupakan saksi sejarah dari lahirnya organisasi Perhimpunan Indonesia atau yang disebut Indische Vereeniging. Organisasi ini diprakarsai oleh pelajar-pelajar Indonesia yang saat itu sedang menempuh pendidikan di Belanda. Organisasi ini telah berdiri sejak tahun 1908. Bahkan dapat dikatakan sebagai awal mula munculnya pergerakan perjuangan kemerdekaan dari para pelajar maupun mahasiswa Indonesia yang berada di Belanda. Melalui organisasi ini juga muncul beberapa tokoh bangsa yang cukup berjasa di dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, misalnya saja Mohammad Hatta yang dikenal sebagai bapak proklamator di Indonesia.

7. Puisi Indonesia yang berada di tembok jalanan

serampaikata.blogspot.co.id

Selain kental akan sejarah, Leiden juga dikenal dengan seni dan sastra. Untuk menikmati kota ini, kamu bisa menyusuri jalanan kota yang dihiasi dengan ratusan mural-mural puisi pada bangunan di sana. Tapi ternyata puisi-puisi ini ditulis di dalam bahasa aslinya. Ada puisi fenomenal milik Chairil Anwar yang berjudul “Aku”, Serat Kalatidha karya Raden Ngabehi Ranggawarsita, dan Penggalan Elong yang ditulis di dalam bahasa suku bugis.

Itu tadi beberapa hal menarik tentang Indonesia yang ada di Belanda, khususnya Kota Leiden. Melihat hal-hal di atas, tentu kita akan berpikir ternyata negeri tercinta ini kaya akan sejarah ya. Bagaimana menurutmu? Sangat membanggakan bukan? Masyarakat Belanda saja menghargai sejarah dan peninggalan bangsa ini, mengapa kita tidak? Yuk, mulai menghargai peninggalan asli Indonesia!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Inilah Rangkuman Kebiasaan Buruk Pengendara Motor di Indonesia yang Paling Bikin Risih

Inilah Rangkuman Kebiasaan Buruk Pengendara Motor di Indonesia yang Paling Bikin Risih

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

10 Pemandangan Asli Pada Uang Rupiah Ini Bakal Bikin Kamu Takjub

10 Pemandangan Asli Pada Uang Rupiah Ini Bakal Bikin Kamu Takjub

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

Keren, Jokowi Jajal Jalan Trans Papua Naik Motor Trail!

Keren, Jokowi Jajal Jalan Trans Papua Naik Motor Trail!

loading