Patung Kutilanak Setinggi 100 Meter Bakal Dibangun di Pontianak!

10 Juni 2017
|Rhesa Leo
855SHARES

Setiap kota-kota besar di dunia biasanya memiliki landmark atau ikon sebagai representasi dari kota tersebut. Misalnya, di Singapura ada patung Merlion yang terkenal, Kota Kuching dengan patung kucing, Surabaya punya patung ikonik Sura (ikan hiu) dan Buaya, sedangkan New York dikenal dunia dengan patung Liberty-nya. Nah, menyadari hal itu tampaknya Kota Pontianak juga nggak mau ketinggalan dengan kota-kota besar dunia lainnya. Supaya nggak kalah, muncullah wacana pembangunan patung sebagai landmark dari ibu kota Kalimantan Barat ini.

Nggak tanggung-tanggung dan bukan sembarang patung, rencananya di kota yang berada pas di bawah garis khatulistiwa ini bakalan dibangun patung kuntilanak! Iya, kuntilanak yang itu lho! Wali Kota Pontianak, Sutarmiidji lewat akun facebook-nya sempat mempertanyakan wacana tersebut. Sambil bercanda, Sutarmidji menantang warga supaya memberikan ide bentuk dari sosok patung yang diusulkan tadi.

Dalam pernyataannya tadi, Sutarmidji nggak menyebutkan dari mana asal muasal wacana membangung patung kuntilanak raksasa di Pontianak. Namun, sebuah media luar negeri, Daily Mail mengungkapkan bahwa wacana “out of the box” tadi datang dari Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Kartius.

Udah ketebak, pastinya wacana gila ini menuai kontroversi. Banyak media lokal Kalimantan Barat yang ramai membahas ide dari Kartius ini sejak Januari 2017 lalu. Rencananya patung mbak kunti ini bakalan berdiri dengan tinggi 100 meter.

Nantinya, untuk bisa naik ke atas patung kuntilanak raksasa itu, pengunjung bakal dipungut tarif Rp. 50 ribu. Menurut Kartius, pembangunan patung ini bertujuan untuk meningkatkan geliat pariwisata lokal. Seperti yang diketahui, nama Kota Pontianak sendiri konon berasal dari bahasa Melayu yang berarti "Kuntilanak". Konon pada tahun 1771, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie menyusuri Sungai Kapuas dalam pencariannya untuk menemukan lokasi yang tepat untuk membangun Istana Kadriah. 

Ketika sampai di sebuah hutan belantara, Sultan Alkadrie kemudian membuka hutan tersebut. Namun para pekerja terus diganggu oleh sosok hantu menakutkan berwujud perempuan dengan rambut panjang terurai. Nggak mau menyerah, Sultan Alkadrie lalu menembakan meriam untuk menakut-nakuti sesosok hantu yang sekarang kita kenal dengan nama kuntilanak. Akhirnya Sultan Alkadrie pun menamai lokasi tadi dengan nama Pontianak.

Gimana, kalau kamu sendiri setuju nggak dengan wacana pembangunan patung raksasa kuntilanak ini ? Ngeri-ngeri asik sih kayaknya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
855SHARES