Pasangan Ini Gagal Menikah di KUA, Ternyata Karena Jenis Kelaminnya Sama!

08 September 2017
|Romlah Sundari
10SHARES

Di tengah euphoria pernikahan Raisa – Hamish dan Dion Wiyoko – Fiona, Indonesia digegerkan oleh percobaan pernikahan yang gagal pada Senin lalu. Pasalnya, pasangan yang gagal menikah ini ternyata terbukti memiliki jenis kelamin yang sama, yaitu perempuan. Hal ini baru diketahui oleh pihak keluarga perempuan saat mereka akan melangsungkan pernikahan dan segala pesta pernikahan telah disiapkan. Namun, sehari sebelum mereka dijadwalkan untuk menikah, baru diketahui bahwa sang calon mempelai pria yang mengaku bernama Pratama ternyata berjenis kelamin perempuan.

Terbukanya kedok Pratama, awalnya disebabkan karena kecurigaan pihak keluarga perempuan terhadap ciri-ciri fisik dan tingkah laku "calon suami" anaknya yang bernama Wilis Setyowati. Mereka menangkap berbagai kejanggalan dan menyampaikannya pada pihak KUA Gebang, Purworejo di mana pasangan Pratama dan Wilis dijadwalkan akan menikah. Berkas yang dibawa Nova ke KUA, yaitu KTP dan KK, semuanya menunjukkan bahwa dirinya bernama Pratama Yulianto dan berjenis kelamin laki-laki. Namun, karena kecurigaan pihak keluarga, maka pihak KUA bersama Puskesmas Gebang melakukan pemeriksaan fisik dan menemukan bahwa Pratama adalah seorang perempuan yang bernama asli Nova. Karena pernikahan sesama jenis merupakan tindakan yang illegal dan tidak diakui negara, maka tentu saja pernikahan Nova dan Wilis dibatalkan. 

Nova dan Wilis pertama kali bertemu saat bekerja bersama di sebuah perusahaan tekstil di Tangerang. Dari menjadi rekan kerja, mereka jatuh cinta dan lantas berpacaran selama tujuh tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Selama tujuh tahun berpacaran tersebut, Nova dan Wilis diketahui telah tinggal bersama. Sadar betul bahwa pernikahan sesama jenis dilarang di Indonesia, Nova nekat memalsukan identitas dan menyamar sebagai laki-laki demi menikahi Wilis. Ia mengaku bahwa ia sangat menyayangi Wilis hingga ia nekat menyamar.

Pihak keluarga Wilis yang merasa ditipu lantas melaporkan Nova ke polisi. Kini, Nova terjerat kasus pemalsuan dokumen dan terancam dipenjara selama enam tahun. Untungnya, persiapan pesta pernikahan yang telah dilakukan oleh keluarga Wilis tidak terbuang sia-sia karena meski Wilis gagal menikah, justru adik Wilis yang bernama Wirantri yang menggantikan kakaknya untuk duduk di pelaminan. Ia menikahi seorang pemuda asal Purworejo bernama Eri di hari yang sama dengan jadwal pernikahan Wilis.

Mungkin Nova dan Wilis terinspirasi oleh keberhasilan pernikahan sesama jenis yang terjadi di Batam pada tahun 2012 silam. Seperti Nova, pasangan ini memalsukan identitas dan menikah secara ekspres di KUA Seibeduk, Batam. Meski akhirnya tertangkap dan terungkap identitas aslinya, namun pasangan ini sempat mencicipi kehidupan pernikahan selama beberapa saat. Bagaimanapun, hukum di Indonesia memang tidak mengizinkan pernikahan sesama jenis sehingga upaya menikah oleh pasangan sesama jenis dengan memalsukan dokumen jelas merupakan tindakan kriminal. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
10SHARES