Nostalgia Yuk, Inilah 7 Tempat Paling Gaul di Jakarta yang Sudah Punah

edge.alluremedia.com.au

Di era 90-an dahulu ternyata ada beberapa tempat di Jakarta yang jadi titik berkumpulnya anak muda. Gak cuma anak muda sih, yang tua juga banyak yang suka ikut juga. Namun sayangnya tempat-tempat tersebut sudah tidak ada alias dialihfungsikan menjadi tempat lain. Nostalgia sebentar yuk, inilah 7 tempat paling gaul di Jakarta yang sudah punah versi YuKepo!

1. Taman Ria Senayan

www.jakarta.go.id

Kalau sekarang-sekarang ini kita bisa nemuin theme park permanen di Jakarta ya cuma Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol. Dulu Dufan punya pesaing terberatnya yang berada di kawasan Senayan. Nama theme park tersebut adalah Taman Ria Senayan. Memang sih wahana yang ditawarkan di Taman Ria ini gak sebanyak di Dufan, tapi lumayanlah buat jadi alternatif hiburan yang gak usah jauh-jauh pergi ke kawasan Jakarta Utara. Lokasi Taman Ria ini pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting filmnya Rhoma Irama lho, selain itu sinetron Saras 008 juga sering menjadikan Taman Ria ini menjadi salah satu latar favoritnya. Siapa yang dulu pernah main di Taman Ria?

2. Maduma

catatansiubay.files.wordpress.com

Maduma ini merupakan istilah dan nama tempat yang digunakan para generasi 90-an. Maduma merupakan singkatan dari Makan Duduk Mabuk. Nah Maduma ini bertempat di Parkir Timur (Parkit) Senayan. Dari namanya aja udah jelas kan apa aja kegiatan yang dilakukan para anak muda di Maduma ini? Apa lagi kalau bukan makan, duduk, dan mabuk. Urutannya bisa diubah sesuka hati kok. Selain itu, banyak anak muda yang datang ke tempat ini untuk pamer mobil berikut sound system-nya. Keren juga ya?

3. Poster Cafe

reggae-steady-ska.com

Poster Cafe menjadi salah satu tempat yang paling bersejarah dalam perkembangan musik indie di Jakarta. Poster Cafe berada di kawasan Museum Satria Mandala. Di tempat inilah biasanya anak muda Jakarta berkumpul untuk menikmati sajian musik British Pop dan Ska hanya dengan harga tiket kurang dari Rp 10.000. Para musisi Tanah Air terutama Jakarta jelas sekali pernah merasakan pengaruh Poster Cafe yang sangat kuat. Beberapa band seperti Naif, Club Eighties, Superglad, The Upstairs, dan Souljah paham banget dengan bagaimana kerennya cafe ini.

4. Museum Ripley’s

1.bp.blogspot.com

Kalian pasti tau kan tentang acara tv yang menunjukkan hal-hal aneh ini? Ripley’s Believe it or not memang jadi salah satu acara tv paling favorit kala itu. Nah, ternyata Ripley’s sempat membuka museumnya di Jakarta, tepatnya di Pondok Indah Mall. Lokasi museum Ripley’s ini sudah berubah menjadi Street Gallery. Keberadaan museum ini juga jadi alternatif biar gak cuma window shopping doang kalau ke mall.

5. Aquarius Mahakam

2.bp.blogspot.com

Daerah Mahakam memang bisa dibilang menjadi tempat kumpulnya anak muda dari dulu hingga kini. Apalagi kalau malam, banyak berjejer tukang gultik (gulai tikungan) yang rasanya sedap betul. Nah di kawasan ini pernah berdiri sebuah toko musik yang sangat populer. Pada era rilisan fisik begitu digilai oleh para penikmat musik, tempat ini jadi salah satu tujuannya. Namun ketika datang era digital, Aquarius kurang mampu mengikuti perkembangan. Hingga akhirnya toko yang dibuka tahun 1987 ini harus tutup di tahun 2013.

6. Skate Park Kemang

i.ytimg.com

Di tahun 1990-an Jakarta memang sedang digandrungi olahraga Skateboard. Karena menjamurnya peminat olahraga ini, didirikanlah sebuah skate park di kawasan Kemang. Memang sudah gak ada sih sekarang, tapi kalau mau nostalgia bisa kok diliat dari klip video milik Andien ini.

7. Toko bunga Barito

jakartakita.com

Bunga menjadi salah satu alternatif hadiah valentine untuk pacar. Tapi kalau kamu berdomisili di Jakarta Selatan kayaknya terlalu jauh ke Rawa Belong hanya untuk beli bunga. Nah, para generasi selatan 90-an biasanya beli bunga di kawasan Barito, Jakarta Selatan. Soal harga memang sedikit lebih mahal daripada Rawa Belong sih, tapi tempat ini selalu jadi tempat favorit untuk beli bunga. Sayangnya toko-toko bunga tersebut sudah digusur menjadi tempat yang lebih baik yaitu Taman Ayodya.

Nah itulah tadi beberapa tempat paling gaul di Jakarta yang kini sudah punah. Untungnya beberapa tempat di atas dialihfungsikan menjadi tempat yang lebih baik. Munculnya tempat-tempat nongkrong baru memang belum tentu bisa menggantikan tempat favorit di atas. Namanya kenangan, walaupun tempatnya udah gak ada tetap bakalan dikenang di hati.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Kesalahan Soeharto Paling Fatal yang Masih Membekas di Hati Rakyat Indonesia

Inilah Kesalahan Soeharto Paling Fatal yang Masih Membekas di Hati Rakyat Indonesia

Fakta Tentang Patung Pancoran dengan Nama Asli Patung Dirgantara Ini Perlu Kamu Ketahui

Fakta Tentang Patung Pancoran dengan Nama Asli Patung Dirgantara Ini Perlu Kamu Ketahui

Inilah Kisah Cinta Bung Hatta yang Dicampurtangani oleh Bung Karno

Inilah Kisah Cinta Bung Hatta yang Dicampurtangani oleh Bung Karno

Simak Fakta tentang Patung Garuda Wisnu Kencana yang Jadi Patung Tertinggi di Dunia

Simak Fakta tentang Patung Garuda Wisnu Kencana yang Jadi Patung Tertinggi di Dunia

Masa Kecilmu Pasti Bahagia Kalau Pernah Baca 7 Cerita Rakyat Indonesia Ini

Masa Kecilmu Pasti Bahagia Kalau Pernah Baca 7 Cerita Rakyat Indonesia Ini

Inilah Deretan VJ MTV Indonesia yang Bikin Kamu 100% Anak Muda!

Inilah Deretan VJ MTV Indonesia yang Bikin Kamu 100% Anak Muda!

loading