Nggak Pakai Nama Asli dan Istrinya Banyak, Ini 8 Fakta Mengejoedkan Pangeran Diponegoro!

10 Januari 2018
|Median

Begitu mendengar nama Pangeran Diponegoro, kata pertama kali yang muncul dalam benak kita adalah pahlawan nasional. Ya, beliau memang seorang pejuang sekaligus pemimpin yang dengan keberanian dan kecerdikannya selalu berjuang untuk terus melawan penjajahan Belanda. Saking cerdiknya, beliau bisa bertahan untuk terus melawan penjajah selama lima tahun (1825—1830), bahkan Perang Jawa yang beliau kobarkan telah menguras keuangan Belanda habis-habisan, sebelum akhirnya beliau berhasil disiasati, ditangkap, dan diasingkan ke Manado lalu ke Makassar. Selain hal-hal tersebut yang pasti sudah kamu tahu, ada hal-hal menarik lain juga nih yang harus kamu tahu tentang Pangeran Diponegoro, seperti fakta-fakta yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber berikut ini nih. Yuk, kepo!

1. Diponegoro bukanlah nama asli sang Pangeran

Kalau tidak benar-benar mempelajari sejarah, mungkin kita menganggap bahwa nama asli putra sulung Sri Sultan Hamengku Buwono III itu ya memang Diponegoro. Ternyata anggapan itu salah karena nama asli Pangeran Diponegoro adalah Bendara Raden Mas Antawirya. Jadi Diponegoro merupakan gelar kebangsawanan sang Pangeran yang diambil dari bahasa Sansekerta, yaitu dipa yang berarti ‘cahaya’ dan nagara yang berarti ‘negara’.

 

2. Penunggang kuda yang tangkas dan hebat

Sang Pangeran ini memiliki kuda cukup banyak di kediamannya di Tegalrejo, bahkan beliau mempunyai kurang lebih 60 pengurus kuda yang bertugas untuk merawat kuda-kudanya. Salah satu kudanya, Kiai Gentayu, merupakan kuda yang dipilih untuk mengawani beliau selama perang melawan Belanda berlangsung. Konon, kegesitan Pangeran Diponegoro dalam menunggangi kudanya selama peperangan berlangsung sangat luar biasa, kaya di film-film perang.

3. Memiliki tujuh istri resmi

Selama hidupnya, Pangeran Diponegoro setidaknya menikah sebanyak tujuh kali. Keturunannya sampai kini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

4. Suka bercanda juga

Kalau dilihat dari foto-fotonya, air muka Pangeran Diponegoro memang nggak ada ngelawaknya sama sekali, serem sih iya. Wah, tapi konon ternyata Pangeran berperawakan sedang yang karismatik ini suka bercanda alias melucu, lho. Ya hanya saja nggak ada yang berani melucu balik dengan sang Pangeran. Takut nggak sopan kali ya atau mungkin takut kalau lawakannya malah jadinya garing.

 

5. Hobi memelihara burung

Sama seperti laki-laki Jawa pada umumnya, Pangeran Diponegoro juga suka memelihara burung, sebagai hewan kesayangan gitu. Seperti yang lainnya juga, burung peliharaan favorit beliau adalah perkutut. Itu lho burung yang suaranya merdu dan pembawa keberuntungan menurut kepercayaan orang Jawa.

6. Gemar berkebun

Nggak nyangka lho ya Pangeran Diponegoro ternyata hobi berkebun. Beliau konon suka menanam tanaman, seperti buah-buahan dan sayuran. Rajin dan unik juga hobi pahlawan kita satu ini. Patut dicontoh.

7. Mempunyai kebiasaan mengunyah sirih

Jiwa Jawa-nya sang Pangeran memang kental. Seperti orang-orang zaman dulu pada umumnya, Pangeran Diponegoro juga memiliki kebiasaan mengunyah sirih atau menginang sehingga mulutnya selalu berwarna merah. Selain itu, beliau juga suka mengisap rokok lokal, yaitu tembakau yang dibungkus daun jagung.

8. Babad Diponegoro memperoleh penghargaan dari UNESCO

Tidak hanya Pangeran Diponegoro, karya Pangeran Diponegoro ternyata juga terkenal, bahkan sampai diapresiasi dunia. Karya tulisan yang berisi penuturan langsung Pangeran Diponegoro, Babad Diponegoro, telah memperoleh penghargaan dari UNESCO dan telah disahkan pada tahun 2013. Karya sastra klasik Nusantara yang berisi riwayat hidup sang Pangeran tersebut ditetapkan sebagai Ingatan Kolektif Dunia. Beneran prestasi yang luar biasa. Sudah pernahkah kamu membacanya?

Selama ini sebagian besar dari kita mengetahui Pangeran Diponegoro hanya seputar kisah perjuangannya dalam melawan penjajah, jadi cukup mencengangkan juga ya ketika mengetahui fakta-fakta menarik tentang Pangeran Diponegoro di atas. Oke deh, jadi fakta mana aja nih yang paling di luar perkiraanmu?   

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
SHARES