Nggak Keterima Seleksi CPNS? Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Baper!

08 September 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Seleksi CPNS yang baru dilangsungkan kembali tahun ini setelah selama dua tahun ditutup oleh Moratorium CPNS menjadi serbuan jutaan masyarakat Indonesia. Seleksi CPNS periode pertama dilangsungkan untuk dua instansi pemerintahan, yaitu Kemenkumham dan Mahkamah Agung. Seleksi ini telah dibuka pendaftarannya pada awal Agustus lalu dan baru saja diumumkan bagi peserta yang memenuhi syarat secara administratif pada awal bulan September ini. Pascapengumuman seleksi administrasi CPNS, pasti terdapat wajah-wajah muram akibat tertolak. Tentu saja, namanya juga seleksi, pasti ada lebih banyak orang yang tidak lolos daripada yang lolos.

Meski mengalami penolakan, sebenarnya kamu tidak perlu kecewa dan baper. Ingin tahu kenapa? Cek alasan-alasan di bawah, ya!

1. Kemungkinan untuk diterima sebagai PNS di periode pertama ini memang persentasenya hanya 0,016%

Kesempatan untuk menjadi PNS di bukaan lowongan periode pertama ini memang sangat minim. Karena setelah ditutup selama dua tahun, kini jutaan orang yang telah bermimpi menjadi PNS langsung terjun dan membanjiri pendaftaran CPNS tahun ini. Sementara itu, lowongan yang dibuka hanya berjumlah belasan ribu. Menurut hitung-hitungan Yukepo nih, di lembaga Kemenkumham saja terdapat 1.116.138 pendaftar, sedangkan posisi yang tersedia hanyalah untuk 17.962 orang sehingga kemungkinan untuk diterima hanyalah 1:62, atau 0,016 persen.

2. Nggak cuma kamu yang ditolak kok, lebih dari sejuta orang lain juga akan mengalami nasib seperti kamu, cepat atau lambat

Karena lowongan yang dibuka hanya berjumlah belasan ribu, maka akan ada jauh lebih banyak orang yang gagal dalam seleksi CPNS daripada mereka yang berhasil sehingga di setiap tahap seleksi kamu akan menemukan orang-orang yang bernasib sama denganmu. Cepat atau lambat, kamu akan menemukan bahwa ada begitu banyak orang yang juga mengalami pahitnya ditolak oleh pemerintah. Bukankah penderitaan akan menjadi jauh lebih ringan jika kamu tidak sendirian?

3. Menjadi PNS, meski menggiurkan, sebenarnya minim tantangan dan akan sulit membuatmu berkembang

Iya, jadi PNS memang menggiurkan karena pekerjaan yang satu ini menawarkan kepastian masa depan berupa uang pensiun. Namun, pekerjaan sebagai PNS sebenarnya cenderung stagnan dan tidak memberikan banyak ruang untuk berinovasi dan berkembang. Berbeda dengan bekerja di sektor swasta yang pasti banyak menuntutmu untuk terus berinovasi dan mencapai target-target tertentu. Meskipun mungkin tampaknya berat, namun bekerja di sektor swasta dapat mengasah kemampuanmu dan membuatmu terus belajar serta berkembang.

4. Gagal jadi PNS pun kamu tetap bisa berkontribusi bagi negara melalui banyak cara

Jika alasanmu untuk menjadi PNS adalah alasan mulia karena ingin mengabdi pada negara, tenang saja. Meskipun ditolak pada seleksi CPNS, kamu tetap bisa kok berkontribusi bagi negara. Ada banyak cara bagimu untuk memberi sumbangsih positif pada negara dan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menjadi pengusaha. Ya, meski kelihatannya menjadi pengusaha itu sesuatu yang komersil dan hanya memperkaya diri sendiri, namun sebenarnya menjadi pengusaha dapat membantu negara dalam berbagai hal. Pertama, dengan membayar pajak usaha kita telah menyumbang bagi pendapatan negara. Kedua, menjadi pengusaha berarti kita membantu mengurangi angka pengangguran dalam negeri. Ketiga, jika kita menjadi pengusaha dan produk kita bisa mencapai pasar internasional, kita akan turut mengharumkan nama negara.

5. Bagi kamu yang mendaftar CPNS padahal sudah punya kerjaan tetap, mending fokus aja ke kerjaanmu sekarang

Apalagi kamu-kamu yang mendaftar CPNS selagi masih memiliki pekerjaan tetap, nggak perlu baper! Karena kamu masih jauh lebih beruntung daripada ribuan atau bahkan jutaan pengangguran lainnya. Kamu bisa berfokus saja pada pekerjaanmu kini karena siapa tahu pekerjaan ini akan membawamu menuju kesuksesan yang lebih dari sekadar menjadi PNS. Hal yang paling penting adalah menjalani setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan konsisten, maka lambat laun kerja kerasmu pasti akan terbayar dengan kesuksesan.

Jadi, nggak perlu baper lagi, ya, kalau gagal pada seleksi CPNS tahun ini!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES