Nggak Disangka-sangka, 10 Merk Asli Indonesia Ini Ternyata Sudah Mendunia!

21 Juni 2017
|Chandra W.
2.6 KSHARES

Pernah nggak sih beli barang atau makanan yang kita pikir merk luar negeri yang sudah mendunia, tapi ternyata setelah dicari tahu, barang atau makanan itu asli Indonesia. Padahal enak banget, atau bagus banget sampai kadang-kadang rasanya sulit percaya itu hasil buah karya anak bangsa. Hmm, nggak boleh gitu ya mulai sekarang. Sepuluh merk di bawah ini membuktikan bahwa hasil karya anak-anak Indonesia patut diacungi jempol dan nggak kalah saing sama produk luar.

1. Radio Kayu Magno yang elegan dan ramah lingkungan ini sudah mendunia

Radio klasik buatan Singgih Kartono dari Jawa Tengah ini sudah diekspor ke beberapa negara Eropa, lho. Dari hasil penjualan radio, Singgih menanam kembali pohon-pohon bahan baku radio di desanya, Kandangan, di kaki Gunung Sumbing.

2. Siapa yang nggak kenal sama penganan manis satu ini? Yup. Donat J.Co

Donat favorit kita di Indonesia ini ternyata memang buatan asli putra Indonesia bernama Jhonny Andrean, kedai pertamanya dibuka di Supermall Karawaci pada tahun 2005. Hingga kini J.Co sudah merajalela di beberapa negara di Asia Tenggara, di antaranya Filipina dan menjadi donat favorit juga di sana.

3. Handuk Terry Palmer, mendunia sejak 1988

Diproduksi oleh PT. Indah Jaya pada tahun 1962 untuk pasar lokal, mutunya yang baik dan berkualitas tinggi mendorong handuk Terry Palmer untuk diekspor ke Eropa pada tahun 1988. Pada tahun 2002, ekspor merambah produk garmen dan terus meningkat sampai sekarang.

4. Kriuk Kacang Dua Kelinci asal Pati, Jawa Tengah sampai ke seluruh dunia

Dibuat dengan nama merk pertama "Sari Gurih" yang merupakan pabrik untuk menampung kacang hasil panen petani lokal, kacang yang diproduksi oleh suami dan istri Bapak Ho Sie Ak dan Ibu Lauw Bie Giok mulai tahun 1972 terus mengalami perkembangan hingga sekarang bisa mendunia dari Afrika sampai Amerika. Keren banget!

5. LEA Jeans, merk Indonesia yang sering dikira dari Amerika

Diproduksi oleh PT. Lea Sanent di Tangerang, Banten mulai tahun 1976 dengan fokus produk garmen dan aksesoris bergaya Amerika, LEA Jeans sering dikira produk asli Amerika.

6. Kopiko, permen yang bikin melek

Produk pengganti kopi buatan Mayora Group tahun 1948 ini sekarang sudah menjamah lebih dari 90 negara di Indonesia. Memang rasanya enak dan nendang, bikin nggak jadi ngantuk.

7. Kalau yang ini sering dikira merk Italia

Elegan dan memiliki nama seperti dari Italia, keramik produksi PT. Intikeramik Alamasri Industri Tbk dengan merk Essenza ini juga sudah diekspor ke berbagai negara.

8. Santai, belum lengkap tanpa...

Meskipun merknya terdengar kebarat-baratan, ternyata cokelat yang enak banget ini asli Indonesia, lho. Siapa yang suka cemilin?

9. Minuman yang bikin kuat

Minuman energi yang diproduksi oleh PT. Bintang Toedjoe ini ternyata sudah dipasarkan di hampir seluruh negara-negara di Asia Tenggara, ditambah Nepal, India, Nigeria, dan New Zealand.

10. Mie instan kebanggaan anak kos se-Indonesia Raya

Kalau yang ini sih, nggak usah dijelasin juga pada tahu, 'kan?

Ada yang mau nambahin?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2.6 KSHARES