Ngeri! Di Tempat-tempat Inilah Soekarno Menikmati Kekejaman Pemerintah Belanda

cikidaw99.wordpress.com

Lagi-lagi nih YuKepo gak ada bosen-bosennya untuk ngebahas tokoh proklamator Indonesia ini. Soalnya, bahasan tentang beliau memang gak ada habisnya juga sih ya. Kalau kemarin kita sudah bahas kisah Bung Karno dengan mengorek sisi yang lebih pribadi, kali ini YuKepo mau bahas tentang kisah pengasingan Soekarno di berbagai tempat. YuKepo udah merangkum 6 tempat yang digunakan sebagai tempat pengasingan Soekarno.

Kenapa sih pake diasingin segala? Ya namanya juga seseorang yang memiliki pandangan berbeda dengan para penjajah, otomatis sosok Soekarno dianggap berbahaya karena bisa memobilisasi massa untuk melawan penjajah. Makanya Soekarno harus diasingkan dari hiruk-pikuk kota dan politik. Ya kurang lebih seperti itu sih ya.

Penasaran ya kira-kira Soekarno diasingkan ke tempat yang seperti apa sih? Yuk, langsung aja kita kepoin. Yuk yuk yuk!

1. Kepulauan Bangka

indonesianlandmarks.wordpress.com

Paska Agresi Militer Belanda pada akhir tahun 1948, Soekarno dan beberapa tokoh penting lainnya pernah diasingkan di Pulau Bangka,  tepatnya  di Wisma Ranggam daerah Muntok. Soekarno dan beberapa tokoh lain sengaja diasingkan agar tidak mengganggu upaya Belanda dalam melakukan agresinya. 

2. Penjara Bantjeuy

www.bennyrhamdani.com

Soekarno diasingkan ke penjara Bantjeuy sekitar akhir tahun 1929. Alasannya masih sama tuh, Soekarno diasingkan bersama para tokoh politik lainnya dikarenakan agenda politik dalam meruntuhkan pemerintahan Belanda. Untung saja ada Inggit Ganarsih yang waktu itu adalah istrinya yang bersedia menyusupkan beberapa buku yang dipesan Soekarno. Selain Inggit, ternyata ada juga penjaga sel yang secara rutin memberikan surat kabar. Hasilnya, Soekarno walaupun ada di penjara tapi tetap bisa mengetahui keadaan politik negara. 

3. Penjara Sukamiskin

www.reportasedemokrasi.com

Soekarno mendiami sel yang dahulu bernomor 233 di penjara Sukamiskin, Bandung. Beliau ditangkap pada Agustus 1930 atas tuduhan subversif terhadap pemerintahan Hindia Belanda pada saat itu. Soekarno menceritakan kisahnya  tentang penjara Sukamisin pada kumpulan tulisannya “Di Bawah Bendera Revolusi”  yaitu kehidupannya di Sukamiskin lebih sulit ketimbang di Bantjeuy. Di Sukamiskin Soekarno merasa kegiatan membaca, menulis dan berpikirnya begitu macet. Selain itu, untuk bertemu Inggit Ganarsih pun sangat sulit. 

4. Ende

www.satyawinnie.com

Soekarno diasingkan di Ende, Flores  selama 4 tahun yaitu pada tahun 1934 hingga 1938. Kali ini masih sama yaitu akibat perlawanannya terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Soekarno dan keluarga dibuang jauh ke luar Pulau Jawa. Membuatnya sempat merasa kalah dan sempat berpikir untuk menyerah. 

5. Bengkulu

www.boombastis.com

Soekarno diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942. Di Bengkulu ini pula kisah cintanya dengan Fatmawati dimulai. Saat ini tempat Soekarno diasingkan ini menjadi salah satu tempat wisata dengan pemeliharaan tempatnya yang cukup baik.

6. Parapat

weekotwit.blogspot.co.id

Soekarno diasingkan di sini gak seorang diri lho. Ternyata ada Sjahrir dan Agus Salim juga di sini bersama Soekarno. Soekarno dan kedua rekannya tersebut diasingkan di Parapat ini pada tahun 1949. Rumah yang terletak di pinggiran Danau Toba itu saat ini berfungsi sebagai mess Pemerintah Daerah. 

Tadi adalah ke 6 tempat pengasingan Soekarno sejak sebelum memproklamirkan kemerdekaan Indonesia hingga paska kemerdekaan. Orang sehebat ini memang menjadi ancaman yang cukup besar bagi pemerintah Hindia Belanda. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Trik dan Cara Melihat Stalker IG Paling Mudah | Keepo.me

Trik dan Cara Melihat Stalker IG Paling Mudah | Keepo.me

Apa Jadinya Indonesia Jika Rencana Tata Negara Presiden Soekarno Dilaksanakan?

Apa Jadinya Indonesia Jika Rencana Tata Negara Presiden Soekarno Dilaksanakan?

10+ Rekomendasi Board Game Terbaik dan Dijamin Seru | Keepo.me

10+ Rekomendasi Board Game Terbaik dan Dijamin Seru | Keepo.me

Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

loading