Mulai dari Rambut Singa Sampai Bulu Ketiak, Inilah Definisi Cewek Cantik Tahun 80-an!

23 Agustus 2017
|Romlah Sundari
53SHARES

Jika berbicara mengenai definisi cewek cantik, kita pasti teringat akan Angelina Jolie, Chelsea Islan, atau Anggun C. Sasmi. Cewek-cewek ini melambangkan kecantikan masa kini yang begitu beragam, namun dengan karakteristik tertentu yang membuat mereka ini dianggap cantik. Masyarakat memang memiliki standard tertentu untuk mengukur kecantikan seseorang. Mulai dari warna kulit hingga bentuk kuku memiliki karakteristik idealnya masing-masing yang lantas dijadikan sebagai ukuran kecantikan seseorang.

Tapi, tahukah kamu bahwa standard kecantikan itu berubah dari waktu ke waktu? Dulu, cewek gemuk dianggap cantik karena melambangkan kesuburan. Beberapa waktu kemudian, asumsi bahwa cewek gemuk itu cantik digantikan dengan pengidolaan terhadap tubuh kurus ala super model. Sekarang, tubuh kurus ala super model pun mulai tergeser dengan tubuh montok ala keluarga Kardashian. Melihat hal ini, penasaran nggak kamu dengan standard kecantikan di masa lalu? YuKepo sih penasaran. Oleh karena itu, YuKepo udah kumpulin nih hal-hal yang menjadi ukuran kecantikan cewek tahun 80-an yang ternyata beda jauh dengan standard kecantikan yang ada di masa sekarang. Penasaran? Yuk, kepo!

1. Cewek cantik 80-an itu bertubuh sintal. Sekarang, tubuh fit itu yang cantik

Coba perhatikan artis-artis cantik Indonesia tahun 80-an. Hampir semuanya pasti memiliki tubuh yang sintal dan montok. Mereka yang memiliki bentuk tubuh seperti ini dulu memang diidolakan. Namun, kini tren tubuh sintal telah tergeser dengan tubuh fit ala atlet. Kini, para cewek justru berlomba-lomba untuk mendapatkan perut six pack dan pantat kencang alih-alih memperhatikan ukuran payudara maupun lingkar pinggang.

2. Rambut yang mengembang justru terlihat seksi. Sekarang, rambut yang ikal-ikal lucu ala cewek Korea-lah yang terlihat seksi

Jika kini tipikal cewek cantik di Indonesia adalah mereka yang berambut lurus atau ikal-ikal halus ala cewek Korea, ternyata zaman dulu tidak seperti ini, lho. Dulu, cewek cantik justru berupaya mem-blow rambutnya agar terlihat mengembang dan "besar". Lihat saja rambut iKon kecantikan zaman dulu seperti Meriam Bellina dan Eva Arnaz, semuanya memiliki "rambut singa" yang banyak dihindari oleh cewek zaman sekarang.

3. Tahun 80-an: Make up makin menor makin oke. Sekarang: "No Make up" Make up Look

Pernah nggak kamu ngintipin akun beauty vlogger di YouTube? Rata-rata mereka pasti pernah kasih tutorial "No Make up" Make up look yang berarti mereka menggunakan make up dengan sedemikian rupa agar terlihat seperti tidak menggunakan make up. Lho, maunya gimana? Jangan bingung dulu, sebenarnya "No Make up" Make up look ini bertujuan untuk memberikan tampilan flawless yang sangat natural sehingga menciptakan ilusi bahwa tanpa make up pun kamu tetap terlihat flawless. Padahal, di tahun 80-an, justru make up yang cantik adalah make up yang menor dengan eyeshadow berwarna-warni serta blush on dan gincu yang menyala terang. Unik, ya!

4. Asesoris besar dan meriah jadi kewajiban fashion cewek cantik 80-an. Kini, yang minimalis yang dicari.

Coba bandingkan fashion cewek tahun 80-an dengan fashion cewek zaman sekarang. Kamu pasti dapat langsung melihat perbedaan yang mencolok pada aksesoris yang dikenakan. Ya, cewek tahun 80-an suka sekali mengenakan aksesoris yang mencolok seperti anting-anting besar dan berwarna-warni atau aksesoris rambut yang memenuhi seluruh kepala. Cewek zaman sekarang justru malu jika harus mengenakan aksesoris seperti ini. Mereka lebih memilih untuk tidak memakai aksesoris atau mengenakan aksesoris yang minimalis saja.

5. Bulu ketiak yang lebat dulu dianggap seksi. Sekarang, cewek berbulu ketiak justru bikin il-feel.

Ide menumbuhkan dan memamerkan bulu ketiak pasti membuat cewek zaman sekarang nyengir. Bagaimana tidak, cewek-cewek masa kini pasti rela mengorbankan banyak waktu dan biaya demi penampilan mulus yang bebas dari bulu tubuh. Mereka rela merogoh kocek hingga jutaan demi terbebas dari bulu-bulu tubuh yang dianggap merusak penampilan. Beda halnya dengan cewek zaman dulu yang justru dengan percaya diri memamerkan bulu ketiaknya dengan mengenakan baju tanpa lengan. Bulu ketiak yang lebat bagi cewek zaman dulu justru terlihat seksi. Zaman sekarang, menumbuhkan bulu ketiak malah justru menjadi bentuk pernyataan penolakan terhadap sistem patriarkis maupun pengekangan sosial terhadap tubuh perempuan. Hmm, kalau seperti itu alasannya sih, cewek berbulu ketiak di masa sekarang pun tetap akan terlihat seksi, ya.

Nah, gimana menurutmu? Lebih cantik mana cewek, nih? Cewek tahun 80-an atau cewek zaman sekarang?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
53SHARES