Miris, Tergerus Modernisasi Suku Pedalaman di Indonesia ini Akan Punah

www.superadventure.co.id

Siapa sangka di dunia yang sudah modern seperti sekarang ternyata masih banyak suku pedalaman di Indonesia yang benar-benar jauh dari kata modern? Keadaannya 180 derajat berbeda dengan kita yang tinggal di perkotaan. Kita masih mengenal yang namanya listrik dan kendarann. Mereka? Boro-boro.

Di keadaan mereka yang makin terhimpit menyebabkan populasi mereka terus berkurang dari tahun ke tahun. Siapa yang tau kalau 50 tahun ke depan mereka sudah punah? Janganlah ya, justru kan itu yang membuat Indonesia semakin beragam.

YuKepo sudah merangkum beberapa suku pedalaman di Indonesia yang hampir punah. Bahkan ada beberapa suku yang populasinya hanya ratusan jiwa. Penasaran? Langsung aja yuk kepoin.

1. Suku Anak Dalam

www.geotour.id

Suku anak dalam adalah suku pedalaman asli Indonesia yang mendiami pedalaman Jambi dan Sumatra Selatan. Suku anak dalam merupakan nama yang diberikan oleh pemerintah pada tahun 1990 untuk menamai sejumlah suku yang ada di Jambi. Suku-suku tersebut ada Orang Rimba, Suku Bathin IX dan beberapa suku lagi di pesisir timur kota Jambi. Populasi untuk suku Anak Dalam secara keseluruhan berjumlah sekitar 200.00 jiwa. Sedangkan populasi untuk Orang Rimba tersendiri terdapat sekitar 3.700 jiwa.

2. Suku Baduy

www.hipwee.com

Suku Baduy adalah suku pedalaman etnis Sunda yang tinggal di wilayah Lebak Banten. Suku yang terbagi atas Baduy Luar dan Baduy dalam ini memiliki populasi keseluruhan sekitar 5000 hingga 8000 jiwa. Suku yang mayoritas menganut kepercayaan Sunda Wiwitan ini memang sedari dulu memandang teguh peraturan yang sudah dibuat oleh karuhun atau arwah leluhur.

3. Suku Korowai

alisyarief.com

Suku Korowai adalah suku pedalaman Papua yang baru diketahui keberadaannya sekitar 30 tahun lalu. Saking tertutupnya, hingga tahun 1970 mereka tidak mengetahui adanya keberadaan orang lain selain kelompok mereka. Suku yang memiliki total populasi sekitar 3000 jiwa ini tinggal di rumah-rumah pohon yang bahkan ada yang mencapai 50 meter tingginya.

4. Suku Sakai

newsdesa.wordpress.com

Suku Sakai atau Orang Sakai adalah suku pedalaman Sumatera yang masih hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Suku yang memiliki populasi berjumlah 4.995 jiwa ini menganggap diri mereka berasal dari Negeri Pagaruyung (Kerajaan di Sumatera Barat 1347 – 1825).

5. Suku Togutil

www.imgsta.com

Suku Togutil atau Suku Tobelo Dalam adalah suku pedalaman yang masih hidup nomaden di sekitar beberapa hutan yang ada di Halmahera, Maluku Utara. Suku yang memiliki populasi sekitar 600 orang ini tidak mau disebut sebagai Togutil karena memiliki arti “terbelakang”. 

6. Suku Polahi

nasrudinkb.wordpress.com

Suku Polahi adalah suku yang mendiami hutan pedalaman Gorontalo. Berbagai sumber menyebutkan bahwa Suku Polahi melarikan diri pada saat zaman penjajahan karena tidak mau dijajah Belanda. Karena hidup terasing di pedalaman hutan Boliyohuto Provinsi Gorontalo, gak heran kalau saat ini populasinya bersisa sekitar 500 orang.

7. Suku Bauzi

www.indonesiatravelingguide.com

Tanah Cendrawasih memang masih memiliki banyak suku pedalaman yang hidup di sana. Seperti Suku Bauzi yang masuk dalam daftar 14 suku paling terasing di dunia menurut sebuah lembaga misi dan Bahasa Amerika Serikat Summer Instittute of Linguistic (SIL). Suku yang memiliki total populasi sekitar 1500 hingga 2000 jiwa ini memang sulit diidentifikasi karena luasnya hutan belantara, rawa, lembah, pegunungan hingga sungai yang berkelok seperti menyembunyikan mereka dari dunia luar.

Miris ya mengetahui angka populasi suku-suku tersebut? Pilihan mereka untuk menolak dimodernisasi memang bukan kesalahan. Tapi justru melestarikan kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

Simak 10 Mobil Antik Soekarno yang Bikin Gayamu Makin Berkelas

Simak 10 Mobil Antik Soekarno yang Bikin Gayamu Makin Berkelas

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

Indonesia Patut Bangga, Prestasi Kontingen Garuda Berhasil Ciptakan Perdamaian Dunia

Indonesia Patut Bangga, Prestasi Kontingen Garuda Berhasil Ciptakan Perdamaian Dunia

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Ngeri! Di Tempat-tempat Inilah Soekarno Menikmati Kekejaman Pemerintah Belanda

Ngeri! Di Tempat-tempat Inilah Soekarno Menikmati Kekejaman Pemerintah Belanda

loading