Menyimpan Berbagai Kekayaan Seni Bersejarah, Pulau Kisar di Indonesia Justru Diteliti Negara Lain!

28 April 2018
|Pandu Rijal Pasa
5SHARES

Sudah menjadi rahasia umum bahwa negeri kita memiliki banyak pulau dimana banyak diantaranya belum pernah dijamah sama sekali. Karena belum banyak dieksplorasi, kita sendiri tidak mengerti betul tentang apa saja yang ada di dalam pulau-pulau tersebut. Termasuk diantaranya adalah pulau yang memiliki gua dengan segudang lukisan yang justru eksplorasinya dilakukan oleh para peneliti dari The Australian National University (AUN). Tim peneliti tersebut menemukan sejumlah 28 situs seni dari batu cadas yang sudah berumur kurang lebih 2.500 tahun. Pulau bersejarah ini dikenal dengan nama Pulau Kisar.

Pulau Kisar ini tidak begitu besar. Luasnya hanya 81 kilometer persegi dan berlokasi di bagian utara Timor Leste. Mungkin memang pulau ini pernah dijajaki sebelumnya, namun secara arkeologis, lokasi ini masih sangat bersih. Belum pernah ada yang meneliti sampai sejauh itu.

Padahal, para peneliti tersebut menemukan lukisan di dalam gua yang menggambarkan betapa Indonesia pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah selama ribuan tahun. Lukisan yang ada di dinding-dinding gua itu benar-benar membantu menceritakan sejarah dari perdagangan serta kebudayaan di kawasan ini. Menarik, kan?

Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa adanya indikasi keterkaitan sejarah bersama yang lebih kuat dengan pulau tetangga, yaitu Timor. Lukisan-lukisan yang ada mirip sekali dengan yang ada di ujung Timor-Leste, contohnya seperti penggambaran ukuran manusia serta hewan yang sangat kecil namun sangat dinamis. Keterikatan ini diduga berasal dari jaman Neolitikum ketika pemukim Austronesia mulai memasuki area tersebut dan mengenalkan hewan piaraan seperti anjing serta mungkin juga jenis makanan berbijih atau serealia. 

Selain dengan daerah Timor, ada pula kemiripan yang cukup erat dari tokoh dan juga gambar yang dilukis dengan yang ada pada drum logam buatan Vietnam Utara serta Cina Barat Daya sekitar 2.500 tahun lalu yang secara tidak langsung menambah kuat dugaan tanggal yang lebih baru untuk beberapa lukisan yang ada di sana. 

Banyaknya kaitan kebudayaan ribuan tahun lalu yang ada di Pulau Kisar dengan berbagai daerah lain tentu seharusnya menjadi pemantik agar kita sebagai pemilik pulau tersebut agar mau menggalinya lebih jauh untuk menemukan berbagai pelajaran di dalamnya. Siap untuk eksplorasi Indonesia lebih dalam?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
5SHARES