Menjelang Kelulusan Sekolah, Yuk Simak Dulu Makna Seragam Sekolah dari SD Hingga SMA

24 April 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Kebijakan Wajib Belajar 12 tahun memang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016 lalu. Hal ini akan membuahkan hasil mencapai target pada tahun 2019. Bukan sesuatu yang mudah memang mengingat angka pelajar di Indonesia belum mencapai keseluruhan.

Wajib belajar 12 tahun memang termasuk sekolah tingkatan SD hingga SMA atau SMK. Tentunya bagi kamu yang sudah melampauinya pasti bakalan kangen banget sama masa-masa sekolah dahulu. Mulai dari mata pelajaran hingga baju seragam yang setiap tingkatnya ganti warna.

Kamu penasaran gak sih kenapa harus dibedakan warnanya antara sekolah tingkat SD, SMP hingga SMA? Hal itu ternyata bukan kebetulan belaka lho. Setiap warna tersebut memang memiliki makna mendalam. Maka dari itu kali ini YuKepo mau bahas mengenai makna seragam sekolah dari SD hingga SMA yang mungkin belum pernah kamu tahu. Sebelum kelamaan, yuk langsung aja kita simak penjelasannya di bawah ini!

Sekolah di zaman kolonial Belanda ternyata menjadi salah satu cikal bakal mengapa penggunaan seragam di sekolah memang dibutuhkan. Sayangnya, dulu masing-masing seragam di sekolah dibedakan. Mungkin agar identitas sekolah tersebut lebih menonjol. Contohnya adalah seragam SD A beda dengan seragam SD B. Walaupun mereka masih ada di tingkatan SD namun penggunaan seragamnya berbeda.

Nah, berangkat dari situlah muncul Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 pada tanggal 17 Maret 1982 yang berisi tentang seragam wajib untuk seluruh pelajar di Indonesia. Setiap jenjang memiliki warna yang berbeda, seperti merah-putih untuk SD, putih-biru untuk SMP dan putih-abu-abu untuk SMA.

Seragam wajib untuk jenjang SD adalah putih-merah. Warna yang digunakan seperti bendera Indonesia ini rupanya memang mencerminkan jiwa para pelajar SD yang ceria, enerjik dan memiliki semangat tinggi. Dengan penggunaan warna ini menjadi suatu harapan untuk para pelajar SD yang selalu siap untuk menuntut ilmu dengan suasana yang ceria. Warna merah yang mencolok juga untuk mendorong semangat anak-anak untuk belajar dan memiliki antusias yang tinggi dalam dunia pendidikan.

Beda lagi dengan seragam SMP yang putih-biru. Gak mau kalah dengan jenjang SD, seragam SMP juga memiliki makna yang luar biasa dalam lho. Warna biru yang digunakan pada seragam SMP melambangkan rasa percaya diri, Rasa percaya diri tersebut datang dari keberhasilan mereka melewati fase pendidikan dasar di SD. Selain melambangkan rasa percaya diri, warna biru tersebut juga melambangkan kecakapan komunikasi dan interaksi yang ditopang oleh rasa percaya diri tadi. Interaksi tersebut akan tercipta baik antar teman maupun kepada guru dan sebagainya.

Menuju jenjang akhir yaitu SMA tentunya kita merasakan yang namanya seragam putih-abu-abu. Warna abu-abu di sini bukan berarti sebagai perumpamaan sikap bimbang atau galau. Abu-abu di sini merepresentasikan masa transisi dari remaja menuju dewasa. Warna ini juga menjadi simbol ketenangan dan kedewasaan yang banyak sering memengaruhi psikologis pelajar di usia SMA. Warna ini juga menjadi sebagai acuan para pelajar untuk bersikap tenang dan dewasa dalam menghadapi berbagai masalah. Warna abu-abu yang cenderung menenangkan juga bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih tenang agar mudah untuk berkonsentrasi belajar.

Nah, itulah tadi makna seragam sekolah dari SD hingga SMA yang pernah kita rasakan. Apalagi sebentar lagi masuk musim kelulusan. Daripada kamu corat-coret seragammu, mendingan kamu sumbangin aja. Sekalian kamu jelasin juga makna dari seragam tersebut supaya muncul perasaan saling menghargai. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES