Menilik Keberadaan Kampung TKW di Garut, Mayoritas Membidik Timur Tengah sebagai Negara Tujuan

17 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) memang menyumbang devisa yang sangat besar bagi negara. Tenaga kerja asal Indonesia sangat dibutuhkan di beberapa negara, apalagi hal ini disebabkan oleh semakin minimnya lapangan kerja yang tersedia di kampung halaman sendiri. Maka, cocoklah kalau para TKI disebut sebagai pahlawan devisa negara.

Ada yang unik mengenai tenaga kerja asal Indonesia, lho. Pasalnya, ada sebuah kampung yang hampir seluruh masyarakatnya merantau ke negeri seberang sebagai TKI. Kebanyakan sih perempuan atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berasal dari kampung ini. Di mana sih kampung ini berada?

Kampung Cigadog, Desa Cigadog, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini mungkin cocok apabila diberi julukan sebagai Kampung TKW. Pasalnya, mayoritas perempuan di kampung ini berprofesi sebagai TKW yang disebar di sejumlah negara, umumnya negara-negara di Timur Tengah.

Dilansir dari laman Gapuraindonesia, Kepala Desa Cigadog, Ayud Sukaedi, menuturkan bahwa hampir semua warga desa sedang atau pernah menjadi TKW. Hal ini disebabkan oleh minimnya pekerjaan yang layak di desa setempat, apalagi ditambah dengan biaya kehidupan yang semakin tinggi. Apalagi di Desa Cigadog memang tak memiliki banyak potensi selain bertani.

Para warga di Desa Cigadog sudah menjadi TKW sejak tahun 1980-an. Tiap tahunnya pertumbuhan penduduk yang menjadi TKW semakin berkembang. Walaupun jumlah TKW yang berasal dari desa ini semakin menyusut, setidaknya hingga kini masih ada sekitar 200 orang yang masih menetap di luar negeri untuk menjadi TKW.

Di hari-hari biasa tentunya para kaum laki-laki akan lebih sering terlihat berkeliaran di sekitaran desa. Tentu saja hal itu disebabkan oleh kaum perempuannya yang sedang merantau ke negeri orang dengan kontrak selama rata-rata dua tahun. Sebagian pria di desa ini masih ada yang berprofesi sebagai seorang petani, namun banyak juga kaum laki-laki yang menjadi buruh serabutan supaya dapur tetap ngebul.

Ayud Sukaedi menambahkan bahwa ada beberapa negara di Timur Tengah yang paling diminati oleh para warga desanya, seperti Qatar, Oman, Yordania, Arab Saudi, dan lainnya. Sementara beberapa pria yang menjadi TKI lebih membidik daerah Asia, seperti Korea, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Nah, itulah tadi sekilas mengenai kampung TKW yang ada di kawasan Garut, Jawa Barat. Menjadi TKI di negeri orang memang masih banyak yang memandang sebelah mata. Namun, keberadaan para pahlawan devisa negara inilah yang cukup membantu tanah air.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES