Menguak Misteri Suku Mante, Suku yang Dianggap Mitos Namun Tertangkap Kamera

29 Maret 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Belakangan ini rakyat Indonesia dihebohkan dengan munculnya penampakan salah satu manusia kerdil di Pedalaman Aceh. Makhluk tersebut diyakini sebagai salah satu manusia anggota kelompok Suku Mante yang sebelumnya dianggap hanya merupakan mitos belaka. Namun setelah keberadaannya ditemukan, apakah masih akan menjadi mitos?

Misteri Suku Mante ini muncul ketika komunitas pengendara motor trail sedang berkendara di hutan pedalaman Aceh, kemudian mereka menemukan satu makhluk asing yang diduga sebagai salah satu kelompok Suku Mante. Untungnya, penampakan misteri Suku Mante ini berhasil tertangkap kamera. Setelah video itu diunggah, Suku Mante tersebut langsung mendapatkan perhatian dari netizen. Kira-kira siapa sih sebenarnya Suku Mante itu? Kok seperti kita baru pertama kali dengar ya? Penasaran? Yuk langsung aja simak ulasan misteri Suku Mante di bawah ini!

Misteri Suku Mante ini memang dulu dianggap mitos karena memang keberadaannya yang jarang ditemukan apalagi sampai terliput kamera. Gak heran kalau memang tidak ada foto-foto atau video sebelumnya yang beredar mengenai keberadaan suku di pedalaman Aceh ini. Suku Mante ini disebut-sebut sebagai salah satu suku pembentuk Suku Aceh yang ada sekarang. Keberadaan mengenai Suku Mante sebenarnya sudah lama diceritakan dalam kisah legenda-legenda rakyat Aceh. 

Suku yang dulunya mendiami Aceh Besar ini termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Proto. Bangsa ini mendiami hutan-hutan. Sedangkan mengenai ciri-ciri fisik masyarakat Suku Mante adalah mereka memiliki tubuh yang relatif kecil. Tinggi mereka juga hanya sekitar 60 cm hingga 1 m lebih sedikit. Kulit mereka cenderung berwarna coklat dengan rambut keriting. Postur mereka juga agak bungkuk dan sangat lincah. 

Seorang peneliti sejarah sekaligus antropolog asal Belanda, Christian Snouck Hurgronje yang pernah meneliti wilayah Aceh secara keseluruhan pernah menyebutkan ciri-ciri fisik dan sikap yang persis dengan kenampakan manusia kerdil yang viral di media sosial tersebut. Nama Mante sendiri ternyata pertama kali dikenalkan oleh arkeolog ini dalam bukunya yang berjudul De Atjehers yang berarti kebodoh-bodohan atau kekanak-kanakan.

Dilansir dari Kompas.com berdasarkan investigasi mereka pada 18 Desember 1987 mereka sempat mewawancarai seorang pawang hutan yang bernama Gusnar Effendy. Gusnar mengaku menemukan Suku Mante ini hidup di tengah belantara pedalaman Lokop, Aceh Timur. Selain itu Gusnar juga memaparkan bahwa suku ini tinggal di gua-gua atau celah gunung pada malam hari, di siang hari mereka ada di alur-alur sungai. 

Selain itu, Gusnar juga bersumpah melihat langsung keberadaan Suku Mante secara berkelompok. Sekitar 60 orang. Sikap manusia kerdil tersebut saat melihat Gusnar sama seperti yang terekam di media sosial tersebut, suku pedalaman ini langsung kabur melarikan diri. 

Menurut arkeolog Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Husaini Ibrahim yang dilansir dari laman detik.com Suku Mante dianggap sebagai ras asli Aceh yang belum tercampur dengan ras lainnya. Sedangkan perawakan Aceh yang kita bisa lihat sekarang merupakan bentukan hasil interaksi dengan beberapa suku dan bangsa seperti Arab, Eropa, Cina dan Hindia. 

Nah, di atas adalah video penampakan Suku Mante yang sedang viral di media sosial. Dengan memiliki ciri-ciri fisik yang sama dengan apa yang sudah dijelaskan di atas rasanya memang benar bahwa Suku Mante belum punah. Mereka tetap ada, mereka hanya enggan untuk ditemukan oleh orang asing. Khawatir kehidupan mereka akan berakhir. 

Begitulah sekilas tentang misteri Suku Mante. Ternyata apa yang sudah dianggap punah sejak ratusan tahun lalu menunjukkan keberadaannya juga. Dengan kemunculan Suku Mante ini diharapkan bagi semua pihak untuk tidak merusak habitat alam. Penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan demi lengkapnya dokumentasi mengenai suku pedalaman ini. Selebihnya, biarkan mereka hidup dengan caranya. Jangan diusik apalagi dihilangkan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES