Menengok Keperkasaan Industri Garmen di Indonesia dalam Kancah Internasional

setkab.go.id

Kalau diperhatikan, baru belakangan inilah produk dalam negeri sedikit mendapatkan tempat di mata masyarakat Indonesia. Mungkin karena mereka menganggap bahwa produksi dalam negeri terlihat kampungan dan gak bernilai dibandingkan dengan produk impor. Kenapa bisa kayak gitu ya? Mungkin mental “dijajah” masih melekat hingga kini. Apapun yang digunakan oleh orang bule memang lebih keren dan menarik. Miris ya?

Kali ini YuKepo mau membuktikan pada kalian bahwa keperkasaan industri garmen Indonesia memang sudah mendunia, bahkan produk-produk mewah yang kamu sering gunakan saat ini bisa jadi merupakan produksi dalam negeri. Hal tersebut juga turut mengibarkan nama Indonesia di berbagai negara dengan banderol “made in Indonesia” di produk tersebut. Bangga? Sudah pasti dong. Memang sudah saatnya produk Indonesia harus bangkit mengimbangi keganasan produk dalam negeri. Bukan lagi merk terkenal yang membuatmu bangga dengan fashion item yang kamu gunakan, tapi dilihat dari banderol buatan mana produk yang kamu pakai tersebut.

abarky.blogspot.co.id

Kamu tahu gak sih ternyata beberapa produk impor yang dijual dengan harga selangit tersebut beberapa dibuat di Indonesia. Di sektor garmen atau pakaian jadi beberapa produk dunia terutama fashion ternyata dibuat di dalam negeri. Contohnya produk seperti Guess, Bershka, Zara, dan Timberland dibuat di PT. Sri Rejeki Isman (Sritex). Hal tersebut lumayan mengejutkan, mengingat pengakuan produksi dalam negeri sendiri belum begitu besar dari masyarakatnya. 

Tidak hanya mengenai produk fashion dunia yang dikerjakan oleh PT. Sritex, perusahaan garmen asal Desa Jetis, Sukoharjo, Jawa Tengah ini juga mengerjakan beberapa produk militer dunia. Setidaknya hingga kini sudah ada sekitar 30 negara yang memesan seragam pasukan militernya. Masing-masing negara tentunya memesan kemampuan seragam yang berbeda, mulai dari seragam anti radiasi yang dipesan Uni Emirat Arab hingga seragam anti infra merah yang dipesan negara Jerman.

citypost.id

Sejalan dengan PT. Sritex, PT. Pan Brothers, Tbk juga ikut menorehkan keganasan industri garmen di Indonesia di mata dunia. Pan Brothers bersama dengan 10 anak perusahaannya telah menancapkan jaringan kuat dalam bidang garmen baik di dalam negeri dan mancanegara. Pan Brothers membuat produk-produk kelas dunia seperti Nike, Adidas, The North Face, H & M, S. Oliver, Massimo Dutti, Prada, Under Armour dan masih banyak lagi. Perusahaan ini juga telah mengujicoba pemasaran dengan IKEA melalui produk cover pada sofa.

merahputih.com

Mengenai besarnya industri garmen di Indonesia pasti ada saja yang menganggap hal ini sebagai batu sandungan tersendiri bagi Indonesia. Ada yang menilai bahwa para perusahaan fashion raksasa tersebut memilih Indonesia sebagai tempat pembuatannya dikarenakan upah bayar buruh di Indonesia yang murah. Sehingga mereka (para pengusaha fahion) bisa meraup untung sebesar-besarnya. Namun tetap saja, di sisi lain kemampuan pekerja Indonesia demi membuat produk berkualitas tinggi ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Keberadaan produksi tekstil dengan kualitas wahid juga menjadi salah satu unsur penting dalam perkembangan industri garmen di Indonesia.

Pada kenyataannya, keberhasilan industri garmen di Indonesia memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Berhasilnya Indonesia mengepakkan sayap dengan label “Made in Indonesia” tersebut juga menjadi bukti bahwa para pekerja kita mampu bersaing dengan perusahaan garmen raksasa lain seperti dari Tiongkok, Kamboja, Vietnam, India bahkan Bangladesh. Kedepannya, mungkin membutuhkan para jiwa-jiwa pengusaha demi mengembangkan sektor garmen ini di kemudian hari. Semoga saja bukan hanya besar karena memproduksi fashion luar negeri, alangkah baiknya besar karena memproduksi fashion lokal.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kenapa Warna Bendera Indonesia Itu Merah dan Bukan Oranye?

Kenapa Warna Bendera Indonesia Itu Merah dan Bukan Oranye?

Nama Asli 10 Benda Ini Membuktikan Kita Jarang Pakai Bahasa Indonesia dengan Benar

Nama Asli 10 Benda Ini Membuktikan Kita Jarang Pakai Bahasa Indonesia dengan Benar

Sebentar Lagi Puasa, Inilah Berbagai Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Indonesia

Sebentar Lagi Puasa, Inilah Berbagai Tradisi Menyambut Bulan Ramadan di Indonesia

Siapa Sangka 7 Barang Tradisional Khas Indonesia Ini Ternyata Pernah Dipakai Orang Bule

Siapa Sangka 7 Barang Tradisional Khas Indonesia Ini Ternyata Pernah Dipakai Orang Bule

Beginilah Mirisnya Potret Perawatan Orang Sakit Jiwa yang Ada di Indonesia

Beginilah Mirisnya Potret Perawatan Orang Sakit Jiwa yang Ada di Indonesia

Selain Nasi Kuning dan Uduk, Jenis Nasi di Indonesia Ini Harus Kamu Cicipi

Selain Nasi Kuning dan Uduk, Jenis Nasi di Indonesia Ini Harus Kamu Cicipi

loading