Mau Belanja Tapi Bayarnya Pakai Bambu? Ya Cuma Ada di Pasar Papringan, Indonesia!

02 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
17SHARES

Indonesia kaya akan budayanya. Mulai dari Sabang sampai Merauke tak terhitung berapa banyaknya jumlah keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Salah satunya mungkin dapat dilihat dari metode transaksi yang ada di Pasar Papringan ini. Terletak di Dusun Ngadiprono Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, pasar ini dalam hal transaksi bisa dibilang sangat unik. Kenapa? Soalnya transaksi jual beli yang ada di pasar ini menggunakan mata uang yang terbuat dari bambu! Waduh, kok bisa bambu digunakan sebagai alat jual beli? Ya bisa dong! Inilah uniknya Indonesia.

Pasar Papringan ini menjadikan bambu sebagai mata uangnya. Namun, bambu ini diukir sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti kupon gitu. Keren ya? Pasar ini hanya buka di hari Minggu Wage dan Pon saja, lho. Jadi, bagi kamu yang ingin mengunjungi pasar unik ini, kamu harus datang di waktu-waktu tersebut, ya! Oh ya, pasar ini juga didirikan sebagai upaya konservasi alam serta untuk menarik wisatawan agar dapat singgah di tempat ini. Kalau kamu penasaran seperti apa bentuk dan wujud dari Pasar Papringan ini, langsung aja deh kita simak bareng-bareng seperti yang dilansir viral.id dari akun Twitter @Gisellauci. Yuk, kepo!

1. Ini adalah bentuk dari mata uang bambu khas Pasar Papringan

2. Di sini, satu mata uang pring setara dengan Rp2 ribu

3. Potret para penjual yang tengah menjajakan dagangannya

4. Ini namanya bajingan kimpul. Waduh, rasanya kayak gimana, ya?

6. Suasana di Pasar Papringan. Letaknya ini disesuaikan dengan visi dari didirikannya pasar unik ini, yakni di alam terbuka

7. Kayaknya enak nih lemper ayamnya, nyam nyam

8. Coba kamu sebutkan kue apa saja yang ada di gambar ini?

9. Selain enak, barang-barang yang dijual di sini juga sangat murah meriah!
10. Semua barang-barang di sini bisa kamu dapatkan dengan menukarkan mata uang bambu khas Pasar Papringan

Nah, begitulah wujud dari Pasar Papringan, pasar unik yang cuma ada di Indonesia. Penasaran gak buat ke sini? Kalau penasaran, langsung aja datengin Pasar Papringan di hari Minggu Wage dan Pon. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
17SHARES