Lucu! Bebas Tilang Hari Minggu dan Kebiasaan-kebiasaan Unik Lainnya yang Ada di NTT

11 September 2017
|Romlah Sundari
144SHARES

Luasnya wilayah Indonesia dan keberagaman budaya yang ada di dalamnya menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai keunikan. Mulai dari berbagai keunikan bahasanya yang sangat beragam hingga uniknya kebiasaan yang ada di setiap wilayah. Budaya di Indonesia yang begitu beragam memang membuat karakteristik masyarakat di tiap daerah menjadi berbeda-beda. Ketika kita berkelana dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia, kerap kita akan menemukan berbagai keunikan serta karakteristik khas dalam kehidupan bermasyarakat di tiap daerah. Sering pula karakteristik itu berkebalikan dengan apa yang ada di daerah asal kita.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki karakteristik unik adalah daerah Nusa Tenggara Timur. Daerah yang berada di timur Indonesia dan berbatasan dengan Timor Leste ini memiliki kebudayaan yang cukup unik dan berbeda. Oleh karena itu, karakteristik dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat di NTT pun juga berbeda. Nah, berikut YuKepo kumpulkan beberapa kebiasaan unik yang ada di masyarakat NTT. Yuk, kepoin!

1. Angkutan bermusik keras

Di NTT, angkutan umum yang tersedia adalah oto yang merupakan sebuah truk dengan bak yang berisi deretan bangku dan dipasangi atap sehingga dapat menampung penumpang dengan nyaman. Namun, yang menjadi poin unik dari oto ini adalah suara musik yang begitu keras, mengalahkan kerasnya bunyi musik odong-odong. Biasanya, musik yang diputar merupakan musik-musik melayu. Kerasnya bunyi musik di oto ini menjadi tidak mengherankan karena memang angkutan ini dipasangi mesin pengeras suara di mana-mana.

2. Pesta sambut baru

Jika mendengar namanya kita pasti bingung, apa maksudnya sambut baru? Apakah menyambut pembaharuan atau baru menyambut? Ternyata, pesta sambut baru adalah pesta perayaan komuni pertama seorang anak, yaitu saat di mana anak mengikuti upacara penerimaan sakramen ekaristinya yang pertama. Nah, jika di Jawa komuni pertama tidak dirayakan, berbeda halnya dengan di NTT. Di daerah ini, komuni pertama menjadi momen yang patut mendapatkan perayaan besar-besaran. Biasanya, perayaan sambut baru dilakukan dengan menari semalam suntuk dan menjamu masyarakat sekitar.

3. Naik angkutan umum bareng hewan

Satu lagi keunikan angkutan umum di NTT atau oto, yaitu bahwa teman "sebangku" kita di oto adalah seekor sapi, kambing, maupun ayam. Memang oto yang modelnya seperti truk dengan bangku-bangku di baknya ini dapat mengangkut berbagai macam penumpang, termasuk hewan-hewan dan jika oto sudah penuh, penumpang pun dapat duduk di atap oto atau di bagian pintu bak yang terbuka. Hii, ngeri ya!

4. Makan pisang pakai sambal

Kebiasaan yang satu ini memang nggak cuma ada di NTT, beberapa daerah lain seperti Maluku dan Sulawesi juga memiliki kebiasaan yang sama. Meski begitu, tetap kebiasaan makan pisang bersauskan sambal ini menjadi sesuatu yang unik di NTT. Pendatang dari Jawa biasanya akan terheran-heran melihat kebiasaan yang satu ini. Namun, ternyata pisang pedas itu enak juga, lho!

5. Naik motor nggak pakai helm di hari minggu

Di Labuan Bajo, setiap hari minggu kita akan menemukan banyak orang berseliweran mengendarai motor tanpa menggunakan helm. Uniknya, tidak ada polisi atau aparat penjaga keamanan lainnya yang akan menilang para pengendara motor tersebut. Pasalnya, hari minggu dianggap sebagai hari penting karena diadakan misa di gereja dan polisi tidak akan menilang mereka yang tidak menggunakan helm di hari minggu dengan alasan kasihan jika para pengendara motor tersebut harus merusak tatanan rambutnya yang sudah dirapihkan sedemikian rupa demi menghadiri misa. Sama seperti polisi di Jawa yang tidak menilang mereka yang pergi jumatan dengan mengendarai motor tanpa mengenakan helm. Mungkin karena menganggap tuhan sudah melindungi mereka dari kecelakaan, ya!

Jika kelima poin di atas merupakan kebiasaan unik yang ada di NTT, bagaimana dengan daerahmu? Kebiasaan unik apa saja yang ada disana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
144SHARES