Lagi, TNI Pecundangi AS & Inggris di Lomba Tembak AASAM 2017

12 Juni 2017
|Rhesa Leo

Lagi, Tentara Nasional Indonesia kembali membuat bangga Indonesia dengan menoreh prestasi gemilang di ajang kompetisi internasional. TNI AD kembali berhasil menjadi juara umum dalam lomba tembak bergengsi antara Angkatan Darat dengan mengalahkan 20 negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang dan masih banyak lagi.

Kemenangan tahun ini menjadi kemenangan ke-10 TNI AD secara beruntun di kompetisi yang diselenggarakan oleh Royal Australian Army dengan tajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM). Perlombaan yang berlangsung Mei lalu di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia ini TNI AD berhasil menjadi juara umum setelah memborong 28 medali emas, 6 medali perak serta 5 medali perunggu di berbagai materi lomba tembak, mulai dari beregu maupun perorangan.

Posisi kedua dalam kejuaraan ini ditempati tuan rumah Angkatan Darat Australia dengan perolehan 14 medali emas, 16 medali perak dan 16 medali perunggu. Kemudian posisi ketiga ditempati kontingen Angkatan Darat Jepang dengan 10 medali emas, 7 medali perak dan 7 medali perunggu.

Dan yang lebih membanggakan selama mengikuti kejuaraan ini, TNI AD selalu menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad yang merupakan senjata organik pasukan Kostrad.

Dalam kejuaraan ini Indonesia juga patut berbangga dengan Serda Woli Hamsan yang berdinas di Detasemen Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat yang berhasil terpilih menjadi petembak terbaik di AASAM 2017.

Seperti dilansir situs resmi AASAM 2017, tujuan dari kejuaraan ini sebagai ajang peningkatan kemampuan operasional prajurit Angkatan Darat melalui keterampilan tempur yang ketat, penuh rintangan dan pertarungan yang berfokus pada kemampuan prajurit.

Perlombaan AASAM sendiri meliputi keterampilan bertarung tempur pada kompetisi senjata yang mencakup sistem senjata ringan serta persaingan kemampuan tingkat individu dan unit. Penilaian lomba difokuskan pada penggunaan senjata yang akurat dalam keberhasilan operasi dan misi. Indonesia pertama kali mengikuti AASAM pada tahun 1996/1997. Sepanjang sejarah keikutsertaannya Indonesia, dalam hal ini TNI AD selalu menjadi juara umum sejak 2008 hingga 2017. Wah, jangan macam-macam deh sama Tentara Indonesia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
SHARES