Khusus Santri Bandel, Inilah 7 Hukuman di Pesantren yang Bikin Santrinya Kapok

07 November 2017
|Atik Kencana S.

Kehidupan masa-masa sekolah gak akan pernah bisa dilupain seumur hidup. Baik di sekolah negeri maupun swasta hampir gak ada bedanya. Tetap aja mengikuti aturan dari pemerintah dan juga sekolah. Ya, namanya juga sekolah, proses pendidikan formal memang dibentuk di sini.

Gak hanya di sekolah reguler kok, sekolah dengan sistem boarding school atau pesantren juga hampir sama. Namun, biasanya ditambah dengan berbagai macam peraturan pondok atau asrama. Nah, terutama di pesantren, gak hanya pendidikan reguler yang diajarkan, namun pendidikan agama juga tetap harus ditonjolkan.

Tentunya walaupun sama-sama sekolah, ternyata pesantren memiliki berbagai keunikan tersendiri, lho. Apalagi soal hukumannya. Ya maklum, usia remaja memang sedang aktifnya bereksplorasi. Nah, di usia segitu tentunya banyak siswa yang entah dengan atau tanpa sengaja melanggar peraturan yang terdapat di pesantren tempat ia “mondok”. Contonhya bawa hp atau majalah porno, ketahuan pacaran, pulang tanpa izin, dan lain-lain. Penasaran dengan apa aja hukumannya? Yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Digundulin habis rambutnya

Hukuman digundul ini biasanya berlaku bagi para siswa yang melakukan pelanggaran kelas berat, seperti keluar dari lingkungan pesantren tanpa ketentuan, bolos sekolah, dan lain-lain. Hukuman ini bakal terlihat mencolok sekali di antara para santri yang lain. Hukuman digundul ini memang bertujuan untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku dan santri yang lainnya.

2. Hafalan surat atau doa

Hukuman menghafal ini sering berlaku bagi para santri yang tidak ikut salat berjamaah, tidur saat sedang pengajian, atau lupa mengerjakan tugas. Walaupun terlihat sepele, namun saat dijalani susah juga, lho. Untungnya akibat hukuman ini para santri jadi punya bekal untuk ke depannya, ya?

3. Menyita barang

Pesantren umumnya memiliki daftar khusus barang bawaan yang tak boleh dibawa oleh para santri ke lingkungan pesantren. Contohnya adalah barang elektronik, handphone, dan lain sebagainya. Makanya, di pesantren sering kali diselenggarakan razia. Untuk barang yang tersita nantinya akan dikembalikan pada orang tua santri, kok. Tenang aja.

4. Menyapu halaman masjid dan pondok

Kelihatannya sepele sih, tapi bayangin aja luas pekarangan masjid berikut lingkungan pondoknya. Pastinya gak hanya seluas rumah kamu doang. Nah, hukuman ini biasanya berlaku bagi para santri yang lalai soal kebersihan. Mau nyobain nyapu sepondok? 

5. Menata sandal di depan masjid

Masjid di lingkungan pesantren memang akan selalu ramai di waktu salat. Nah, atas dasar keramaian dan berjejalnya sendal-sendal di pekarangan masjid, tiap santri yang terlambat datang salat berjamaan biasanya dihukum untuk menata sandal-sandal ini. Jangan lupa dicocokin, gak lucu kan kalau pakai sandal beda sebelah?

6. Membersihkan kamar mandi

Kamar mandi santri juga menjadi momok yang cukup mengerikan untuk para santri. Pasalnya, ketika melanggar suatu peraturan bisa saja kena hukuman untuk membersihkan kamar mandi ini. Kalau semua santri tertib menggunakan kamar mandi sih gak apa-apa, lah kalau ada yang jorok gimana? Pasti bakal jera banget nih.

7. Orang tua dipanggil ke pondok

Nah, kalau beberapa hukuman di atas dirasa tidak mempan bagi beberapa santri, pengurus pesantren biasanya menggunakan cara terakhir dengan memanggil orang tua santri untuk bicara. Bukan bicara prestasi tentunya, tetapi bicara tentang beberapa pelanggaran yang sudah dilakukan oleh santri. Malu dong kalau sampai disamper orang tua ke pondok?

Hukuman-hukuman pesantren di atas tidak lain adalah untuk membentuk pribadi dan karakter para santri yang baik dan sesuai dengan kaidah agama. Bukan untuk mem-bully, melainkan untuk mendidik. Lagi pula hukuman di atas memiliki maksud yang baik juga, kok. Jadi, yang pernah masuk pesantren, coba share tentang hukuman apa aja yang pernah kalian lakuin? Jujur ya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES