Kepercayaan Rakyat Indonesia Kepada Pemerintah Tertinggi Sedunia. Ini Penjelasan dari Hasil Surveynya

27 Juli 2017
|Chandra W.
6SHARES

Baru-baru ini Indonesia mendapat kabar baik dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) yang menyatakan bahwa tingkat kepercayaan rakyat terhadap Pemerintah Indonesia mencapai angka 80 persen. Angka ini tertinggi sedunia mengalahkan Swiss, India, Luksemburg, Norwegia dan Kanada.

Dan lagi, angka ini melesat jauh dibandingkan dengan tahun 2007 ketika kepercayaan masyarakat Indonesia kepada pemerintahnya berada di angka 27 persen. Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, kamu sendiri sebegitu percayakah dengan Pemerintah Indonesia sekarang?

80 persen adalah angka yang luar biasa hebat. Katakanlah jumlah rakyat Indonesia 250 juta, yang sudah bisa dimintai pendapat mengenai kinerja Pemerintah Indonesia berjumlah separuhnya, yaitu 125 juta. Maka orang yang percaya kepada Pemerintah Indonesia berjumlah 100 juta. Padahal, OECD menggunakan hasil survei Gallup World Poll (GWP), sebuah lembaga survei yang berpusat di Amerika. GWP mengambil sampel 1000 orang responden dengan pertanyaan tunggal: "Apakah Anda percaya kepada pemerintah atau tidak?". Dengan mekanisme seperti ini, apakah hasil survei ini masih bisa dianggap kredibel?

Meskipun parameternya dianggap kurang jelas, pengamat ekonomi dari Center for Strategic and International Studies, Yose Rizal Danuri mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan survei bulanan yang dilakukan oleh Bank Indonesia, tren kepercayaan masyarakat sedang membaik.

Pada bulan Juni, perbaikan ini disebabkan oleh penerimaan THR dan meningkatnya pendapatan usaha. Tren pesimis ada di konsumen pada bidang terbatasnya lapangan kerja. Hasil survei GWP berkaitan erat dengan aspek ekonomi Indonesia. Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia mengatakan bahwa masyarakat bisa percaya karena pekerjaan pemerintah membuahkan hasil yang nyata dan bisa dirasakan langsung. Dampak positifnya, investor tak akan berpikir terlalu lama untuk menanam modal di Indonesia, berangkat dari survei GWP ini.

Masalahnya, kita tidak tahu dari 1000 sampel responden yang dimintai pendapatnya, berapa rentang usia mereka, apa pekerjaannya, berapa penghasilannya hingga ia menyatakan kepercayaannya atau ketidakpercayaannya kepada pemerintah. Sejarah kelam Pemerintah Indonesia memang agak terlupakan ketika Jokowi menjabat.

Pada masa pemerintahan Soekarno, Indonesia sedang membangun sebuah tatanan negara, kadang masih berebut kedaulatan dengan mantan penjajah. Ketika dipimpin Soeharto, korupsinya maha dahsyat, hutang ke luar negeri sangat banyak. Megawati menjual aset negara yang sebenarnya masih harus dipertahankan. Susilo Bambang Yudhoyono sibuk merekam lagu dan album. Jokowi?

Mari kita lihat sekilas apa saja prestasi Jokowi yang barangkali bisa melegitimasi hasil survei GWP. Dilansir dari CNN, di tengah perlambatan ekonomi global, ekonomi Indonesia mampu bertumbuh 5,18 persen dalam kuartal II 2016. Selain itu, pungli atau pungutan liar di berbagai sektor juga berhasil diberantas selama pemerintahan Jokowi. Belum lagi pembangunan jalan tol beratus-ratus kilometer yang memudahkan masyarakat dan menumbuhkan ekonomi di sekitarnya.

Terlepas dari survei GWP, menurut kamu sendiri, apakah Pemerintah Indonesia sekarang sudah layak dipercaya? Kalau iya, apa alasannya? Kalau belum atau tidak layak, apa alasannya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
6SHARES