Kenapa Warna Bendera Indonesia Itu Merah dan Bukan Oranye?

25 Mei 2017
|Rhesa Leo
45SHARES

Kita baru aja memperingati hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei lalu. Dalam rangka memperingati semangat kebangkitan ini, Yukepo mau ajak kamu semua membahas tentang lambang negara dan kebanggaan Indonesia Sangsaka Merah Putih. Nah, mungkin sebagian dari kamu ada yang pernah bertanya atau sekadar kepo kenapa warna merah dan putih yang dipilih sebagai warna bendera kita? Kenapa nggak ungu, abu-abu atau mungkin oranye? Dari pada makin penasaran yuk, kita langsung bahas aja.

Dalam buku The Uncensored of Bung Karno dijelaskan, ternyata warna merah dan putih udah banyak digunain jauh sebelum masa kemerdekaan atau tepatnya di masa Raja-Raja Nusantara. Bahkan menurut catatan sejarah Jawa Kuno, bendera merah putih pernah digunakan pada tahun 1292 yang dikibarkan oleh pasukan Jayakatwang dalam perang merebut kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1221-1292 M).

Dalam kitab Negara Kertagama karya Empu Prapanca tertulis juga warna merah putih sering dipakai saat perayaan atau upacara di hari kebesaran para raja, pada era pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Dalam perayaan itu diceritakan beragam gambar menghiasi kereta raja, salah satunya dengan nuansa merah.

Ternyata Majapahit bukan satu-satunya kerajaan yang sering menggunakan warna merah putih. Warna merah dan putih juga pernah dipakai sebagai bendera di masa Kerajaan Minangkabau. Fakta tersebut dapat dilihat dalam kitab Tembo Alam Minangkabau yang disalin pada tahun 1840. Dalam kitab tadi dikisahkan, kerajaan Minangkabau dulu menggunakan warna merah, putih dan hitam sebagai bendera kerajaan. Warna merah sebagai simbol warna hulubalang (pemimpin pasukan) dan putih simbol para ulama dan hitam representasi dari warna adat Minangkabau (kaum adat). Selain itu dalam kitab Babat Tanah Jawa juga pernah diceritakan bahwa Sultan Agung dan bala tentaranya pernah berlindung di bawah bendera berwarna merah saat berperang di negeri Pati.

Pasca masa kerajaan, bendera merah putih kembali digunakan pada tahun 1927, saat Partai Nasional Indonesia menggunakan nuansa merah putih sebagai hiasan kepala. Selanjutnya pada 28 Oktober 1928, bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan diresmikan sebagai bendera kebangsaan saat Kongres Indonesia Muda di Jakarta. Sejak saat itulah, Sangsaka Merah Putih resmi berkibar di seluruh penjara Indonesia.

Nah, itu tadi alasan kenapa warna merah dan putih dipilih sebagai warna bendera nasional Indonesia. Jadi sekarang udah tahu kan kenapa bendera Indonesia warnanya merah dan putih bukan ungu apa lagi oranye. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
45SHARES