KBBI Punya Kata-kata Baru, 10 Kata Ini Wajib Kamu Ketahui

28 Juli 2017
|Romlah Sundari
20SHARES

Perkembangan zaman mau tidak mau pasti harus diikuti dengan perkembangan bahasa pula. Kata-kata seperti babysitter, selfie, dan gadget muncul dan jadi sering digunakan oleh kita sehari-hari karena zaman yang berkembang. Akan tetapi, kata-kata ini merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang seringkali belum kita ketahui padanannya dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kini Kamus Besar Bahasa Indonesia memasukkan kata-kata baru dalam bahasa Indonesia sebagai padanan dari kata-kata yang belakangan sering kita gunakan ini.

Penasaran? Cek 10 kata baru di KBBI ini yang dapat mempermudah komunikasimu dalam Bahasa Indonesia!

1. Gawai

Gawai merupakan kata baru yang dimasukkan di KBBI untuk menjadi padanan kata gadget. Namun gawai tidak hanya digunakan untuk mendeskripsikan perangkat teknologi saja, gawai dapat diartikan juga sebagai perkakas atau alat. Meski kata gadget sudah sangat umum digunakan di Indonesia, namun mungkin ada baiknya kita mulai menggantinya dengan kata gawai sebagai upaya kita untuk mempromosikan kekayaan budaya dan Bahasa Indonesia.

2. Pramusiwi

Di Indonesia, saat berjalan-jalan kita kadang menemui keluarga yang membawa pengasuh untuk menjaga anak-anak mereka. Biasanya para pengasuh anak ini disebut dengan baby sitter. Namun baby sitter adalah kata dalam bahasa inggris yang jika diartikan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia menjadi penduduk bayi atau pengasuh anak. Namun kini KBBI menetapkan padanan kata Pramusiwi untuk baby sitter.

3. Komedi Tunggal

Indonesia mulai mengenal stand up comedy sejak tahun 2010 silam. Konsep pertunjukan komedi yang satu ini dibawa ke Indonesia oleh Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono. Stand up comedy sontak populer di Indonesia karena memang masyarakat Indonesia suka dengan segala sesuatu yang berbau humor. Sampai-sampai, muncul acara televisi yang khusus menampilkan para penampil stand up comedy. Namun stand up comedy baru kini dibuat padanan katanya oleh KBBI. Dan bukannya menggunakan artian harfiah stand up comedy yaitu komedi berdiri, KBBI memutuskan kata ‘komedi tunggal’ sebagai padanan kata stand up comedy.

4. Sangkil

Selama ini kita menggunakan kata efisien sebagai padanan bahasa Indonesia untuk kata Bahasa Inggris efficient. Namun efisien merupakan kata serapan dan tidak berasal dari bahasa Indonesia asli. Kini, KBBI telah memasukkan padanan kata yang cocok untuk menggantikan kata serapan efisien, yaitu sangkil.

5. Mangkus

Seperti halnya sangkil, mangkus merupakan kata yang baru dimasukkan kedalam KBBI untuk menggantikan kata serapan efektif yang banyak digunakan di Indonesia. Kini, kita bisa berbangga diri karena Indonesia punya kata sendiri untuk menggambarkan produktivitas sesuatu.

6. Narahubung

Jika di pojok poster kita sering melihat ada nomor telepon tertera dengan nama dan petunjuk bertuliskan contact person atau CP, kita mungkin tidak akan melihat tulisan tersebut lagi jika semua orang mengikuti panduan KBBI terbaru. Karena di KBBI kini sudah ada padanan kata dari contact person yaitu Narahubung.

7. Pelantang

Teknologi microphone telah ada dan kita gunakan sejak lama. Kita kerap menyebutnya sebagai pengeras suara dalam bahasa Indonesia. Namun pengeras suara dapat berarti banyak hal, termasuk speaker dan toa. Kini, khusus untuk microphone, KBBI menetapkan kata ‘pelantang’ sebagai padanannya.

8. Portofon

Selama ini kita pasti mengalami kebingungan jika hendak menyebut handy talkie dalam bahasa Indonesia. Teknologi yang satu ini seringkali kita sebut sebagai HT, singkatan dari handy talkie. Namun bagaimana jika kita justru salah mengartikan HT handy talkie dengan HT Hizbut Tahrir yang merupakan organisasi yang sedang marak diperbincangkan di Indonesia akhir-akhir ini? Nah, tidak perlu bingung lagi, kini kita memiliki padanan kata bagi handy talkie di KBBI yaitu ‘portofon’.

9. Swafoto

Nah, kita pasti sering menggunakan dan melakukan kata kerja yang satu ini. Swafoto telah ditetapkan oleh KBBI sebagai padanan kata untuk selfie, atau kegiatan mengambil foto diri sendiri. Jadi, mungkin kini kita bisa mulai berlatih dengan menaruh kata swafoto alih-alih selfie di caption foto instagram kita.

10. Warganet

Selama ini kita sering kebingungan untuk menyebut orang-orang yang beredar dan beraktivitas di internet. Media dan mungkin kita sendiri sering menyebut orang-orang ini sebagai netizen yang merupakan singkatan dari internet citizen. Namun ternyata dalam bahasa Indonesia, KBBI telah menetapkan warganet untuk mendeskripsikan para pengguna internet. Warganet merupakan gabungan dari kata warga dan internet.

Nah, sebagai warga negara Indonesia yang baik dan budiman, ada baiknya kita mulai berlatih menggunakan kata-kata baru di KBBI ini untuk menggantikan kata-kata serapan atau kata-kata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
100 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
20SHARES