Kaya Rempah dan Pedas, Kelezatan 7 Makanan Indonesia Ini Bikin Merem Melek

24 Februari 2018
|Chandra W.

Masakan Indonesia memang terkenal akan bumbunya yang kaya akan rempah. Hasilnya, rasa yang nikmat di lidah dan mulas beberapa jam setelahnya. Apalagi yang pedas-pedas. Buat kamu-kamu yang suka banget menikmati makanan pedas, belum lengkap sepertinya kalau belum pernah mencicipi kuliner makanan pedas di bawah ini. Pedasnya nagih!

1. Dendeng batokok dan dendeng balado

Hidangan dari Minang terkenal dengan santan kental dan bumbu yang berani. Termasuk dendeng batokok dan dendeng balado. Olahan daging sapi yang dipukul-pukul sampai seratnya lembut lalu dikeringkan dan dibumbui dengan berbagai rempah dan tentunya cabai. Dendeng batokok menggunakan cabai hijau sedangkan dendeng balado menggunakan cabai merah. Rasanya? Lamak bana!

2. Ayam taliwang

Berasal dari Lombok, hidangan ini adalah ayam bakar yang disajikan dengan plecing kangkung dan sambal terasi. Yang bikin enak, terasinya yang asli daerah setempat. Sebenarnya terasinya sama dengan terasi pada umumnya, namun racikan dan cara mengolahnya yang membuat berbeda. Setelah menyantap ayam taliwang dijamin bakal keringetan saking pedasnya. Cocok dimakan dengan nasi hangat untuk santap siang.

3. Bebek Madura

Bebek goreng sudah biasa. Kalau bebek goreng dengan sambal hitam, sudah pernah merasakan? Makanan pedas khas Madura ini bikin orang bertanya-tanya, apa rahasia bumbunya. Masakan dengan warna hitam seperti rawon menggunakan kluwek untuk menghasilkan warna kuah hitam pekat, tapi Bebek Madura tidak. Bumbunya rempah lengkap termasuk cabai yang dimasak dengan api kecil untuk mengungkep daging hingga lembut lalu terus dimasak sampai mengental dan menjelma saus hitam pekat. Bebeknya digoreng, bumbunya dituang di atasnya. Hmm kebayang kan sedapnya?

4. Oseng mercon

Kata siapa mercon hanya bisa dibakar ketika masa-masa puasa atau perayaan Imlek? Mercon yang satu ini bisa dimakan, lho. Dioseng dulu tapinya. Waduh, mercon dioseng? Iya, ini bukan mercon sungguhan kok. Disebut mercon untuk menggambarkan pedasnya yang meletus di mulut.

Biasa dibuat dari tetelan sapi dengan cabai melimpah (perbandingan 2:1), misal daging atau tetelan 1 kg menggunakan 0,5 kg cabai rawit, kebayang kan gimana pedasnya? Kalau penasaran, kamu bisa langsung cus ke Jogja. Banyak kok yang menjajakan oseng mercon kaki lima.  

5. Ayam geprek

Ayam goreng tepung sudah biasa, ayam goreng tepung digeprek dengan bawang dan cabai, luar biasa pastinya. Masih di Jogja, sajian ini menjadi salah satu makanan favorit semua kalangan, dari anak kecil sampai orang tua. Kamu bisa menentukan sendiri jumlah cabai yang akan digeprek bersama ayam. Mulai dari 0-puluhan, boleh kok. Yang suka pedas, wajib banget nih cobain.

6. Ikan bakar dabu-dabu

Sajian khas Manado ini dari gambarnya saja sudah menggoda. Ikan bakar (bisa apa saja dari tongkol sampai ikan kembung) disiram sambal dabu-dabu yang terbuat dari irisan cabai merah, hijau, dan rawit serta jeruk nipis, bawang putih, bawang merah dan tomat. Segar dan pedas!

7. Rica-rica

Yang terakhir ini juga berasal dari Manado. Ada banyak hidangan rica-rica di Indonesia, dari ayam sampai menthok bisa semua. Bumbunya yang bikin nikmat banget adalah jahe, merica dan tentunya cabai merah yang banyak. Rasanya kepingin nambah terus kalau dimakan dengan nasi hangat.

Di antara ketujuh hidangan tersebut, mana yang favoritmu? Buat pecinta pedas sih kayaknya apa saja masuk asalkan pedas. Iya apa iya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES