Kang Emil Raih Prestasi Lagi, Bandung Dinobatkan sebagai Kota Metropolitan Berudara Paling Bersih Se-ASEAN

19 September 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Nama Indonesia kembali bersinar di kancah internasional. Bukan karena olimpiade maupun prestasi lainnya di dunia olahraga, melainkan dalam kategori kesehatan lingkungan. Bangga dong? Secara selama ini Indonesia banyak disebut-sebut sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat polusi udara tertinggi di dunia. Seneng banget ya pasti dengernya.

Kali ini, Bandung kembali membuktikan prestasinya. Selain dicap sebagai kota dengan taraf hidup paling bahagia, kini Bandung kembali mendapatkan penghargaan yang berasal dari dunia internasional. Kota yang dipimpin oleh Ridwan Kamil sebagai wali kotanya memang tak habis-habis menelurkan prestasi. Penasaran apa sih penghargaan yang baru-baru ini jatuh pada Kota Kembang ini? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

Harus bangga, Kota Bandung meraih penghargaan predikat Udara Terbersih dalam kategori Kota Besar dari ASEAN. Penghargaan ini disampaikan dalam perhelatan The 4th ASEAN Environmentally Cities Award yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Selasa (12/9) malam.

Dilansir dari laman Republika, penghargaan yang diberikan oleh ASEAN ini merupakan hasil uji dan pengukuran yang dilakukan secara selektif. Beberapa program yang dimiliki oleh Kota Bandung memang sudah dicatat oleh ASEAN sebagai pengupayaan guna mendukung kualitas lingkungan. Program-program yang telat dicatat oleh ASEAN meliputi adanya tim teknis yang bertugas mengelola polusi udara, melakukan sosialisasi manajemen kualitas udara, hingga menguji emisi kendaraan bermotor.

Pemerintah Kota Bandung sangat memperhatikan kualitas udara dengan memasang beberapa fasilitas pendukung. Contohnya sebanyak 27 titik pemantauan polusi udara telah dipasang dan juga penempatan Air Quality Monitoring System (AQMS) di sebanyak empat titik yang meliputi Ujungberung, Gedebage, Pajajaran dan Dago Pakar. AQMS ini memiliki fungsi untuk mengukur Indeks Polusi Standar berdasarkan pada Peraturan Gubernur No. 41/1999 dan juga Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 45 th 1997.

Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang turut menjaga kebersihan kota. Selain Kota Kembang, beberapa kota di Indonesia juga mendapatkan penghargaan. Kota Makassar mendapatkan predikat Clean Land, Kabupaten yang meraih penghargaan ESC Award, dan Malang dengan predikat Clean Water. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES