Jengah di Ibu Kota, Inilah Beberapa Destinasi untuk Menghabiskan Masa Tua di Indonesia

24 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
Indonesiaku
0SHARES

Bertahun-tahun hidup di kota besar, apalagi di Jakarta memang bikin sakit kepala. Badan mudah pegel, penuaan pada wajah semakin terlihat, belum lagi kondisi jalanan yang semakin padat yang seakan tak memilki ruang lagi untuk menghabiskan masa tua dengan tenang. Walaupun masih tergolong usia muda, rasa jenuh itu pun tetap ada. Kadang suka kepikiran nantinya apabila masa produktif sudah habis, rasanya sudah tak mungkin lagi untuk menetap di Jakarta. Kepingin pindah, tapi ke mana ya?

Tenang, kali ini YuKepo udah nyiapin beberapa opsi tempat yang cocok banget untuk dijadikan sebagai tempat menghabiskan masa tua. Pastinya nyaman, damai, tentram, dan tentunya minim macet dan polusi. Penasaran daerah mana saja? Yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Kota Pelajar ini, selain cocok untuk para pelajar tentunya juga menjadi destinasi favorit untuk melepas rasa lelah dan jenuh terhadap ibu kota. Kota ini rasanya tak berlebihan apabila dinobatkan sebagai tempat untuk mengisi masa tua nantinya. Pasalnya, di kota ini tak hanya menyediakan beberapa tempat wisata, namun juga menjanjikan suasananya yang tenang dan dikelilingi oleh orang yang ramah. Biaya hidup di tempat ini juga tergolong murah, gak bikin pusing juga saat sudah pensiun. Setuju ga?

2. Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Siapa sih yang gak jatuh cinta dengan daerah yang cantik ini? Dengan suasanya yang tenang dan juga diselimuti oleh udara yang dingin menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi yang tepat untuk menghindar dari keriuhan ibu kota. Walaupun kota yang kecil ini dihuni sekitar 85.000 jiwa, tingkat kriminalitas juga lumayan rendah di sini. Jadi, gak usah khawatir masalah keamanan. Dijamin ciamik.

3. Ubud, Bali

Bagi yang pernah datang ke Ubud mungkin tidak akan heran ketika belakangan ini semakin banyak turis asing maupun domestik yang berkunjung ke tempat ini. Pantai-pantai di Bali lainnya seperti kalah pamor oleh tempat ini yang banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin terhindar dari hiruk pikuk kota. Gak heran kalau tempat ini menjadi salah satu tempat yang cocok banget untuk menikmati masa tua. Di kawasan ini gak akan ngebosenin, pasalnya tempat ini juga menyajikan segala macam aktivitas, baik budaya maupun ekonomi. Hidup berkembang, stres pun menghilang.

4. Padang, Sumatera Barat

Kota ini menjadi salah satu kota penyumbang perantau nomer satu di Jakarta. Banyak sekali orang Padang yang mengadu nasib di Jakarta dan sukses. Namun sebaliknya, Padang memang menjadi salah satu tujuan yang pas untuk menikmati masa pensiun, namun masih mau berkarya. Pasalnya, di sini peluang bisnis masih banyak, mulai dari pengelolaan sawah hingga travel. Selain itu, kondisi geografisnya yang berada di kawasan pegunungan membuat Padang memiliki udara yang jauh lebih bersih dan segar daripada di ibu kota.

5. Sukabumi, Jawa Barat

Pesona yang dimiliki oleh Sukabumi memang sudah gak bisa lagi diragukan oleh para pegiat di Jakarta. Hanya berjarak 80 km dari Jakarta menjadikan kota ini sebagai kota yang pas untuk melepas masa penat di hari tua. Apalagi laju pertumbuhan penduduk di kota ini tak setinggi kota lainnya, makanya kota ini menjadi salah satu kota yang paling layak untuk dijadikan destinasi di masa tua. Buktinya, hampir setiap weekend pasti ada saja orang yang berkunjung ke Sukabumi walaupun hanya untuk main di Pantai Pelabuhan Ratu.

Nah, itulah tadi beberapa pilihan lokasi yang layak untuk dijadikan tempat beristirahat dan mengisi masa tua. Walaupun di usia kita ini masih jauh banget dari kata pensiun, gak ada salahnya dong untuk mempersiapkannya dari sekarang? Ya, minimal nabunglah, kali aja sebelum pensiun udah bisa kebeli villa di Ubud. Kan lumayan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES