Jangan Salah! Bentuk-Bentuk Kemasan dari Daun Pisang Ini Ada Namanya, Lho!

20 Oktober 2017
|Meidiana
0SHARES

Dibandingkan dengan kemasan-kemasan makanan dari bahan yang lain, kemasan dari daun, terutama daun pisang, memang terbukti paling aman dan ramah lingkungan. Walaupun terkesan kuno, makanan yang dikemas dengan daun pisang memiliki rasa dan aroma yang khas dan dijamin deh lebih enak, apalagi makanan sejenis jajanan-jajanan pasar tradisional Nusantara. Sedep banget pokoknya.

Oh ya, buat kamu yang suka banget sama janan-jajanan pasar atau pernah ke rumah makan yang menyajikan hidangannya dengan serba daun pisang, pasti kamu mendapati kalau bentuk kemasan dari daun pisang itu macem-macem. Nah, ternyata masing-masing bentuk kemasan itu punya nama, lho. Bahkan, meski keliatannya sepele, ternyata alas makan berbentuk bundar dari daun pisang yang kadang menghiasi piringmu itu juga punya nama. Sekarang penasaran kan, apa aja sih nama-nama bentuk kemasannya? Nggak usah lama-lama. Langsung cek, yuk! YuKepo sudah mengumpulkannya buat kamu.

1. Takir

Kemasan berbentuk cekung di tengah dengan sematan lidi di kedua sisinya ini biasanya digunakan sebagai wadah nasi uduk dan nasi kuning. Bisa juga digunakan sebagai wadah makanan yang agak basah, seperti kolak dan gudangan.

2. Sudi

Sudi merupakan kemasan dengan perpaduan bentuk limas dan bundar yang unik. Biasanya digunakan sebagai wadah kue-kue tradisional yang kecil semacam klepon dan ongol-ongol, kadang juga sebagai wadah kolak, ketan, dan apem dalam selamatan.

 

3. Tum

Kalau bentuk yang satu ini biasanya untuk membungkus berbagai macam makanan kering atau mengandung sedikit kuah. Sebut saja jenang bekatul, botok, bakmi, bubur, dan gado-gado.

4. Pincuk

Pincuk digunakan sebagai pengganti piring. Makanan yang disajikan dengan pincuk biasanya adalah pecel, bakmi, dan sate.

5. Pinjung

Bentuk kemasan yang satu ini menyerupai limas. Biasa untuk membungkus kue-kue tradisional.

6. Tempelang/ Terpelang

Salah satu bentuk kemasan dari daun pisang yang simpel. Makanan seperti getuk, ketan urap, dan tiwul biasa menggunakan kemasan bentuk ini.  

7. Pasung

Kemasan berbentuk kerucut yang biasa digunakan sebagai kemasan kue-kue tradisional, terutama kue pasung.

8. Sami/ Samir

Samir/ sami merupakan alas makanan berbentuk bundar yang biasanya diletakkan di atas piring atau besek.

9. Lemper

Seperti namanya, kemasan dengan bentuk ini digunakan sebagai bungkus lemper dan bisa juga arem-arem.

10. Lontong

Lontong hampir sama dengan bentuk kemasan lemper, hanya saja lebih panjang. Nama bentuk kemasannya juga sama dengan nama makanan dibungkusnya, lontong.

11. Sumpil

Sumpil berbentuk segitiga dan dikunci menggunakan sematan lidi. Biasa untuk membungkus tempe dan kue sejenis nagasari.

12. Nagasari

Bentuk kemasan yang satu ini juga mengikuti nama makanan yang dikemasnya, nagasari. Selain nagasari, biasa digunakan untuk mengemas utri (parutan singkong yang diisi gula merah) dan kue-kue sejenis lainnya.

Itu tadi kedua belas bentuk kemasan dari daun pisang yang sering kita jumpai yang mungkin nama-namanya banyak yang belum kita tahu. Nusantara banget. Klasik, tapi cantik, ya namanya, ya bentuk kemasannya, ya rasa makanan yang dikemasnya. Percaya deh, jajanan-jajanan pasar atau makanan tradisional gini sehat kok, apalagi kalau dikemas dengan daun pisang. Dijamin nggak ada bahaya-bahayanya, asalkan bersih dan nggak basi sih, ya. Sudah makanannya enak, sehat, aman, kemasannya ramah lingkungan pula. Bikin pingin makan jajajan pasar nih jadinya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES